Menikmati Keindahan Laut Belitung Dengan Ratusan Ikan Berwarna

Menikmati Keindahan Laut Belitung Dengan Ratusan Ikan Berwarna
Gambar. goodnewsfromindonesia.id
HIRANKA.COM - Sudah lama Pulau Lengkuas dan Pulau Kepayang menjadi tujuan wisata yang terkenal baik bagi pelancong lokal maupun asing.

Di samping keindahan alamnya yang menakjubkan, kedua pulau tersebut menyimpan sejarah yang menarik dan patut diketahui oleh para pengunjung.

Di Pulau Lengkuas, wisatawan dapat mengeksplorasi mercusuar yang dibangun pada tahun 1882.

Mercusuar setinggi 67 meter ini adalah salah satu mercusuar tertua dan terbesar di Indonesia. Dari puncak mercusuar, pengunjung dapat menikmati panorama indah ke segala arah pulau.

Tak hanya itu saja, pulau yang terletak di KEK atau Kawasan Ekonomi Khusus pariwisata Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini juga menawarkan pengalaman sensasi berenang bersama ratusan ikan.

Pengalaman berenang bersama aneka ragam jenis ikan berwarna

Di kawasan KEK pariwisata Tanjung Kelayang, ikan-ikan hias bermacam-macam jenis telah terbiasa dengan kehadiran pengunjung.

Saat melihat perahu motor berhenti, ratusan ikan berwarna-warni akan mendekat dengan cepat.

Ikan-ikan ini juga sudah terbiasa diberi makan oleh pengunjung, dan sepotong roti yang dilemparkan akan langsung dikejar-kejar oleh gerombolan ikan yang jumlahnya mengagumkan.

Jika ingin merasakan sensasi berenang bersama ikan, pengunjung dapat langsung melompat ke laut, dengan syarat mengenakan jaket pelampung terlebih dahulu.

Selain itu, tersedia juga peralatan snorkeling yang bisa disewa dari penyedia jasa pariwisata sehingga petualangan di Laut Belitung semakin menyenangkan.

Ikan-ikan akan mendekat dan berenang bersama di spot mandi ikan, sebuah tempat wisata langka yang menawarkan hutan terumbu karang yang masih terjaga keasliannya.

Ini disebabkan oleh kedalaman yang dangkal, mencapai dua hingga tiga meter saja. Terdapat laporan bahwa rombongan Penanggungjawab Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pasaribu tertarik dengan tempat ini selama kunjungan kerja di Belitung.

Perjalanan menjadi lebih menyenangkan dengan kondisi cuaca yang bersahabat, seperti cuaca cerah, lautan yang tenang, serta air yang jernih.

Pemandangan air laut yang jernih dan tenang membuat Pj Gubernur Suganda terkesan sehingga ia memutuskan untuk mencoba alat snorkeling-nya.

Wisata lain yang ada di Pulau Lengkuas dan Pulau Kepayang

Di Pulau Lengkuas, selain keindahan pantai dan mercusuar yang terkenal, juga terdapat gua yang dapat dijelajahi.

Gua tersebut dulunya digunakan sebagai tempat berlindung dan penyimpanan makanan oleh para perajin timah pada masa penjajahan Belanda.

Selain itu, di dalam gua terdapat sumber air tawar yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan minum.

Sementara itu, di Pulau Kepayang terdapat situs sejarah yaitu makam seorang raja dari Kerajaan Belitung pada zaman dulu.

Di dekat makam tersebut ada batu besar yang diyakini sebagai bukti peradaban kuno pulau tersebut.

Untuk mencapai Pulau Kepayang, pengunjung bisa menyewa kapal nelayan atau perahu motor dari Pantai Tanjung Kelayang dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Di samping Pulau Lengkuas dan Pulau Kepayang, Tanjung Kelayang juga memiliki tempat wisata menarik lainnya.

Salah satu contohnya adalah Batu Garuda yang terletak di tengah laut. Batu Garuda adalah formasi batu granit yang menyerupai burung garuda dengan sayap terbuka dalam posisi terbang.

Agar bisa sampai ke Batu Garuda, pengunjung perlu menyewa perahu dan melakukan perjalanan selama sekitar 20-30 menit dari Pantai Tanjung Kelayang.

Selama perjalanan menuju Batu Garuda, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah laut serta pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Selain itu, Tanjung Kelayang juga terkenal dengan hidangan seafood lezatnya. Di sepanjang Pantai Tanjung Kelayang terdapat banyak warung makan yang menyajikan berbagai macam hidangan seafood segar.

Salah satu hidangan khas yang harus dicoba adalah nasi goreng seafood yang memiliki rasa yang unik dan lezat.

Bagi pengunjung yang ingin menginap, ada beberapa resor dan hotel yang terletak di sekitar Pantai Tanjung Kelayang.

Harga akomodasi di kawasan ini bervariasi tergantung pada jenis dan fasilitas yang disediakan.

Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang merupakan salah satu strategi pemerintah dalam mengembangkan pariwisata di Kepulauan Bangka Belitung.

Dengan keindahan alam dan sejarah yang unik, diharapkan Tanjung Kelayang dapat menjadi destinasi wisata yang diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Penulis – Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini