5 Tempat Wisata Luar Biasa di Provinsi Baru Papua Barat Daya

5 Tempat Wisata Luar Biasa di Provinsi Baru Papua Barat Daya
Gambar. ksmtour.com
Penulis: Hayyi | Editor: Hidayat

HIRANKA.COM - Provinsi Papua Barat Daya adalah sebuah provinsi baru yang baru saja dimekarkan oleh pemerintah pada November 2022 lalu. Provinsi ini sebelum dimekarkan merupakan bagian dari Provinsi Papua Barat. Setelah mekar, wilayah ini kemudian menjadi provinsi ke-38 di Indonesia.

Provinsi Papua Barat beribukota di Kota Sorong. Wilayah provinsi ini meliputi bagian barat laut dari Papua, sehingga sebenarnya teradapat kesalahan penamaan untuk provinsi ini. Daerah yang termasuk dalam wilayah administrasi Papua Barat Daya adalah Sorong Raya, Maybrat, Tambrauw serta wilayah Kepulauan Raja Ampat. Lebih jelasnya, wilayah Papua Barat Daya adalah bagian barat dari kepala burung Papua dan pulau-pulau di sekitarnya.

Berikut ini beberapa wisata menarik yang cocok untuk menemani liburanmu saat berkunjung ke provinsi baru ini:

1.       Danau Framu Ayamaru, Maybrat

Nama danau ini diambil dari nama desa dan kecamatan tempat danau indah ini berada, yaitu Desa Framu dan Kecamatan Ayamaru. Air danau ini begitu jernih, bersih dan lestari sehingga tampak bening semacam cermin. Selain itu, danau ini juga dikelilingi oleh hutan yang masih lebat, asri dan menyejukkan.

Jernihnya danau ini membuatmu hampir bisa melihat dasar danau dengan jelas, meskipun kedalamannya mencapai sekitar 6 meter sehingga tidak disarankan untuk berenang jika kamu tidak biasa berenang di air dalam. Untuk mencapai danau indah ini, kamu harus melalui trek hutan yang meskipun cukup panjang, tapi sangat menyenangkan dan menantang. Setelah sampai, lelahnya perjalanan akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang ditawarkan.

Untuk mencapai Danau Framu, kamu harus menuju Maybrat yang berjarak sekitar 250 km dari Kota Sorong.

2.       Danau Uter, Maybrat

Selain Framu Ayamaru, di daerah Uter juga terdapat danau lain yang dapat kamu kunjungi sekaligus saat berada di daerah Maybrat.

Danau Uter bagaikan surga yang tersembunyi di antara hutan-hutan yang masih lestari di pedalaman daerah Aitinyo. Hal yang membuat Danau Uter istimewa adalah karena dikelilingi oleh tebing-tebing kapur yang menjulang dan membentuk formasi seperti pulau-pulau kecil yang menyebar di danau. Pemandangan tebing-tebing yang ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan tertentu dipadu dengan jernihnya air Danau Uret akan membuatnya semakin indah. Kamu juga bisa mengelilingi danau ini dengan perahu.

3.       Raja Ampat

Terdiri dari beberapa pulau lebih besar semacam Batanta, Waigeo, Salawati dan Misoo, kawasan Raja Ampat memiliki lebih dari 1.800 pulau kecil lainnya yang tersebar di wilayah kepulauan ini.

Tempat ini memang sudah menjadi spot wisata yang populer hingga mancanegara. Dalam wilayah yang memiliki luas total sekira 4,6 juta ha ini, tersimpan sebagian besar spesies terumbu karang dunia, ribuan jenis ikan serta berbagai hewan laut dan darat yang unik.

Kamu juga dapat menikmati indahnya pulau-pulau yang dihiasi pantai indah dan alam menawan di Raja Ampat ini.

4.       Pantai Tanjung Kasuari

Pantai ini berlokasi di ibukota Papua Barat Daya, Sorong. Dengan begitu, kamu dapat mencapai pantai ini dengan naik motor selama 30 menit saja dari pusat kota Sorong.

Pantai ini masih sangat bersih dan asri, dengan barisan pepohonan yang menambah indah pemandangan pantai.

5.       Pantai Pasir Timbul

Sesuai namanya, pantai ini adalah sebuah areal pasir putih yang timbul di tengah-tengah laut ketika sedang surut. Pantai yang berlokasi di Pulau Mansuar, Raja Ampat ini hanya akan muncul pada waktu surut atau sekitar jam 11 siang hingga jam 3 sore.

Jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini, datanglah saat cuaca cerah dan air surut agar dapat menikmati keindahannya.



Klaim DANA kaget klik disini