Indahnya Gorontalo: 6 Tempat Wisata Incaran Wisatawan

Indahnya Gorontalo: 6 Tempat Wisata Incaran Wisatawan
Gambar. ekuatorial.com
HIRANKA.COM - Gorontalo adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian utara Pulau Sulawesi. Letaknya berada di antara Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Sulawesi Tengah. Gorontalo sendiri pada awalnya merupakan bagian dari Sulawesi Utara, namun sejak tanggal 22 Desember 2000, Gorontalo disahkan sebagai provinsi baru dengan pemerintahan daerah terpisah.

Dengan lokasi geografis yang berada di tengah Sulawesi, Gorontalo dianugerahi oleh keanekaragaman alam dan budaya. Meskipun begitu, Gorontalo masih kurang begitu dikenal oleh wisatawan lokal apalagi internasional. Tempat-tempat wisata yang indah dan masih relatif murni di Gorontalo tentu dapat menjadi salah satu pilihan destinasi liburan kalian.

Langsung saja, ini beberapa destinasi wisata yang menakjubkan di Gorontalo yang sudah kami rangkumkan untuk kamu:

1. Benteng Otanaha

Terletak di Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, bangunan berupa peninggalan benteng ini tampak kokoh di atas sebuah bukit. Benteng Otanaha ini merupakan salah satu bangunan benteng tertua yang ditemukan di Indonesia, dan adalah jejak peninggalan dari kolonialisme Portugis di masa lampau.

Sebenarnya, Otanaha bukan satu-satunya benteng yang ada di wilayah ini, dua benteng lain adalah Otahiya dan Ulupahu, yang berjarak cukup dekat satu sama lain.

Otanaha adalah benteng yang tertua di antara komplek benteng-benteng itu. Benteng ini dibangun pada tahun 1522. Otanaha sendiri berasal dari kata ota yang berarti benteng, juga naha yang merupakan nama dari anak Raja Ilato yang menguasai Kerajaan Limboto.

2. Pulo Cinta

Sering dianggap sebagai Maladewa-nya Indonesia, Pulo Cinta adalah sebuah destinasi wisata berupa pulau pasir kecil dengan bentuk ‘love’ atau ‘cinta’ yang sangat khas serta dikelilingi oleh penginapan-penginapan di sekitarnya.

Pulo Cinta ini terletak di Teluk Tomini, Kabupaten Boalemo. Lokasinya yang eksklusif serta penginapan-penginapan yang unik dan romantis membuat tempat ini menjadi spot yang cocok terutama untuk menghabiskan masa bulan madu.

Kamu dapat menikmati indahnya laut, pantai serta keanekaragaman biota bawah laut dengan kegiatan snorkeling.

3. Pulau Saronde

Berukuran lebih besar dari Pulo Cinta, Pulau Saronde juga adalah salah satu pulau eksotis yang menawan di Gorontalo.

Pulau yang berlokasi di Moluo, Kwandang, Kabupaten Gorontalo ini dianugerahi dengan keindahan pantai, laut serta rumah-rumah sederhana yang terbuat dari bambu.

Kesan tenang dan segar akan membuatmu betah berwisata di Pulau Saronde ini.

4. Desa Bubohu

Jika kamu ingin mengenal lebih dalam budaya lokal masyarakat Gorontalo, kamu dapat mengunjungi Desa Adat Bubohu.

Terletak di Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Desa Adat Bubohu merupakan desa wisata yang menawarkan wisata religi serta budaya sekaligus. Selain kemurnian budaya dan sejarah Gorontalo yang tersimpan baik di desa ini, kamu dapat melihat pesantren alam yang menjadi tempat para santri menimba ilmu agama Islam.

Untuk menuju desa ini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 40 kilometer dari Bandara Jalaludin di Gorontalo.

5. Danau Limboto

Danau ini adalah danau terbesar di Gorontalo, serta menjadi muara dari 23 sungai yang mengalir di daerah ini.

Dengan kedalaman sekitar 5-8 meter, danau ini memiliki keindahan yang luar biasa terutama jika kamu mengunjunginya di sore hari. Selain pemandangan yang indah, kamu juga dapat melihat burung-burung serta berbagai jenis ikan di danau ini, berkat terhubungnya danau ini dengan laut.

6. Pantai Tenilo

Terletak di Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo, pantai ini disebut memiliki keistimewaan yang mirip dengan pantai-pantai yang ada di Bali.

Dengan pasir putih yang halus serta perairan yang relatif dangkal, kamu dapat menikmati berenang atau bermain air di tempat ini, atau sekedar menikmati pemandangan yang ditawarkan Pantai Tenilo.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini