Dua Capres Ketemuan di Mekkah: Tidak Bahas-bahas Politik

Dua Capres Ketemuan di Mekkah: Tidak Bahas-bahas Politik
Gambar. radarsolo.jawapos.com
HIRANKA.COM - Bersamaan dengan pelaksanaan ritual ibadah haji sebagai rukun kelima bagi kaum muslimin, banyak di antara tokoh-tokoh nasional juga ikut melaksanakan ibadah yang suci itu minggu-minggu ini.

Yang menarik, beberapa bakal calon presiden yang sudah diusung oleh berbagai partai dan koalisi politik di Indonesia juga ikut melaksanakan ibadah haji tahun ini, yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Adapun bakal calon lain yang juga sudah dideklarasikan dan sejauh ini masih memenuhi syarat presidential treshold, Prabowo Subianto tidak berhaji tahun ini dan masih berada di Jakarta, disamping menjalankan tugasnya selaku Menteri Pertahanan.

Selain para bakal calon presiden yang diprediksi akan bertarung dalam Pemilihan Presiden tahun depan, tokoh-tokoh lainnya yang melaksanakan haji di tanah suci adalah Puan Maharani, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dan Sandiaga Uno, yang baru saja pindah partai dan mendapat tugas baru sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) parpol berlambang ka’bah, Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Momen pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan oleh Ganjar dan Anies juga terbilang istimewa, sebab mereka adalah tamu undangan dari Kerajaan Saudi Arabia. Oleh karena itu, kedua tokoh ini juga mendapatkan fasilitas yang lebih baik dan khusus dengan kapasitas sebagai tamu kerajaan.

Oleh karena itu, dua nama tersohor itu juga ikut mendapat undangan khusus dari Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) yang merupakan Pangeran Mahkota Kerajaan Arab Saudi untuk menghadiri sebuah acara jamuan makan siang yang dilaksanakan di Istana Mina, sebuah daerah di Mekkah, pada hari Kamis (29/6) lalu.

Dalam sebuah postingan Instagramnya, Anies Baswedan tampak berjabat tangan dengan Pangeran MBS dan dalam keterangan foto tersebut, ia mengucapkan terimakasih dan merasa terhormat menjadi tamu undangan haji dari Kerajaan Arab Saudi tahun ini.

“Kami berharap semakin banyak kerja sama antara kedua negara ini, sehingga persaudaraan yang sudah terjalin lama akan semakin erat,” lanjutnya.

Ganjar Pranowo sendiri tidak mengunggah foto atau video apapun terkait pertemuan antara dirinya dengan Pangeran Mahkota, atau pelaksanaan haji yang dilakukannya tahun ini. Hal itu sendiri diketahui melalui berbagai gambar pertemuan antara Gubernur Jawa Tengah itu dengan Pangeran MBS yang beredar banyak di beberapa akun media sosial.

Anies dan Ganjar lalu disebut bertemu di sela-sela pelaksanaan ritual haji. Pertemuan itupun tampaknya bukanlah pertemuan resmi, malah pertemuan biasa yang tidak direncanakan sebelumnya.

Hal ini diketahui dari postingan bersama yang diunggah akun Instagram Anies Baswedan dan akun resmi Partai Nasdem, dalam foto postingan itu, tampak Anies bersama istrinya, Ferry Farhati; Ganjar Pranowo beserta istri; serta Suharso Monoarfa, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Suharso sendiri bercerita bahwa pertemuan itu memang tidak disengaja, ia juga menyebut bahwa dirinyalah yang mengajak kedua capres itu untuk mengambil gambar bersama.

“Saya lihat dari jauh awalnya, kemudian saya dekati dan saya bilang ‘Indonesia harus lihat ini’. Mereka lalu tertawa dan mau untuk foto bersama,” ceritanya.

Suharso juga melanjutkan bahwa dalam pertemuan itu hanya mengobrol ringan saja, tidak membahas persoalan politik.

Selain Ganjar, Anies Baswedan juga diketahui bertemu dengan Puan Maharani. Pertemuan yang juga tidak disengaja itu terjadi setelah keduanya menyelesaikan ritual melempaar jumrah pada Jumat (30/6) lalu.

Dalam keterangannya, Puan menyebut bahwa pertemuan itu adalah bentuk silaturahmi yang harus tetap dijaga, meskipun berbeda pilihan dan jalur politik.

Selain itu, Puan juga bertemu dengan Ganjar, dan Ganjar juga bertemu dengan Sandiaga Uno. Pertemuan antara tokoh-tokoh politik ini membawa harapan agar demokrasi di Indonesia tetap berjalan dengan damai dan terus membawa maslahat.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini