Strategi Efektif untuk Mempertahankan Keamanan Transaksi Dompet Digital DANA

Strategi Efektif untuk Mempertahankan Keamanan Transaksi Dompet Digital DANA
Gambar. trenasia.com
HIRANKA.COM - Saat ini, penggunaan dompet digital seperti DANA lebih diminati daripada menggunakan uang tunai sebagai metode pembayaran.

Hal ini disebabkan karena dengan menggunakan dompet digital, kita tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar meskipun melakukan transaksi pembelian yang bernilai besar.

Walau begitu, kita perlu tetap waspada agar terhindar dari tindakan kejahatan digital seperti phising atau pencurian data dan carding atau transaksi ilegal.

Menurut sumber resmi DANA yang dikutip pada Kamis, 15 Juni 2023, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keamanan dalam melakukan transaksi digital menggunakan layanan DANA.

Sering-seringlah mengubah nomor PIN

PIN atau Nomor Identifikasi Pribadi adalah kombinasi angka yang digunakan sebagai kode rahasia untuk mengotentikasi pengguna ke dalam sistem.

Karena bersifat privat, hanya pengguna yang berhak mengetahui kode sandi tersebut. Selain itu, disarankan untuk secara berkala mengganti PIN, setidaknya setiap 1-2 bulan sekali.

Untuk menghindari risiko keamanan, juga sebaiknya jangan menggunakan kombinasi angka yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir atau nomor telepon.

Selain itu, hindari juga menggunakan PIN yang sama untuk semua akun, karena jika satu akun diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka akun lainnya juga dapat terancam keamanannya.

Jangan bagikan kode OTP ke siapapun

Penting untuk menjaga kerahasiaan kode OTP, selain PIN. Kode OTP adalah sebuah password sementara atau password satu kali pakai yang digunakan untuk membantu proses verifikasi saat login atau transaksi di berbagai sistem komputer dan perangkat digital.

Dalam hal ini, DANA selalu menegaskan bahwa mereka tidak akan pernah meminta kode OTP dari pengguna.

Oleh karena itu, jika ada seseorang yang meminta kode OTP, pengguna harus selalu memeriksa keaslian permintaan tersebut dan memastikan bahwa itu bukan upaya penipuan.

Melakukan update sistem dan aplikasi pada perangkat ponsel secara rutin

Dalam konteks keamanan, memperbarui sistem dan aplikasi dapat membantu mengatasi kerentanan keamanan yang mungkin ada pada perangkat.

Ketika pengembang menemukan kelemahan atau bug dalam sistem atau aplikasi, mereka akan mengeluarkan pembaruan yang berisi perbaikan keamanan.

Oleh karena itu, dengan melakukan pembaruan secara teratur, pengguna dapat mendapatkan perlindungan yang lebih baik terhadap serangan keamanan atau malware yang dapat membahayakan perangkat dan data pengguna.

Selain itu, pembaruan sistem dan aplikasi juga dapat meningkatkan kinerja perangkat. Pengembang biasanya merilis pembaruan yang mengoptimalkan kinerja perangkat dan meningkatkan efisiensi penggunaan baterai.

Dengan melakukan pembaruan secara rutin, pengguna dapat memastikan bahwa perangkat berfungsi dengan baik dan tidak mengalami masalah kinerja yang dapat mempengaruhi pengalaman pengguna.

Maka dari itu, disarankan untuk selalu melakukan pembaruan sistem dan aplikasi pada perangkat HP secara rutin, atau setidaknya memastikan bahwa pembaruan otomatis diaktifkan agar perangkat selalu mendapatkan versi terbaru tanpa harus memeriksa secara manual.

Lindungi privasi data diri dengan menjaga kerahasiaannya

Keberhasilan menjaga privasi data pribadi sangatlah penting guna melindungi informasi dari penyalahgunaan oleh individu yang tidak bertanggung jawab.

Informasi seperti alamat rumah, nomor telepon, nomor identitas, dan tanggal lahir, dapat dimanfaatkan untuk kejahatan seperti penipuan, pencurian identitas, atau tindakan kriminal lainnya.

Maka, sebaiknya hindari memberikan informasi pribadi pada orang yang tak dikenal atau kurang terpercaya.

Pastikan situs atau aplikasi tempat Anda memasukkan data pribadi aman dan privasinya terjaga.

Jangan menggunakan informasi pribadi sebagai password atau kode keamanan karena akan memudahkan orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses akun ataupun info sensitif pengguna.



Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget Klik Disini