Manfaat dan Dampak Makan Oatmeal Setiap Hari bagi Tubuh

Manfaat dan Dampak Makan Oatmeal Setiap Hari bagi Tubuh
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Jika membicarakan tentang menu sarapan yang sehat, oatmeal seringkali dianggap sebagai salah satu pilihan utama.

Memakan oatmeal secara teratur setiap hari memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Tak hanya itu, oatmeal mudah diolah dan dapat disajikan dalam berbagai variasi yang lezat.

Selain itu, oatmeal juga dapat dimakan dengan berbagai cara seperti disajikan dalam keadaan hangat, direndam semalaman sebelumnya, dibuat menjadi bar atau muffin, serta dicampurkan ke dalam adonan waffle.

Tetapi, apakah oatmeal memang benar-benar merupakan menu sarapan yang sehat dan cocok dikonsumsi setiap hari? Dalam uraian berikut akan dijelaskan apa yang mungkin terjadi pada tubuh jika seseorang mengonsumsi oatmeal secara rutin setiap harinya.

Mampu menimbulkan rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama

Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi, yaitu karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) Amerika Serikat, serat dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Makanan yang kaya serat dapat membantu mencegah fluktuasi kadar gula darah dan mengurangi rasa lapar.

Menurut Food Data Central dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, 85 gram oatmeal yang dimasak mengandung empat gram serat, atau setara dengan 16 persen dari anjuran harian.

Proses pencernaan akan menjadi lebih baik atau lancar

Michalzyk menjelaskan bahwa oatmeal mengandung beta-glukan, yaitu satu jenis serat larut khusus yang dapat membantu memadatkan tinja dan mempermudah proses buang air besar.

Selain itu, mengombinasikan oatmeal dengan sumber serat tidak larut seperti potongan apel, blackberry, atau kacang-kacangan juga dapat membantu memperlancar pencernaan dan memudahkan buang air besar.

Membuat penurunan risiko terkena penyakit jantung

Menikmati oatmeal sebagai sarapan di pagi hari bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung.

Sebab, oatmeal mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau "kolesterol jahat", menjaga stabilitas gula darah, serta menurunkan tekanan darah. Hal ini sangat penting dalam mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Bakteri yang terdapat di dalam usus akan tumbuh dan berkembang

Oatmeal memiliki kandungan prebiotik yang tinggi, yang bermanfaat untuk memberi nutrisi pada bakteri baik di usus.

Menjaga kesehatan bakteri usus ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki suasana hati dan pencernaan, serta mencegah timbulnya penyakit.

Menurut sebuah tinjauan sistematis yang dipublikasikan pada tahun 2021 di jurnal Journal of Nutrition, terdapat hubungan antara konsumsi oatmeal dengan peningkatan kelompok bakteri baik di usus.

Sehingga oatmeal dianggap sebagai makanan yang baik untuk usus dan kesehatan jantung. Selain itu, oatmeal juga dapat membantu menjaga berat badan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Foods tahun 2021 menunjukkan bahwa oatmeal dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh.

Ulasan tersebut menyebutkan bahwa beta-glucan memiliki efek positif dalam menangani hiperglikemia, mengurangi kadar lipid darah, serta membantu mengurangi berat badan.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi oatmeal sebaiknya tidak berlebihan karena dapat mengganggu penyerapan mineral tertentu oleh tubuh.

Sebaiknya, konsumsi oatmeal dengan jumlah yang cukup dan padukan dengan makanan lain yang seimbang agar asupan nutrisi tetap terpenuhi.

Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin hidup sehat dan menjaga kesehatan jantung serta sistem pencernaan secara alami, dapat mencoba untuk mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan.

 


Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini