Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menghadapi Kulit Berjerawat

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menghadapi Kulit Berjerawat
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Jerawat adalah masalah yang menjengkelkan dan dapat membuat penampilan terlihat tidak menarik. Akibatnya, kepercayaan diri dapat menurun.

Inilah yang mendorong banyak orang untuk obsesif mencari cara cepat menghilangkan jerawat, bahkan mencoba berbagai tips yang belum terbukti kebenarannya di media sosial.

Jerawat merupakan masalah yang mengganggu dan dapat merusak penampilan. Dampaknya, kepercayaan diri dapat terpengaruh.

Kondisi ini mendorong banyak orang untuk menjadi obsesif dalam mencari cara cepat menghilangkan jerawat, bahkan mencoba berbagai tips yang belum terbukti kebenarannya di media sosial.

Penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki jenis kulit yang berbeda, sehingga apa yang berhasil bagi satu orang belum tentu berlaku untuk orang lain.

Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau profesional kesehatan yang mampu memberikan penanganan yang sesuai dan spesifik sesuai dengan kondisi kulit individu.

Namun, jika kita mencoba membasmi jerawat dengan cara yang belum terbukti efektivitasnya, bisa saja kondisi kulit kita justru semakin memburuk.

Karena itulah, penting untuk kita mengetahui hal apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan saat kulit sedang berjerawat.

Pertama, sebaiknya tidak mengoleskan pasta gigi ke jerawat. Meskipun pasta gigi modern mengandung beberapa bahan seperti alkohol atau baking soda yang dapat membantu mengeringkan jerawat.

Produk ini juga mengandung bahan-bahan yang seharusnya tidak diaplikasikan pada wajah. Dokter kulit dari Cleveland Clinic, Dr. Shilpi Khetarpal, mengingatkan bahwa penggunaan pasta gigi untuk mengobati jerawat berpotensi mengiritasi kulit.

Kedua, tidak disarankan mengaplikasikan aspirin bubuk ke jerawat. Beberapa orang mungkin percaya bahwa menghancurkan aspirin, mencampurnya dengan sedikit air, dan menepuk-nepukkannya ke jerawat adalah solusi yang tepat.

Memang, bahan aktif dalam aspirin, yaitu asam asetilsalisilat, mirip dengan asam salisilat yang umum digunakan dalam obat jerawat.

Tetapi, menurut pedoman dari pengobatan jerawat yang diterbitkan di Journal of American Academy of Dermatology, bukti klinis menunjukkan bahwa kandungan asam asetilsalisilat terbukti mampu untuk mengobati jerawat belum meradang.

Dr. Khetarpal mengatakan bahwa banyak dokter kulit menemukan bahwa aspirin hanya mengeringkan kulit tanpa memberikan banyak manfaat.

Kemudian, hindari menggunakan astringen yang keras seperti alkohol atau witch hazel. Meskipun terlihat menarik untuk mengatasi jerawat, mengeringkan kulit dengan astringen tersebut sebenarnya tidak disarankan.

Produk-produk ini hanya akan membuat kulit semakin teriritasi, yang pada akhirnya akan memperburuk jerawat. Sebaiknya, pilihlah toner yang memiliki efek menenangkan.

Selanjutnya, sebaiknya kita menghindari penggunaan "obat rumahan" tertentu. Mengobati jerawat dengan pasta gigi bukanlah satu-satunya tips buruk yang dapat ditemukan di internet.

Beberapa bahan seperti cuka sari apel, hidrogen peroksida, jus lemon, pembersih kaca, spiritus, dan madu seharusnya tidak diaplikasikan pada wajah.

Meskipun banyak yang menyarankan penggunaannya di internet, Dr. Khetarpal menyarankan untuk tidak mencoba tren tersebut.

Manipulasi jerawat dengan bahan-bahan ini dapat menyebabkan peradangan yang lebih parah dan meningkatkan risiko jaringan parut.

Selain itu, tangan yang kotor juga dapat memperburuk kondisi jerawat dengan memasukkan lebih banyak bakteri.

Dr. Khetarpal menekankan bahwa sebaiknya kita membiarkan jerawat sembuh dengan sendirinya setelah mengobatinya dengan benzoil peroksida.

Memakai makeup untuk menutupinya bukanlah masalah, tetapi harus dihindari memukul, mengorek, atau memencet jerawat.

Dalam kesimpulannya, penting untuk tidak mengandalkan tips yang belum terbukti kebenarannya dan menggunakan produk atau metode yang telah teruji efektif dalam mengobati jerawat.

Konsultasikanlah dengan dokter kulit atau profesional kesehatan yang dapat memberikan saran yang tepat untuk perawatan kulit berjerawat.



Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini