Andorra: Negeri Kerajaan di Atas Awan

Andorra: Negeri Kerajaan di Atas Awan
Gambar. globaltravelescapades.com
HIRANKA.COM - Jika berbicara tentang negara yang memiliki pemandangan alam yang menakjubkan khas Eropa, kemungkinan besar yang terlintas di pikiran kita adalah negara-negara seperti Swis atau pedesaan Perancis. 

Namun kali ini kami akan mengenalkan kepadamu sebuah negara kecil di Eropa yang juga terkenal dengan keindahannya hingga dijuluki negeri di atas awan.

Siapa sangka tepat di tengah-tengah daratan yang menjadi perbatasan antara Perancis dan Spanyol, terdapat sebuah negara kerajaan kecil bernama Andorra. Andorra yang berlokasi di tengah-tengah pegunungan Pyrenees ini lebih tepat disebut sebagai negara mungil. 

Selain karena luas wilayahnya yang kecil, negara ini pun hanya ditinggali oleh sekitar 85 ribu jiwa, bandingkan dengan kota kecil yang menjadi ibukota Kabupaten Lombok Tengah di  Provinsi Nusa Tenggara Barat, Praya yang memiliki jumlah penduduk 125 ribu jiwa misalnya.

Negara Kecil Penuh Sejarah

Meskipun tercatat sebagai negara dengan luas wilayah terkecil ke-16 di dunia, Andorra ternyata memiliki sejarah yang cukup tua. Negara ini disebut terbentuk pada masa pemerintahan anak dari Kaisar Romawi Suci yang terkenal, Charlemagne, yang bernama Louis I. Louis I pada tahun 803 memberikan piagam kemerdekaan kepada penduduk wilayah ini. Sebelum itu, wilayah Andorra juga tercatat pernah dikuasai oleh pasukan Muslim Andalusia sebelum direbut oleh Charlemagne.

Setelah dibebaskan oleh Charlemagne dan dimerdekakan oleh putranya, Andorra lalu diperintah oleh comte Urgel dan uskup Urgel. Andorrra kemudian menjadi negara yang bersistem kerajaan. Pemimpin negara kerajaan ini disebut sebagai pangeran. 

Yang unik dari sistem pemerintahan negara ini adalah, Presiden Prancis dan uskup Urgel bersama-sama menjabat sebagai pangeran. Pangeran memiliki kewenangan sebagai kepala negara, adapun pelaksana tugas kepala pemerintahan adalah Perdana Menteri. Sistem ini telah bertahan selama kurang lebih 700 tahun.

Andorra: Negara Tanpa Militer dan Bandara

Kamu tidak salah baca, guys! Negara kecil ini adalah negara yang cinta perdamaian, bahkan tidak memiliki tentara atau militer. Adapun jika kamu melihat tentara yang berbendera Andorra, mereka hanya memiliki fungsi seremonial saja dan tidak memiliki fungsi pertahanan atau militer selayaknya tentara nasional di negara lain.

Meskipun begitu, bukan berarti negara ini tidak memiliki sistem pertahanan sama sekali. Sebab pertahanan Andorra merupakan tanggung jawab dari Spanyol dan Perancis. Bahkan jika suatu ketika terjadi keadaan darurat, pemerintah Andorra dapat menerapkan peraturan wajib militer bagi warga negara mereka yang memenuhi syarat.

Tidak adanya pasukan militer ini bukan berarti hal yang negatif. Hal ini disebabkan Andorra memilih untuk terus bersifat netral selama konflik-konflik besar yang terjadi sepanjang sejarah. Sejarah bahkan menyebut bahwa di negara ini sudah hampir selama seribu tahun tidak ditemukan konflik militer.

Selain itu, negara ini juga tidak memiliki bandara atau kereta api. Jika kalian ingin berkunjung ke Andorra melalui jalur udara, kalian harus melalui bandara kecil yang berada di kota Urgel di wilayah Spanyol sebelum melanjutkan perjalanan darat.

Negeri di Atas Awan

Meski memiliki wilayah kecil, namun pariwisata negeri ini sangatlah maju. Pariwisata bahkan menjadi unggulan negeri ini dan menjadi sumber pendapatan utama negara.

Dengan lokasinya yang berada di tengah-tengah Pegunungan Pyrenees, kamu akan disuguhi dengan pemandangan khas pegunungan yang menakjubkan. 

Di sini juga terdapat berbagai bangunan bersejarah dengan arsitektur yang menarik, seperti Geraja San Esteve, Gereja Sant Joan de Caselles, hingga bangunan gedung parlemen, Casa de la Vall.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini