Mengatasi Sakit Punggung Bawah: Penyebab dan Strategi Penanganannya

Mengatasi Sakit Punggung Bawah: Penyebab dan Strategi Penanganannya
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Biasanya, rasa sakit pada bagian bawah punggung disebabkan oleh cedera pada otot atau tendon.

Namun, selain cedera pada otot atau tendon, nyeri pada bagian bawah punggung juga dapat timbul akibat masalah pada tulang belakang, seperti stenosis spinal, herniasi diskus, atau skoliosis.

Beberapa kondisi medis, seperti osteoporosis atau peradangan sendi, juga bisa menjadi pemicu sakit pada bagian bawah punggung.

Adapun, risiko sakit punggung dapat meningkat akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok atau terlalu sering duduk dalam posisi yang tidak benar.

Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi akar penyebab sakit punggung dan mengambil langkah yang tepat untuk mengobatinya, baik melalui pengobatan medis ataupun dengan mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat.

Dalam hal ini, perlu diketahui penyebab sakit punggung bagian bawah dan cara efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Faktor yang menyebabkan sakit punggung bawah

Menurut informasi yang dikutip dari Cleveland Clinic, terdapat sejumlah kondisi yang dapat menjadi penyebab sakit punggung bagian bawah, termasuk:

  • Menderita cedera pada otot, tendon, atau ligamen akibat mengangkat beban yang terlalu berat atau melakukan gerakan membungkuk yang berlebihan
  • Menderita retak pada tulang belakang, baik disebabkan oleh kecelakaan atau kondisi medis seperti osteoporosis
  • Menderita gangguan pada diskus intervertebralis atau cakram yang menyebabkannya menonjol dari tulang belakang dan menekan saraf
  • Menderita stenosis spinal yang terjadi karena penyempitan ruang di tulang belakang, yang dapat menyebabkan nyeri, kaku, dan kesulitan dalam pergerakan
  • Adanya peradangan pada sendi atau arthritis dapat mengakibatkan nyeri, inflamasi, dan kaku pada tulang belakang
  • Mengalami gangguan kesehatan tertentu, seperti tumor tulang belakang, infeksi, atau beberapa jenis kanker yang dapat menjadi pemicu rasa sakit atau nyeri
  • Penderita Spondylolisthesis, kondisi di mana vertebra pada tulang belakang tidak berada pada posisi yang seharusnya, juga dapat menyebabkan sakit pada punggung bagian bawah dan bahkan menjalar ke area kaki.

Kondisi-kondisi di atas dapat menyebabkan rasa sakit pada punggung bagian bawah, mulai dari yang ringan hingga yang parah.

Selain itu, beberapa aktivitas seperti membungkuk, berdiri, atau berjalan, bisa sangat menyiksa karena nyeri yang dirasakan.

Strategi untuk menangani sakit punggung bawah

NHS menyatakan bahwa biasanya sakit punggung bagian bawah akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Meski demikian, terdapat beberapa metode yang dapat dicoba untuk meredakan sakit punggung bawah, yaitu sebagai berikut:

  • Tetap aktif secara fisik dan menghindari berlama-lama berbaring di tempat tidur
  • Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau naproxen sesuai dengan dosis yang direkomendasikan
  • Mengompres area yang sakit dengan kantung es atau kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan
  • Penggunaan kompres hangat dapat membantu mengurangi kekakuan atau kram otot.
  • Melakukan olahraga dan peregangan yang tepat sangat dianjurkan untuk mengatasi nyeri punggung bagian bawah, seperti yoga, berjalan, berenang,

Mengetahui penyebab sakit punggung bagian bawah menjadi sangat penting karena tidak hanya disebabkan oleh cedera semata.

Dengan mengikuti beberapa cara yang telah direkomendasikan di atas, rasa sakit dapat dikurangi.

Selain itu, menjaga kesehatan dan mencegah faktor risiko juga akan membantu mengurangi kemungkinan terkena sakit punggung bagian bawah serta mempertahankan kesehatan punggung dengan baik.

Namun, jika rasa sakit semakin parah atau tidak kunjung membaik, disarankan untuk segera mencari bantuan medis karena bisa jadi tanda dari kondisi yang lebih serius.



Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini