Strategi Mengelola Keuangan untuk Masa Tua yang Lebih Siap

Strategi Mengelola Keuangan untuk Masa Tua yang Lebih Siap
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Sangat penting untuk memulai perencanaan keuangan sejak dini agar siap menghadapi masa tua.

Saat memasuki masa tua, penting untuk memiliki strategi pengelolaan keuangan yang tepat guna menjamin kesiapan finansial.

Mulai merencanakan keuangan sejak dini merupakan tindakan cerdas terutama karena kemampuan fisik akan menurun di usia senja.

Hal ini disebabkan karena ketika seseorang memasuki usia senja, kemampuan fisiknya akan menurun sehingga sulit untuk bekerja secara optimal seperti saat masih muda.

Keadaan ini dapat berdampak pada kondisi keuangan di masa depan. Semua orang pasti ingin menikmati masa tua dengan tenang, menikmati hasil jerih payah mereka, dan tidak membebani keluarga atau orang lain.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memulai perencanaan keuangan di masa tua.

Persiapan finansial untuk masa tua

Menurut informasi yang diambil dari website resmi OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan keuangan pada masa tua, yaitu:

Menabung untuk masa tua

Anda dapat mempersiapkan diri dengan mengalokasikan dana secara terpisah untuk tabungan masa pensiun, yang berbeda dengan tabungan yang digunakan untuk kebutuhan sekarang.

Semakin tekun menabung saat masih muda, akan semakin baik persiapan untuk masa pensiun.

Untuk memilih produk tabungan masa pensiun yang cocok dengan rencana individu, Anda bisa mengumpulkan informasi mengenai berbagai pilihan tabungan yang tersedia.

Berinvestasi

Untuk mempersiapkan keuangan di masa tua, selain menabung, bisa dilakukan dengan berinvestasi sesuai kondisi keuangan masing-masing.

Penting untuk memilih investasi yang tepat agar tidak merugikan keuangan kita dengan menimbulkan hutang di kemudian hari.

Ada berbagai jenis investasi yang dapat dipilih, seperti investasi properti, bangunan, deposito, obligasi, reksa dana, saham, dan sebagainya untuk mempersiapkan dana pensiun.

Jika Anda sudah terbiasa berinvestasi pada saham atau instrumen keuangan lainnya, maka Anda bisa mempertahankan kebiasaan tersebut.

Namun, jika pengetahuan investasi saham Anda minim, alternatif yang lebih baik adalah berinvestasi di reksadana karena tidak mebutuhkan analisis yang terlalu mendalam.

Menjadi anggota dari institusi pengelola dana pensiun

Program pensiun dapat diikuti oleh individu atau kelompok kerja, dan dana pensiun merupakan sebuah lembaga keuangan yang tidak berbentuk bank yang menyelenggarakan program pensiun.

Untuk bergabung dengan lembaga dana pensiun, masyarakat dapat mendaftar pada DPLK atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

DPLK adalah program keuangan yang tersedia untuk masyarakat umum, termasuk karyawan dan pekerja mandiri.

Prinsip yang berlaku pada DPLK hampir sama dengan tabungan berjangka, yaitu tidak dapat dicairkan sebelum mencapai jatuh tempo.

Anda perlu memperhitungkan kemampuan finansial dan mempertimbangkan besarnya biaya yang harus dibayarkan jika ingin mengikuti program DPPK atau Dana Pensiun Pemberi Kerja, yaitu lembaga pensiun yang diselenggarakan oleh perusahaan untuk karyawan.

Terdapat berbagai cara untuk merencanakan keuangan di masa tua, seperti berinvestasi, menabung, ataupun mengikuti program pensiun seperti DPPK atau DPLK.

Dengan melakukan persiapan keuangan untuk masa tua, Anda dapat menikmati masa tua dengan kedamaian dan menikmati hasil kerja keras yang telah Anda lakukan.

Dalam mengelola keuangan saat memasuki usia tua, penting untuk terus memperbarui dan menyesuaikan rencana keuangan dengan perubahan kondisi dan kebutuhan yang terjadi.

Selain itu, menjaga kesehatan fisik dan mental juga menjadi faktor yang tak kalah penting dalam mempersiapkan masa tua yang lebih baik.

Oleh karena itu, mari kita mulai merencanakan keuangan sejak dini dan siapkan diri untuk menghadapi masa tua dengan kesiapan dan kesejahteraan yang lebih baik.



Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini