6 Tempat Wisata di Sulawesi Tengah yang Patut Dikunjungi

6 Tempat Wisata di Sulawesi Tengah yang Patut Dikunjungi
Gambar. moneyinsight-news.com
HIRANKA.COM - Provinsi Sulawesi Tengah, sesuai dengan namanya merupakan salah satu provinsi yang berlokasi di tengah Pulau Sulawesi, lokasinya wilayahnya tepat secara geografis menengahi provinsi lainnya di pulau tersebut seperti Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Gorontalo.

Sulawesi Tengah yang beribukota di Palu ini juga adalah provinsi dengan luas wilayah terluas di pulau tersebut. Dengan wilayah yang cukup luas itu, daerah ini tentu menyimpan banyak sekali keindahan alam dan budaya yang menjadi daya tarik tersendiri, terutama dari pelancong yang berkunjung.

Jika kamu berniat untuk berlibur ke Sulawesi Tengah, berikut ini beberapa opsi tempat wisata yang tidak boleh kamu lewatkan:

1. Pantai Talise

Dapat dikatakan sebagai destinasi wisata yang paling populer bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Hal ini tentu didukung dengan lokasi Pantai Talise yang terbilang cukup dekat dengan pusat Kota Palu. Pantai ini memiliki pasir putih yang memukau sejauh mata memandang, dengan ombak yang relatif tenang sehingga sangat cocok untuk berenang.

Pantai yang berlokasi di Teluk Palu berlokasi di Mantikulore, sekitar 6,9 km dari pusat Kota Palu.

2. Danau Poso

Sebagai salah satu danau terbesar yang ada di Indonesia, Danau Poso merupakan mutiara lain yang dimiliki oleh Sulawesi Tengah.

Danau ini berlokasi di Kabupaten Poso dan berada di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut.

Untuk mengunjungi danau indah ini, melalui Bandar Udara Kasiguncu yang ada di Kabupaten Poso kamu harus menempuh sekitar 50 kilometer menggunakan jalan darat.

Danau yang memiliki pemandangan unik dengan bukit-bukit hijau yang mengelilinginya ini juga merupakan salah satu danau terdalam di Indonesia dengan kedalaman hingga 500 meter.

3. Tugu Nosarara Nosabatutu

Bangunan monumen yang berupa bangunan berlantai tiga ini didirikaan untuk melambangkan perdamaian dan persaudaraan. Nama tugu ini sendiri diambil dari bahasa Kaili yang berarti ‘bersaudara dan bersatu’.

Monumen ini menempati lahan yang juga meliputi komplek wisata dengan total luas sekitar 800 meter persegi.

Dengan lokasinya yang cukup tinggi, kamu dapat menikmati pemandangan Kota Palu dari monumen ini. Saat matahari terbenam tentu pemandangan akan semakin indah dengan lampu yang mulai menyala di tengah remangnya senja.

4. Sou Raja

Untuk kamu yang penasaran dengan sisi sejarah Sulawesi Tengah, mengunjungi Sou Raja adalah salah satu opsi yang menarik.

Sou Raja adalah bangunan Istana Raja yang merupakan peninggalan dari masa Kerajaan Palu. Bangunan yang disebut dibangun sejak abad ke-19 ini masih merupakan bangunan asli dan tidak banyak berubah dari struktur awalnya.

Dahulu, bangunan ini merupakan tempat tinggal dari Raja beserta keluarganya. Sehingga dapat pula disebut bahwa bangunan ini dulu merupakan pusat Kerajaan Palu.

5. Taman Nasional Lore Lindu

Kawasan ini berlokasi di Watutau, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Taman Nasional Lore Lindu sendiri terdiri dari tiga kawasan: Suaka Margasatwa Sopu Gombasa, Suaka Margasatwa Lore Kalamanta serta Hutan Wisata Danau Lindu.

Selain dapat menikmati beragam satwa khas Sulawesi seperti kera hantu, musang Sulawesi hingga kuskus, kamu juga akan dibuat kagum dengan lebih dari seribu patung atau monumen batu yang berusia ribuan patung.

6. Pantai Kaluku

Pantai yang terletak di Kabupaten Donggala ini mengambil namanya dari ratusan pohon kelapa muda yang tumbuh di sekitarnya. ‘Kaluku’ dalam bahasa setempat berarti kelapa.

Dengan pasir putihnya yang halus dan ombak yang tenang, kamu dapat lebih menikmati keindahan pantai ini sebab pengunjungnya yang relatif sepi dan suasananya yang tenang.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini