Kenali Tanda-tanda Gangguan Kesehatan Mental yang Penting untuk Diketahui

Kenali Tanda-tanda Gangguan Kesehatan Mental yang Penting untuk Diketahui
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Banyak dari kita yang cenderung mengasosiasikan orang yang marah tanpa alasan dengan gangguan mental.

Namun, penting untuk diingat bahwa gangguan mental tidak selalu termanifestasi dalam bentuk kemarahan yang berlebihan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai gangguan kesehatan mental, perlu dipahami terlebih dahulu arti dari kondisi tersebut.

Melansir dari Mayo Clinic, gangguan kesehatan pada mental menunjukkan pada kondisi yang erpengaruh bagi suasana hati, pemikiran, dan juga  perilaku seseorang.

Salah satu contoh gangguan kesehatan mental termasuk gangguan kecemasan, depresi, gangguan makan, perilaku adiktif, dan skizofrenia.

Walaupun banyak orang mengalami masalah kesehatan mental dari waktu ke waktu, namun kondisi tersebut dapat dikategorikan sebagai penyakit.

Ketika gejala yang terjadi berkelanjutan dan sering menyebabkan stres yang memengaruhi kemampuan kita untuk berfungsi secara optimal sebagai manusia.

Tanda-tanda Gangguan Kesehatan Mental

Gangguan kesehatan mental dapat mempengaruhi kesejahteraan dan kualitas hidup seseorang dengan serius.

Tanda-tandanya dapat bervariasi tergantung pada jenis gangguan yang dialami. Jika tidak segera ditangani, gangguan kesehatan mental dapat berdampak fatal, salah satunya adalah meningkatnya risiko bunuh diri.

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental umumnya menunjukkan gejala tertentu. Berikut ini adalah tanda-tanda dari gangguan kesehatan mental yang perlu untuk diwaspadai, antara lain:

Merasakan perasaan cemas atau kekhawatiran

Kita semua pasti merasakan rasa khawatir atau stres pada beberapa waktu. Namun, bila perasaan cemas tersebut terjadi secara berulang dan mengganggu aktivitas sehari-hari, maka itu bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan mental.

Kondisi kecemasan yang cukup parah biasanya disertai dengan gejala seperti peningkatan detak jantung, sakit kepala, sesak napas, berkeringat, pusing, gemetar, diare, dan pikiran yang terus berpacu.

Hal ini dapat membatasi kemampuan seseorang untuk menjalani hidupnya sehari-hari dan bahkan menyebabkan masalah dalam hubungan sosial maupun pekerjaannya serta kesehatan fisik.

Selain itu hal tersebut juga dapat memicu munculnya gangguan kecemasan yang lebih serius seperti gangguan panik,fobia,dll jika tidak ditangani dengan baik.

Merasakan perasaan tertekan atau tidak merasa bahagia

Jika seseorang merasakan perasaan senang atau sedih secara terus-menerus, bisa jadi itu adalah tanda dari depresi.

Depresi merupakan gangguan mental yang sangat serius karena bisa mempengaruhi pikiran, perasaan dan perilaku seseorang.

Sebagian besar penderita biasanya merasa tidak berdaya ataupun tidak memiliki nilai sehingga sulit untuk merasakan kebahagiaan dalam hidupnya.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengenali gejala-gejala dari depresi agar bisa mencari bantuan profesional jika dibutuhkan guna mendapatkan pengobatan yang tepat dan membantu pemulihan kesehatan mental kita.

Perubahan suasana hati  yang ekstrem

Banyak gangguan psikologis dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrem. Contohnya adalah depresi, bipolar, dan gangguan kecemasan.

Perubahan ini sering kali disertai dengan perubahan perilaku, seperti menghindari interaksi sosial atau meningkatnya penggunaan alkohol dan obat terlarang.

Selain itu, faktor lingkungan seperti stres atau trauma juga dapat memengaruhi suasana hati seseorang.

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, sehingga jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami perubahan suasana hati yang mencolok, sebaiknya segera mencari bantuan dari profesional kesehatan mental.

Nah itu lah beberapa tanda-tanda gangguan kesehatan mental yang perlu untuk diwaspadai. Psikolog atau psikiater dapat membantu Anda dalam mengevaluasi gejala dan meresepkan pengobatan atau terapi yang tepat.

Jangan ragu untuk mencari bantuan jika Anda mengalami gejala yang mengganggu kehidupan sehari-hari.

Mengabaikan gejala-gejala tersebut hanya akan memperburuk kondisi dan memperpanjang proses pemulihan.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa orang dengan gangguan kesehatan mental dapat sembuh sepenuhnya dengan perawatan yang tepat.

Jangan biarkan stigma atau rasa malu menghalangi Anda untuk mencari bantuan yang Anda butuhkan.



Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini