Anies Tampak Mesra dengan Susi Pudjiastuti, Fix Jadi Cawapres?

Anies Tampak Mesra dengan Susi Pudjiastuti, Fix Jadi Cawapres?
Gambar. flores.pikiran-rakyat.com
HIRANKA.COM - Sudah hampir satu tahun Anies Baswedan yang diajukan sebagai bakal calon presiden oleh Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan diikuti oleh Partai Demokrat melakukan berbagai safari politik dan kampanyenya menyambut perhelatan politik tahun depan. 

Meski begitu, tampak Anies masih ‘jomblo’ karena hingga saat ini belum ada nama yang resmi diumumkan oleh pihaknya maupun Koalisi Perubahan yang mengusungnya terkait nama cawapres yang akan mendampinginya.

Setelah melalui berbagai drama terkait kabar hubungan internal koalisi antar-partai yang disebut merenggang akibat lambatnya Anies dalam menentukan pendampingnya, hingga berbagai spekulasi yang muncul akibat silaturahmi dan ziarah politik Anies, kini satu nama lagi muncul dan disebut banyak pihak merupakan salah satu kandidat kuat untuk menjadi pasangan pria yang pernah menjabat sebagai DKI1 itu: Susi Pudjiastuti.

Postingan Mesra Anies-Susi

Spekulasi ini bukannya tidak beralasan. Salah satu alasan yang paling jelas adalah karena belakangan ini Anies mengunggah berbagai postingan terkait pertemuannya dengan perempuan yang pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan itu.

Hal ini dapat dilihat di akun instagram resmi milik Anies Baswedan, dari 7 postingan terakhir ketika artikel ini dibuat (26/07) yang berkaitan dengan kunjungan politik Anies ke Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, 6 di antaranya bercerita tentang pertemuannya dengan Susi. 

Dalam postingan-postingan itu pula, Anies sering menulis tentang kesamaan pandangan dan visinya dengan Susi serta kerap kali menunjukkan pujian atas perempuan yang pernah menjadi sensasi akibat peraturan menenggelamkan kapal nelayan asing tersebut.

“Tidak lengkap jika bertemu dengan Ibu Susi tapi belum mampir ke laut, nelayan dan ikan. Diajak jalan-jalana pagi ke bagian pantai timur Pangandaran termasuk ke tempat pelelangan ikan. Kita ngobrol banyak pasal maritim, langsung belajar dari ahlinya. Rasanya kaya kuliah 4 SKS..” Begitu kurang lebih tulis Anies Baswedan dalam salah satu dari 6 postingan tersebut.

Netizen yang turut mengikuti perkembangan ini tidak tahan untuk mengomentari hal yang ‘agak lain’ ini. “Dibandingkan dengan tokoh lain. Agaknya cuma sama Bu Susi yang paling sering di-upload.. Apa pilihannya sudah ditetapkan di Pangandaran ya pak?” tulis seorang netizen dengan nama akun @harlly_wibowo.

Tanggapan Koalisi

Yang menarik untuk ditunggu tentu saja reaksi dari partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mengusung Anies Baswedan. Nyatanya, pertemuan antara Anies dan Susi mendapat respon yang berbeda-beda dari ketiga partai pengusungnya itu.

Partai Nasdem sebagai partai paling awal yang mendeklarasikan pencapresan Anies Baswedan menyebut bahwa Susi memang berpeluang untuk menjadi pendamping Anies. Sekjen Nasdem, Hermawi Taslim menyebut bahwa Susi mungkin saja menjadi pilihan Anies sebab ia menilai perempuan itu memenuhi syarat.

“Susi sesuai dengan syarat cawapres yang diinginkan oleh Anies. Keduanya adalah sosok yang komunikatif dan selalu menginginkan perubahan positif untuk negara ini,” sebutnya.

PKS sendiri senada dengan apa yang disampaikan oleh Hermawi, pihak partai ini juga menyebut bahwa masalah cawapres itu sudah diserahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan.

Tanggapan yang agak berbeda datang dari Demokrat. Partai berlambang mercy ini seakan kurang setuju jika pertemuan itu dikaitkan dengan masalah cawapres.

“Untuk cawapres itu sudah selesai di koalisi. Sudah ada di Pak Anies, tinggal ditunggu waktunya saja untuk diumumkan,” ujar Herzaky Putra, juru bicara Partai Demokrat.

Ia juga menyebut bahwa pertemuan itu hanya sekedar silaturahmi saja dan tidak terkait dengan masalah bacawapres pendamping Anies nanti.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini