5 Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Selatan, Cocok untuk Liburan

5 Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Selatan, Cocok untuk Liburan
Gambar. kontennetwork.com
Penulis: Hayyi | Editor: Hidayat

HIRANKA.COM - Kalau bicara tentang Sulawesi Selatan, tentu daerah ini sudah cukup terkenal dengan kekayaan alam, budaya maupun sosial yang dimilikinya. Dari sejarah Kota Makassar yang melegenda, keunikan adat istiadat masyarakat Toraja, hingga keindahan barisan pantainya yang memanjakan mata tentu menunjukkan anugerah keindahan alam luar biasa yang dimiliki daerah ini.

Sulawesi Selatan sendiri juga dapat disebut sebagai pusat pembangunan Indonesia bagian timur, dimana kota Makassar sebagai ibukotanya sejak lama menjadi rantai maritim dan perdagangan internasional.

Dengan begitu, tentu wajar jika Sulawesi Selatan menjadi salah satu destinasi liburanmu. Berikut ini beberapa spot wisata menarik yang kami sarankan untuk dikunjungi jika kamu berlibur ke bumi Anging Mamiri ini:

1.       Taman Laut Takabonerate

Berlokasi di Kabupaten Selayar, Takabonerate memang berjarak cukup jauh dari Kota Makassar, yaitu sekitar 300 km. Untuk mencapai tempat ini, kamu harus naik pesawat kecil dari Makassar ke kota Benteng, atau melalui jalur laut dari pelabuhan Bira di Bulukumba.

Tempat ini dapat disebut sebagai Wakatobi atau Bunaken-nya Sulawesi Selatan. Kamu akan disuguhi dengan pulau-pulau dan pantai-pantai yang masih murni dan lestari, dengan pasir putih dan lautnya yang masih jernih.

Kawasan ini juga adalah atol terbesar ketiga di dunia, sehingga menyimpan keindahan bawah laut yang kaya. Terdapat ‘hutan’ terumbu karang besar seluas 500 km2 yang tak akan habis untuk dieksplorasi. Di sini juga terdapat banyak spot diving yang jumlahnya mencapai puluhan.

2.       Taman Nasional Bantimurung

Jika kamu ingin menikmati wisata alam dalam berbagai jenisnya hanya dengan mengunjungi satu tempat, Taman Nasional Bantimurung (TN Babul) adalah pilihan yang tepat. Disini kamu dapat menikmati berbagai macam keindahan alam yang menakjubkan.

Kamu dapat bersantai berendam menikmati indahnya air terjun Bantimurung, juga barisan bukit kapur yang membentuk formasi unik dan menambah indahnya pemandangan. Jangan lupa bahwa disini juga menjadi rumah bagi lebih dari 200 spesies kupu-kupu yang membuat Bantimurung disebut sebagai kerajaan kupu-kupu.

Kamu juga bisa melihat-lihat berbagai satwa unik seperti kera hitam Sulawesi, dan menjelajahi gua-gua yang tersebar di tempat ini.

3.       Pantai Losari

Kamu tidak akan disebut pernah ke Makassar sebelum mengunjungi Pantai Losari. Pantai ini adalah pusat wisata masyarakat dan wisatawan di Kota Makassar, sehingga dapat disebut sebagai miniaturnya Sulsel. Tempat ini juga menyediakan ikon-ikon budaya yang menjadi khas setiap suku di Sulawesi Selatan, yaitu Bugis, Mandar, Toraja dan Makassar.

Disini kamu dapat mengunjungi Masjid Terapung Amirul Mukminin, sejumlah wahana air, Kapal Pinisi, dan Masjid 99 Kubah yang baru rampung dibangun.

Pantai Losari yang berada di bagian barat Kota Makassar ini dapat kamu capai dengan mudah sebab jaraknya yang tidak jauh dari pusat kota.

4.       Benteng Somba Opu

Untuk wisata sejarah, kamu dapat mengunjungi Benteng Somba Opu di Makasssar. Benteng ini adalah peninggalan dari masa Kesultanan Gowa di abad ke-16.

Pada pertengahan abad ke-17, VOC merebut benteng ini dan menghancurkannya, bekas-bekasnya pun kelamaan terendam oleh air laut saat pasang.

Namun, para ahli menemukan kembali benteng ini pada dekade 80-an, dan dibangun kembali untuk menjadi objek wisata sejarah Sulawesi Selatan.

5.       Desa Ke’te Kesu

Desa ini adalah desa tradisional yang ditinggali oleh masyarakat suku Toraja. Disini kamu dapat melihat secara langsung kehidupan masyarakat Toraja secara dekat. Mulai dari Rumah Tongkonan, pekuburan tradisional Toraja dimana mayat-mayat hanya diletakkan di tebing, situs-situs batu tua, hingga berbagai kerajinan dan suvenir khas Toraja untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.



Klaim DANA kaget klik disini