Mengenal Macam-Macam Kecerdasan Psikis Manusia: IQ, SQ Hingga CQ

Mengenal Macam-Macam Kecerdasan Psikis Manusia: IQ, SQ Hingga CQ
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Manusia adalah makhluk hidup yang paling sempurna dan dibekali berbagai macam atribut istimewa yang tidak diberikan kepada makhluk hidup lainnya oleh Sang Pencipta. 

Hal ini menunjukkan bahwa manusia diberi tugas dan tanggung jawab yang juga lebih besar dari makhluk lainnya, yaitu sebagai pemimpin yang mengelola bumi ini.

Salah satu atribut istimewa yang dimiliki oleh manusia adalah akal. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa makhluk hidup lainnya juga diberikan akal, namun akal manusia berada di tingkatan yang jauh lebih maju dan dibanding makhluk hidup lainnya. 

Salah satu hal yang mengindikasikan hal ini adalah adanya berbagai kecerdasan yang dimiliki oleh manusia, yang membuatnya dapat memecahkan masalah dalam bidang yang berbeda-beda.

Kecerdasan manusia berhubungan erat dengan potensi yang dimilikinya. Potensi seseorang dengan yang lain berbeda, sehingga setiap orang mendapat porsi yang adil dalam kehidupan dengan cara mengembangkan potensi yang dimilikinya. Potensi sendiri dapat dibagi menjadi 2, yaitu fisik dan psikis atau mental.

Potensi fisik biasanya terlihat dengan jelas dari bentuk tubuh dan dapat dinilai dengan penglihatan. Adapun potensi mental atau psikis adalah tersembunyi dan perlu dilakukan pengamatan hingga tes tertentu untuk mengetahuinya.

Berikut ini beberapa kecerdasan psikis atau mental manusia serta pengertiannya yang perlu untuk kita ketahui:

1.       IQ (Intellligence Quotient)

IQ adalah salah satu ukuran kecerdasan manusia yang terkenal. Banyak orang mendasarkan ukuran pintar atau bodoh berdasarkan angka IQ yang dimilikinya. IQ dapat meningkat dengan proses pembelajaran dan bukan bawaan lahir. Seseorang dengan kemampuan ini mahir memecahkan masalah, memahami konsep atau gagasan, berpikir serta mempelajari sesuatu.

2.       EQ (Emotional Quotient)

EQ dapat diartikan sebagai kemampuan emosional. Ini menunjukkan bahwa orang yang memiliki EQ yang baik dapat mengatur secara baik emosinya, pandai memotivasi diri dan orang lain, peka dengan situasi emosi orang-orang dan lingkungannya, pandai mengatur suasana hati dan menyelesaikan konflik, serta berpotensi menjadi pemimpin yang baik dala sebuah lingkup sosial.

3.       SQ (Spiritual Quotient)

Kecerdasan spiritual juga merupakan sebuah aspek yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Bagi umat yang beragama, SQ dapat diterjemahkan sebagai kemampuan untuk memaknai setiap tindakan yang dilakukannya sebagai bentuk penghambaannya kepada Tuhan dan wujud kasih sayang kepada sesama makhluk hidup.

Di antara tanda-tanda SQ yang baik adalah, seseorang memiliki prinsip yang kuat dan teguh yang berlandaskan pada kebenaran dan kebajikan, serta menjalani hidupnya dengan penuh makna dan tujuan yang jelas.

4.       AQ (Adversity Quotient)

Kecerdasan jenis ini adalah kemampuan individu untuk menghadapi sebuah rintangan atau masalah yang menghampirinya. Orang dengan kecerdasan AQ yang baik akan dapat menyelesaikan dan menghadapi masalah, bahkan dapat membalikkannya menjadi peluang yang menguntungkan.

5.       CQ (Creativity Quotient)

Kecerdasan ini dimiliki oleh mereka yang memiliki ‘daya cipta’ atau kreativitas yang tinggi.

Kreativitas yang dimilikinya tidak hanya sebatas memunculkan barang baru saja, tapi juga dari tahap memunculkan ide, mengumpulkan masalah dan data, mengidentifikasi, hingga merealisasikan idenya tersebut yang membuatnya kemudian menghasilkan suatu hal yang baru.

6.       ESQ (Emotional Spiritual Quotient)

Kecerdasan ini merupakan gabungan di antara EQ dan SQ. Penggabungan ini penting sebab hubungan yang sangat erat di antara dua kecerdasan tersebut dan manfaat besar yang didapat oleh seorang individu yang dapat memilikinya.

Dengan ESQ, seseorang akan merasakan kehidupan yang penuh makna pada dua sisi: vertikal dan horizontal. Hubungan vertikal antara dirinya dengan Tuhan akan baik, dengan tidak pula melupakan hubungan antara dirinya dengan makhluk hidup lainnya.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini