Cara Atasi Hidung Tersumbat: Penyakit Sejuta Umat

Cara Atasi Hidung Tersumbat: Penyakit Sejuta Umat
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Hidung tersumbat merupakan salah satu penyakit ringan yang umum dijumpai di berbagai kalangan usia. 

Kondisi tersumbatnya hidung ini terjadi saat aliran udara pada saluran pernapasan di hidung kita terhambat disebabkan oleh iritasi yang terjadi pada saluran tersebut.

Penyakit hidung tersumbat ini memang ringan. Akan tetapi, hal ini umumnya dapat menyebabkan rasa tidak nyaman yang berlebih, hingga susah tidur dan hilangnya nafsu makan.

Hidung tersumbat ini juga menjadi masalah jika kita akan menghadapi momen-momen penting. Seperti wawancara kerja, penampilan di atas panggung dan lain sebagainya. Sebab selain menyebabkan ketidaknyamanan, hidung tersumbat juga dapat membuat kepercayaan diri berkurang.

Selain itu, hidung tersumbat bisa jadi merupakan gejala dari penyakit-penyakit lain seperti flu hingga sinuitis. Rhinitis alergi juga merupakan salah satu penyakit yang memiliki gejala hidung tersumbat ini.

Tapi jangan khawatir, berikut cara-cara mudah untuk mengatasi hidung tersumbat yang kami rangkum untukmu.

1. Banyak minum air putih

Air putih yang diminum dengan porsi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan akan dapat membantu proses encernya lendir yang membuat hidung kita tersumbat. Hal ini kemudian membantu kita agar lebih mudah mengeluarkan lendir tersebut dan mengatasi hidung tersumbat. Minum air putih secara rutin dan cukup juga membuatmu lebih sehat dan mencegah datangnya gangguan kesehatan lainnya.

2. Gunakan alat pelembap udara (humidifier)

Jika ruangan di kantor atau rumahmu menggunakan penyejuk udara, maka sangat disarankan untuk menggunakan pelembap udara atau humidifier. Dengan alat ini, kadar kelembapan udara akan terjaga dan membuat debu menjadi lebih susah untuk menyebar di udara, sehingga membuat pernapasanmu menjadi lebih lega dan nyaman.

3. Gunakan air garam

Air garam dapat kamu gunakan untuk mencuci hidung. Dengan air garam, selain melarutkan lendir yang menyumbat hidung, kamu juga dapat membersihkan partikel atau zat berbahaya serta debu yang ada di dalamnya.

Kamu cukup menuangkan 1 sdt. garam serta sedikit soda kua (sejumput saja) pada500 ml air hangat kuku. Biarkan hingga larut. Setelah itu tuangkan larutan tersebut pada botol khusus yang tersedia di apotek.

Lalu semprotkan cairan tersebut ke salah satu lubang hidung dalam posisi kepala miring, sampai cairan itu keluar lagi dari lubang hidung lainnya. Kamu disarankan untuk melakukan cuci hidung ini 3-4 kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang kebih maksimal.

4. Menghirup uap air

Uap air hangat dapat membantu mengatasi hidung yang tersumbat. Letakkan wadah yang diisi air hangat di depan wajahmu, lalu hiruplah uapnya.

Perhatikan suhu air, jangan sampai suhu air terlalu panas sehingga dapat membuat wajahmu luka atau iritasi. Selain itu kamu bisa mandi dengan air hangat atau menghirup uap ini dengan menggunakan lap atau handuk yang dicelupkan ke air hangat.

5. Perbaiki posisi tidur

Saat kesulitan tidur akibat hidung tersumbat, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah meletakkan kepala di posisi yang lebih tinggi. Kamu bisa menggunakan bantal dengan dilipat atau menumpuk 2-3 bantal untuk mendapatkan posisi yang nyaman. Hal ini dapat membuat pernapasanmu lebih lega dan tidurmu lebih nyenyak.

6. Minum obat

Tentu cara lain yang perlu dicoba jika hidung tersumbat tidak kunjung usai adalah dengan minum obat tertentu yang disarankan. Obat-obat dengan jenis antihistamin atau dekostengan berbentuk pil serta semprotan hidung cocok untuk mengatasi gangguan ini.

Jika ternyata gangguan ini masih belum dapat diatasi dengan obat, periksakanlah dirimu ke dokter sebab mungkin saja gangguan hidung tersumbat yang kamu alami adalah gejala dari penyakit lainnya.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini