Rahasia Makanan untuk Kulit yang Bersinar dan Glowing

Rahasia Makanan untuk Kulit yang Bersinar dan Glowing
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Tidak ada yang salah dengan berubah menjadi lebih sehat dalam gaya hidup agar mendapatkan kulit glowing seperti halnya tidur cukup dan rutin berolahraga.

Tetapi, akan lebih optimal jika kita juga mengonsumsi makanan-makanan sehat yang dapat membuat kulit glowing dari dalam.

Berikut adalah tujuh jenis makanan yang dikutip dari Prevention untuk membantu membuat kulit kita terlihat bersinar.

Salmon

Menurut Dr. Dustin Portela D.O., FAAD, dokter kulit bersertifikat, salmon tidak hanya sehat tetapi juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit.

Kaya akan asam lemak omega-3, salmon dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Dr. Dustin Portela juga menjelaskan bahwa asam lemak omega-3 pada salmon memiliki efek anti-peradangan yang dapat mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit, sehingga membuat kulit terlihat lebih cerah.

Blueberry

Buah yang biasa dijadikan camilan sehat atau topping pada yogurt, diketahui kaya akan antioksidan, terutama anthocyanin dan vitamin C, yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan.

Menurut Dr. Portela, vitamin C memiliki peran penting dalam sintesis kolagen, yang membantu menjaga kekuatan dan kelenturan kulit, sehingga membantu dalam menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

Selain itu, karotenoid yang terkandung dalam blueberry juga dapat membantu mengatasi masalah keriput dan bintik hitam pada kulit, demikian menurut Poon.

Tomat

Menurut Serena Poon, seorang koki terkenal dan ahli gizi bersertifikat, makanan pertama yang dapat membuat kulit glowing adalah tomat.

Kandungan vitamin C dan lycopene dalam tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit karena karotenoid tersebut berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV serta mencegah sel-sel kanker.

Jeruk

Poon mengungkapkan bahwa jeruk, lemon, kale, dan stroberi adalah beberapa contoh makanan yang kaya akan antioksidan serta vitamin C.

Konsumsi makanan-makanan tersebut sangat dianjurkan karena dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dan memicu tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan bintik-bintik akibat matahari.

Selain itu, meningkatkan asupan buah-buahan dan sayuran juga berperan penting dalam membuat kulit lebih elastis.

Kimchi

Poon menyatakan bahwa mengonsumsi makanan probiotik seperti kimchi dan sauerkraut dapat membantu memperkuat mikrobioma usus, sehingga kesehatan kulit akan meningkat dan tampak glowing.

Selain itu, untuk mendukung kesehatan usus besar kita juga perlu menghindari makanan pemicu peradangan dan lebih banyak mengonsumsi serat dari sayuran, buah-buahan, serta legume.

Serta dapat menambah asupan suplemen prebiotik dan probiotik berkualitas tinggi untuk menjaga keseimbangan mikrobioma dalam tubuh.

Minyak Flaxseed

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan kulit dari minyak flaxseed, disarankan untuk menambahkan satu sendok makan ke dalam smoothie atau oatmeal setiap pagi.

Minyak flaxseed mengandung alpha-lipoic acid (ALA) yang dapat meningkatkan hidrasi dan kelembutan kulit.

Tak hanya itu, minyak Flaxseed juga memberikan efek anti-peradangan yang penting untuk mengatasi banyak kondisi kulit yang disebabkan oleh peradangan sistemik, seperti yang diungkapkan oleh Poon.

Jadi, menambahkan minyak flaxseed ke dalam makanan sehari-hari dapat menjadi cara yang mudah dan efektif untuk menjaga kesehatan kulit kita.

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan-makanan yang tercantum di atas, kita dapat merawat kulit dari dalam dan mencapai kulit yang bersinar dan glowing.

Jadi, jangan ragu untuk memasukkan makanan-makanan tersebut ke dalam menu harian Anda demi kulit yang sehat dan awet muda.



Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget Klik Disini