5 Cara Ampuh Obati Sariawan yang Mengganggu

Editor: Lalu Galih | Penulis: Lalu Hayyi

5 Cara Ampuh Obati Sariawan yang Mengganggu
Gambar. freepik.com

HIRANKA.COM - Sariawan adalah salah satu gangguan kesehatan yang terjadi akibat adanya peradangan pada bagian mulut. Sariawan dapat terjadi di berbagai bagian mulut seperti pipi, lidah, bibir, bagian gusi hingga langit-langit mulut. Sariawan yang juga disebut dengan istilah ‘stomatitis’ ini menyebabkan penderitanya menjadi tidak nyaman dalam beraktifitas sehari-hari seperti berbicara, tidur bahkan saat makan sekalipun.

Biasanya sariawan terjadi akibat kekurangan kadar vitamin, namun beberapa sebab lain juga dapat memicu timbulnya radang di bagian mulut ini, seperti dinding mulut atau lidah yang tidak sengaja tergigit, alergi makanan tertentu, stres serta kemungkinan infeksi virus. Ukuran sariawan beragam dan seringkali muncul tanpa disadari di awal.

Untuk mengatasi sariawan yang sangat mengganggu ini, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan, berikut beberapa di antaranya yang sudah kami rangkumkan untuk kamu:

1.       Berkumur Air Garam

Salah satu bahan alami yang dapat membantumu mengatasi sariawan adalah air garam. Air garam ini dapat kamu buat sendiri dengan memasukkan sekitar setengah sendok teh garam dapur ke gelas yang berisi air hangat. Setelah itu, aduklah hingga garam larut dan gunakanlah air itu untuk berkumur-kumur.

Selama berkumur dengan air ini, usahakan agar seluruh bagian dari rongga mulutmu terbasuh dan terjangkau. Setelah itu, keluarkan air garam dari mulutmu dan usahakan untuk tidak makan atau minum terlebih dahulu sebentar untuk membiarkan luka sariawan terobati dan ditangani oleh air garam.

Kamu dapat mengulang-ulang berkumur-kumur ini setiap hari hingga sariawanmu mereda.

2.       Gunakan Es Batu

Selain air garam, bahan alami lain yang dapat kamu gunakan untuk mengobati sariawan adalah es batu. Es batu juga sangat mudah untuk diperoleh dibanding dengan bahan lainnya.

Es batu dapat digunakan untuk membuat rasa sakit yang disebabkan oleh luka sariawan menjadi berkurang. Kamu cukup memasukkan sebongkah kecil dari es batu ke dalam mulut dan menempelkannya di bagian yang terluka, atau menempelkannya ke bagian bibir yang sariawan jika terletak di bagian bibir. Untuk alternatif lain, kamu juga bisa mencoba menggunakan air dingin untuk berkumur-kumur dan meredakan nyeri sariawan yang berlebih.

3.       Minum Air Putih Lebih Banyak

Sariawan juga dapat terjadi akibat keadaan rongga mulut yang terlalu kering. Untuk mengatasi dan mencegah terjadinya hal ini, kamu perlu minum air putih dengan teratur setiap harinya. Air putih juga dapat membantumu menjaga keseimbangan metabolisme tubuh dan kesehatan organ-organ lainnya.

4.       Gunakan Teh Celup

Siapa sangka selain untuk menemani sarapan setiap pagimu, teh celup juga disebut dapat mengatasi luka dan nyeri sariawan, lho!

Daun teh murni yang terdapat dalam kantung celup dapat mengobati radang dan melakukan netralisasi kadar asam yang terdapat di mulut. Kamu cukup menempelkan kantung teh ke bagian luka sariawan dan membiarkannya beberapa saat. Lakukan langkah ini beberapa kali hingga luka itu hilang.

5.       Gunakan Obat Kumur

Selain bahan-bahan alternatif dan alami di atas, tentu kamu dapat mencoba menggunakan berbagai obat kumur. Pada umumnya, obat kumur biasanya diperuntukkan untuk menjaga kesegaran napas dan menghindari bau mulut. Namun, kamu juga bisa mencoba beberapa produk obat kumur yang memiliki kandungan hidrogen peroksida. Obat kumur dengan kandungan tersebut dapat membantumu mencegah dan mengatasi sariawan. Untuk penggunannya, cukup berkumur dengan obat tersebut secara teratur setiap selesai sikat gigi pagi dan malam setiap harinya. 



Klaim DANA kaget klik disini