5 Tempat Wisata Indah dan Populer di Maluku, Cocok untuk Liburanmu

5 Tempat Wisata Indah dan Populer di Maluku, Cocok untuk Liburanmu
Gambar. harianhaluan.com
Penulis: Hayyi | Editor: Hidayat

HIRANKA.COM - Maluku aslinya adalah nama dari sebuah kepulauan yang tersebar di antara Pulau Sulawesi, Pulau Papua dan Kepulauan Nusa Tenggara. Kata ‘Maluku’ sendiri ditemukan dalam sebuah kakawin atau kitab Jawa kuno Negarakertagama, yang menyebutkan kata Maloko. Kata itu sendiri juga dapat ditelusuri ke konsep ‘Maluku Kie Raha’ yang berarti ‘Maluku Empat Gunung’, merujuk pada empat pulau yang memiliki gunung dan kerajaan seperti Tidore, Ternate, Bacan, dan Jailolo atau Pulau Halmahera.  Kata Maluku sendiri menurut banyak ahli dapat bermakna ‘persatuan’ atau ‘dunia’.

Provinsi Maluku merupakan salah satu provinsi di Indonesia sejak masa awal kemerdekaan. Namun pada 1999, bagian utara kepulauan ini dimekarkan menjadi Provinsi Maluku Utara.

Provinsi yang beribukota di Ambon ini dianugerahi banyak keindahan alam dan budaya. Jika kamu berniat untuk menghabiskan masa liburan nanti di Maluku, berikut beberapa tempat yang kami sarankan buatmu:

1.       Teluk Ambon

Kota Ambon sebagai ibukota Provinsi Maluku adalah kota yang memilik sejarah yang panjang dan dahulu pernah menjadi pusat pemerintahan kolonial. Ini wajar sebab Ambon memiliki lokasi yang sangat strategis terutama untuk mengontrol wilayah perairan dan mengawasi aktivitas pelayaran.

Salah satu wilayah perairan Ambon yang paling menarik adalah Teluk Ambon. Teluk ini memisahkan Pulau Ambon menjadi dua semenanjung yang terpisah. Disini kamu dapat menikmati keindahan pantai berair jernih dan berpasir putih halus. Kamu juga bisa mengelilingi teluk dengan menyewa kapal.

Disini juga sering dilaksanakan berbagai event besar seperti Festival Perahu, Arumbae Manggurabe (balap perahu), dan festival-festival budaya.

2.       Pantai Lawena

Berlokasi di Leitimur, Kota Ambon, kamu dapat mengunjungi pantai yang menawarkan keindahan alam yang mempesona ini. Di pantai ini kamu dapat menikmati pemandangan air laut biru jernih yang menghampar sepanjang pandangan di bawah pohon-pohon nyiur yang rimbun tumbuh di pesisir.

Ombak di pantai ini cukup besar sehingga cocok untuk kamu yang hobi berselancar, selain itu kamu juga bisa menjelajahi keragaman spesies laut di pantai ini yang masih terjaga dengan baik dengan menyelam. Tapi harus membawa alat sendiri, sebab belum ada penyewaan alat diving dan surfing di pantai ini.

3.       Sumber Air Panas Hatuasa

Pada dekade 90-an, seorang pensiunan TNI bernama Muhammad Nahumaruri yang sedang membuka lahan untuk menanam pohon sagu dengan tidak sengaja menemukan sumber air panas yang melimpah. Sumber air panas itu kemudian kini menjadi salah satu tempat wisata favorit untuk masyarakat dan wisatawan dan dikenal dengan nama Pemandian Air Panas Hatuasa.

Di tempat yang masih asri ini kamu dapat menenangkan pikiran dengan berendam di air panas bersuhu sekitar 50-70 derajat Celsius. Ada dua bagian kolam, yaitu kolam air hangat dan air panas yang dapat kamu pilih sesuai selera.

4.       Pulau Osi

Di daerah Kabupaten Seram Bagian Barat, ada sebuah pulau kecil yang menyimpan surga dunia, pulau itu adalah Pulau Osi.

Pulau yang hanya dapat dicapai dengan jalur laut dari Pulau Seram ini hanya seluas 9 hektar saja. Namun disini kamu dapat menemukan berbagai tempat unik seperti jembatan kayu, panorama alam yang memanjakan mata, spot memancing dan resort cantik untuk penginapanmu.

5.       Pulau Banda Naira

Pulau yang cukup terkenal hingga sering dijadikan inspirasi musik, lukisan atau puisi ini berlokasi di Kabupaten Maluku Tengah. Pulau ini memiliki kekayaan alam dan sejarah yang luar biasa.

Selain keindahan alamnya yang masih lestari, tempat yang pernah menjadi lokasi pengasingan Bung Hatta dan Bung Sjahrir ini juga memiliki berbagai bangunan bersejarah seperti Benteng Belgica, Benteng Nassau, Istana Mini, dan lain sebagainya yang dapat kamu jelajahi ketika berkunjung.