5 Tempat Wisata Andalan di Sulawesi Tenggara

5 Tempat Wisata Andalan di Sulawesi Tenggara
Gambar. travel.kompas.com
Penulis: Hayyi | Editor: Hidayat

HIRANKA.COM - Sesuai dengan namanya, Sulawesi Tenggara terletak di wilayah Pulau Sulawesi bagian tenggara. Selain meliputi wilayah semacam semenanjung yang menjorok terus ke tenggara dari Pulau Sulawesi, provinsi ini juga membawahi beberapa kepulauan seperti Muna dan Buton yang berada di sekelilingnya. Dengan kondisi geografis yang unik semacam ini, Sulawesi Tenggara dianugerahi dengan keindahan alam dan budaya yang khas dan memanjakan mata.

Sebelum menjadi provinsi tersendiri, hingga tahun 1964, Sulawesi Tenggara adalah bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan dan Tenggara. Pada masa itu, Sulawesi Tenggara adalah daerah setingkat kabupaten dengan Baubau sebagai pusat pemerintahannya. Setelah menjadi provinsi tersendiri pada 27 April 1964, kota Kendari ditetapkan sebagai Provinsi Sulawesi Tenggara.

Jika Sulawesi Tenggara menjadi salah satu destinasi liburan kamu nanti, berikut beberapa tempat wisata unik dan populer dari Sultra yang kami sarankan untuk kamu kunjungi:

1.       Taman Nasional Wakatobi

Kamu pasti setidaknya pernah mendengar tentang keindahan Taman Nasional Wakatobi. Tapi mungkin saja kamu tidak tahu bahwa Wakatobi terletak di Sulawesi Tenggara.

Wakatobi menjadi salah satu spot wisata kebanggaan masyarakat Sultra bahkan Indonesia, bagaimana tidak, keindahan Wakatobi sudah menjadi pembicaraan wisatawan internasional.

Daya tarik utama dari Wakatobi adalah perbedaannya dengan Taman Nasional lain yang biasanya berupa daratan yang indah dan terjaga kelestariannya, namun Wakatobi sendiri adalah Taman Nasional yang berbasis keindahan laut atau bahari.

Lokasi Taman Nasional Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, disini ada 4 buah pulau yang indah dan dapat kamu jelajahi, yaitu Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Selain itu, kamu juga wajib untuk menikmati keindahan bawah laut Wakatobi dengan melakukan snorkeling dan diving.

2.       Benteng Liya Togo

Masih berada di wilayah Kabupaten Wakatobi, tepatnya di Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Benteng Liya Togo ini adalah salah satu peninggalan dari masa kejayaan Kesultana Buton yang dulu menguasai berbagai wilayah di Sulawesi Tenggara.

Benteng ini pada masa lalu adalah pertahanan terluar yang dimiliki oleh Buton untuk menghadapi serangan dari Kerajaan Ternate. Disini kamu dapat mengunjungi kompleks inti benteng yang terletak di wilayah yang agak tinggi, bangunan gerbang atau ‘lawa’, serta balairung dan masjid.

3.       Benteng Keraton Buton

Benteng ini juga adalah bukti kejayaan Kesultanan Buton di masa lampau. Terdiri dari 12 pintu gerbang serta 16 tempat meriam, posisi benteng yang ada di puncak bukit membuat lokasi ini strategis untuk sebuah benteng pertahanan.

Dari sini, kamu dapat menikmati indahnya kota Bau-Bau dan bahkan kamu dapat menyaksikan Selat Buton dengan kesibukan hariannya. Di bagian dalam benteng, kamu juga dapat melihat-lihat berbagai benda sejarah peninggalan dari masa Kesultanan.

4.       Air Terjun Moramo

Berlokasi di Moramo, Konawe Selatan, air terjun ini menjadi opsi jika kamu ingin menikmati indahnya hutan khas Sulawesi Tenggara.

Selain dapat menikmati keindahan hutan yang masih asri, diselingi dengan air terjun yang menambah kesan segar bagi para wisatawan, kamu juga dapat melihat-lihat wisata pertanian dan kuliner yang tersebar di sekitar lokasi air terjun.

5.       Pantai Nirwana

Dengan pasir putih yang terhampar luas dan air biru yang jernih di sejauh pandangan mata, Pantai Nirwana merupakan salah satu favorit bagi para wisatawan yang ingin menikmati wisata pantai di Sulawesi Tenggara.

Terletak di Kecamatan Sula, Bau-bau, kekhasan lain dari Pantai Nirwana adalah kombinasi warna air lautnya yang terdiri dari tiga warna, yaitu biru muda, biru agak kehijauan dan putih. Kamu juga dapat berenang dengan nyaman di pantai ini mengingat ombaknya yang tenang dan tidak adanya batu karang.



Klaim DANA kaget klik disini