Minum Air Putih Teratur: Kunci Penting Tubuh Sehat

Minum Air Putih Teratur: Kunci Penting Tubuh Sehat
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Minum air putih sudah bukan rahasia lagi merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Air putih sendiri adalah asupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Hal ini tidak mengherankan, sebab sekitar 70% dari tubuh kita terdiri dari air.

Ketika kita kekurangan air, maka tubuh kita akan merasa lemas dan tidak fit. Kondisi yang disebut dehidrasi ini ketika dialami oleh tubuh akan membuat beberapa organ dalam tubuh tidak dapat melakukan tugasnya secara maksimal. Jika tubuh manusia mengalami dehidrasi yang parah, berbagai gejala lain yang dapat dirasakan adalah sakit kepala, susah fokus, bahkan hilangnya kesadaran.

Kebutuhan cairan satu orang dengan yang lain memang berbeda, hal ini dapat dipengaruhi oleh cuaca setempat, aktivitas yang dilakukan hingga kondisi kesehatan tubuh. Akan tetapi, disebutkan bahwa seseorang berumur dewasa dianjurkan untuk minum air putih minimal sebanyak 2 liter setiap harinya.

Untuk minum air putih secara teratur, kamu dapat mengatur waktu yang tepat sesuai dengan kegiatan atau rutinitas harianmu. Waktu yang cukup penting untuk minum air putih adalah ketika bangun dari tidur di pagi hari dan setelah makan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan dengan minum air putih secara teratur:

1. Tubuh Terasa Fit

Seperti telah disebutkan sebelumnya, tubuh kita yang sebagian besarnya terdiri dari cairan tentu setiap saat membutuhkan asupan cairan untuk dapat berfungsi dengan normal. Ketika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, tubuh akan terasa fit, lebih ringan serta lebih segar untuk menjalankan aktivitas lainnya.

2. Mencegah Obesitas (Kelebihan berat badan)

Dengan minum air putih secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, kamu dapat menghindari kelebihan makan atau nafsu makan yang berlebih, yang akhirnya akan membuat proses metabolisme dalam tubuhmu menjadi lancar.

Ketika metabolisme tubuhmu lancar, maka proses detoksifikasi (pengeluaran racun) dari dalam tubuhmu pun akan menjadi efektif, sehingga berat badan dapat terjaga dan tidak berlebih.

3. Menyehatkan Kulit

Kulit kita dapat menjadi lebih cantik dan sehat jika tubuh menerima asupan cairan yang cukup. Sebaliknya, kekurangan cairan dapat membuat kulit menjadi keriput dan menimbulkan masalah-masalah kulit lainnya, meskipun pada usia yang relatif muda.

Cairan pada kulit dapat melancarkan aliran darah sehingga membuatnya terlihat lebih muda dan sehat.

4. Meningkatkan Fokus

Saat dehidrasi, seringkali kita merasa susah untuk fokus. Hal ini karena kekurangan cairan dapat menyebabkan gangguan pada kerja otak, dan membuatnya susah untuk berkonsentrasi. Jika kamu adalah seorang pelajar, mahasiswa atau pekerja, hal ini tentu perlu untuk diperhatikan sebab dapat mengurangi produktivitas belajar atau pekerjaanmu.

Jangan lupa untuk membawa air putih dalam wadah botol dan sejenisnya, sebab dengan begitu dapat membantumu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap saat.

5. Menyehatkan Organ Pencernaan

Masalah-masalah pencernaan seperti sembelit maupun susah BAB dapat terjadi akibat kekurangan cairan tubuh. Maka sangat dianjurkan untuk minum air putih setiap hari secara teratur dan cukup untuk menghindari hal-hal tersebut.

6. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Darah sebagian besar terdiri air. Saat kondisi dehidrasi, darah akan menjadi lebih kental akibat kurangnya kandungan air yang dibutuhkan, hal ini kemudian menyebabkan kandungan elektrolit dalam darah menjadi tidak seimbang.

Selain itu, dehidrasi juga dapat membuat tekanan darah rendah dan gangguan-gangguan kesehatan lainnya.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini