10 Fakta Menarik Papua Nugini, Negeri Misterius di Timur Indonesia

10 Fakta Menarik Papua Nugini, Negeri Misterius di Timur Indonesia
Gambar. jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com
Penulis: Hayyi | Editor: Hidayat

HIRANKA.COM - Di antara negara-negara tetangga yang berbatasan dengan Indonesia, salah satu yang paling sedikit dibahas adalah Papua Nugini. Negara ini memang dianggap memilki budaya yang berbeda dengan negara-negara Asia Tenggara pada umumnya, akibat kondisi sosial dan budaya masyarakatnya yang lebih dekat dengan masyarakat Polinesia dan Melanesia. Secara politik, Papua Nugini juga tidak tergabung dalam ASEAN, sehingga interaksi antara Indonesia dan negara yang beribukota di Port Moresby ini dapat disebut cukup jarang.

Meski begitu, Papua Nugini ternyata menyimpan berbagai fakta menarik yang perlu kita ketahui, berikut ini beberapa di antaranya:

1.       Negara Dengan Bahasa Paling Beragam

Papua Nugini adalah negara dengan keanekaragaman bahasa tertinggi di dunia. Tercatat ada sekitar 851 bahasa yang dipergunakan oleh penduduk negeri ini.

Bahkan, ada satu bahasa isyarat yang resmi digunakan. Selain itu, yang paling populer adalah sebuah bahasa kreol yang berdasarkan pada Bahasa Inggris dengan sedikit sentuhan Jerman, bahasa ini dinamakan Tok Pisin dan cukup luas digunakan.

2.       Negara Dengan Hutan Tropis Terbesar Ketiga

Meskipun luas wilayahnya yang tidak terlalu besar, bahkan dapat dikatakan sebanding dengan wilayah Papua yang masuk ke dalam wilayah Indonesia, namun Papua Nugini memiliki hutan tropis yang masih lebat dan cukup terjaga.

Dengan hutan tropis seluas hampir 290 ribu kilometer persegi, negara ini menjadi pemilik hutan hujan terluas ketiga setelah Brazil dan Kongo.

3.       Negara Dengan Etnis Sangat Beragam

Berbicara tentang keragaman etnis, Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Dengan wilayah yang cukup luas namun terpisah-pisah oleh laut dan berbagai kondisi geografis lainnya, hal ini dapat kita pahami.

Namun siapa sangka bahwa Papua Nugini dengan wilayah yang tidak begitu luas juga memiliki tingkat keragaman etnis yang cukup tinggi. Heterogenitas negara ini dibuktikan dengan adanya ratusan etnis yang berasal dari tempat-tempat yang cukup jauh hingga ke Filipina, Australia dan Cina.

4.       Negara Dengan Budaya Sangat Kaya

Tentunya setelah memiliki kekayaan dan keragaman etnis, maka tidak heran jika Papua Nugini juga dianugerahi dengan keragaman budaya yang sangat kaya. Berbagai etnis yang ada dapat membentuk anak-anak suku yang memiliki budaya, tata sosial, kostum, adat, hingga gaya hidup yang berbeda satu sama lain. Tidak berlebihan jika disebut bahwa ada sekitar 1000 kelompok budaya yang berbeda satu dengan lainnya yang menghiasi keragaman budaya Papua Nugini.

5.       Negara Dengan Sumber Kekayaan Tambang Besar

Pulau Papua memang telah dikenal memilik kandungan bahan tambang yang sangat kaya yang tersimpan di bawah tanahnya, termasuk juga untuk wilayahnya yang masuk dalam negara Papua Nugini.

Dua komoditas tambang terbesar dari negeri ini adalah emas dan tembaga. Salah satu pertambangan yang paling besar adalah Ok Tedi, serta Porgera dan Lihir.

Didominasi oleh pertambangan emas, sumber daya tambang masih menjadi salah satu andalan ekspor dari negara yang merdeka pada tahun 1975 ini.

6.       Negara Dengan Mayoritas Penduduk Tinggal di Pedesaan

Hingga sekarang, tercatat sekitar 80% dari penduduk Papua Nugini masih tinggal di daerah pedesaan. Hal ini membuat masih banyak dari penduduk negeri ini yang belum memperoleh akses menuju pendidikan dan fasilitas kesehatan serta pelayanan sosial lainnya.

Cara hidup sebagian masyarakat yang masih tinggal di pedesaan juga masih sangat tradisional. Tidak heran jika Papua Nugini masih tercatat sebagai negara dengan pengonsumsi buah-buahan terbesar karena penduduknya memang masih sangat erat dengan kehidupan alam pedesaan dan hutan.