Bukan Istanbul atau Kapadokia, Ini 4 Kota Lain di Turki yang Menakjubkan

Bukan Istanbul atau Kapadokia, Ini 4 Kota Lain di Turki yang Menakjubkan
Gambar. liputan6.com
HIRANKA.COM - Negara Turki yang terletak di perbatasan antara benua Asia dan Eropa memang menjadi rumah bagi banyak keindahan yang menakjubkan. Berbagai keindahan alam maupun budaya yang dimiliki oleh negara yang ditinggali oleh hampir 90 juta orang itu memang sudah cukup tersohor di kalangan wisatawan.

Turki yang memiliki wilayah yang berada di dua benua itu secara geografis terbagi menjadi 7 wilayah dengan karakteristik alam dan budaya yang khas. Wilayah-wilayah itu adalah daerah Marmara (Selat Marmara), daerah Karadeniz (Laut Hitam), daerah Ege (Laut Aegea), daerah Akdeniz (Laut Mediterania), daerah Anatolia Tengah, daerah Anatolia Timur serta daerah Anatolia Tenggara.

Meskipun begitu, kebanyakan orang hanya menganggap bahwa keindahan Turki hanya terkumpul di kota Istanbul dan Kapadokia. Padahal banyak sekali kota-kota lain di Turki yang juga siap memanjakan para wisatawan dan membuat mereka betah tak mau pulang.

Berikut ini beberapa kota lain yang kami sarankan untuk kamu kunjungi jika berkunjung di Turki:

1. Bursa

Kota Bursa yang berada di kawasan Marmara ini adalah salah satu kota di Turki dengan sejarah yang cukup panjang. Bursa bahkan tercatat pernah menjadi ibukota dari Kesultanan Usmaniyah pada masa masa awalnya.

Kota Bursa digelari dengan nama ‘Yesil Bursa’ yang berarti ‘Bursa yang hijau. Ini wajar sebab hutan yang rimbun di daerah ini sangat menawan.

Dalam hal sejarah, di kota ini terdapat kawasan Tophane yang terdiri dari komplek makam dari Sultan Osman (pendiri Kesultanan Utsmaniyah) serta penerusnya, Sultan Orhan. Di kawasan yang sama juga anda dapat menemukan Menara Jam yang dibangun sebagai hadiah untuk Sultan Abdul Hamid II. Selain itu kamu juga dapat mengunjungi Ulucami (Masjid Besar) yang dibangun sejak abad ke-15.

Untuk kamu yang ingin bermain salju, wajib untuk berkunjung ke Uludag (Gunung Besar). Dengan menaiki kereta gantung sekitar 30 menit, kamu dapat menikmati salju bahkan bermain ski di areal gunung.

2. Antalya

Beranjak ke wilayah Mediterania, kamu dapat mengunjungi kota Antalya. Antalya adalah kota terbesar ke-9 yang dimiliki di negara ini.

Antalya sudah sangat terkenal di kalangan turis Eropa. Kota ini memiliki berbagai keindahan alam, budaya dan sejarah yang bermacam rupa.

Kamu dapat mengunjungi wilayah Alanya untuk menikmati hamparan kota khas Mediterania. Untuk menikmati puing-puing peninggalan Romawi, kamu bisa berkunjung ke Side.

Di daerah Kalkan dan Kemer, kamu akan dimanjakan dengan hamparan pantai-pantai berpasir putih dan laut biru sepanjang mata memandang.

3. Konya

Konya adalah kota yang menyaksikan kehidupan dari seorang ulama sufi nan terkenal, Maulana Jalaludin Rumi. Selain itu, Konya dahulu merupakan ibukota dari Kesultanan Seljuk, sehingga memiliki berbagai macam jejak peninggalan sejarah yang menakjubkan.

Disini kamu bisa mengunjungi Masjid Alaeddin yang dulu merupakan istana Sultan Seljuk, serta Masjid Aziziye yang dibangun pada abad ke 17. Dan tentu yang wajib menjadi prioritas adalah Museum Mevlana yang menyimpan makam Jalaludin Rumi dan hingga kini ramai dikunjungi peziarah.

Tempat lainnya adalah Menara Seljuk, reruntuhan kuno Kilistra dan Kebun Kupu-Kupu Konya.

4. Pamukkale

Pamukkale adalah sebuah kota kecil yang masuk dalam wilayah Provinsi Denizli. Meskipun begitu, Pamukkale menyimpan banyak sekali keindahan khas yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Kamu disarankan untuk mengunjungi Travertines yang merupakan endapan kalsium air panas yang membentuk semacam benteng kapas, reruntuhan kota Hierapolis yang didirikan pada abad 1 SM, kolam antik yang berada di kawasan Kuil Apollo, serta Istana Kapas yang menjadi asal nama dari kota kecil ini.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini