5 Tempat Wisata Edukatif di Indonesia yang Cocok Dikunjungi saat Liburan Akhir Pekan

5 Tempat Wisata Edukatif di Indonesia yang Cocok Dikunjungi saat Liburan Akhir Pekan
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Bagi anda yang mempunyai anak sekolah dan mencari liburan akhir pekan yang bermanfaat, maka mengunjungi destinasi wisata pendidikan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Destinasi ini tidak hanya menarik untuk dijelajahi, tetapi juga dapat memberikan pengalaman baru kepada siswa yang sedang belajar.

Terdapat 5 destinasi wisata pendidikan terbaik di Indonesia, menurut laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Kamis tanggal 4 Mei 2023.

Museum Dewantara Kirti Griya

Di wilayah kompleks Majelis Luhur Tamansiswa tepatnya Jalan Taman Siswa Nomor 31, Daerah Istimewa Yogyakarta, para siswa juga dapat mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya. Bangunan ini dulunya merupakan kediaman dari Ki Hadjar Dewantara, yang merupakan Bapak Pendidikan Indonesia.

Pada 2 Mei 1970, Nyi Hadjar Dewantara meresmikan museum tersebut yang menyimpan lebih dari 3.000 koleksi berupa naskah, majalah, perabot rumah tangga, foto, koran, buku, serta surat-surat penting peninggalan Ki Hajar Dewantara saat masih hidup.

Tak hanya itu,  Markas Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY juga berada di Museum Dewantara Kirti Griya.

Taman Pintar Yogyakarta

Jika Anda berada di Yogyakarta atau sekitarnya, disana terdapat Taman Pintar yang ditempatkan Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Taman ini diresmikan pada tahun 2008 oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Taman Pintar Yogyakarta memiliki sejumlah panjangan edukasi yang terbagi dalam beberapa area.

 Terdapat biaya tambahan untuk menikmati wahana yang disediakan ketika pengunjung ingin menggunakan wahana itu karena tidak termasuk dalam harga tiket masuk. Beberapa wahananya Antara lain Kampung Kerajinan, Playground, dan Wahana Bahari.

Situs Manusia Purba Sangiran

Wilayah Situs Sangiran adalah Situs peninggalan manusia purba di Indonesia yang terletak di dua kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, yaitu di Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Sragen yang luasnya mencapai 59,21 kilometer persegi dan mencakup Kawasan Situs Sangiran di Jawa Tengah.

Sementara itu, Museum Sangiran yang terletak di kawasan Situs Sangiran, terbagi menjadi lima klaster yaitu Klaster Dayu, Klaster Krikilan, Klaster Ngebung, Klaster Bukuran, serta Museum Manyarejo. Pusat kunjungan atau visitor center yang memberikan informasi lengkap tentang Situs Sangiran berada di Klaster Krikilan.

Dalam Situs Sangiran, siswa dapat mempelajari banyak hal tentang manusia-manusia purba. Seperti halnya nilai-nilai yang tinggi, Situs Sangiran ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia pada tahun 1996 dengan nama The Sangiran Early Man Site.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Konsep green, smart, culture, dan inclusive telah diusung oleh Taman Mini Indonesia Indah (TMII), sebuah taman wisata yang menampilkan kebudayaan Indonesia.

Taman dengan luas 150 hektare ini terletak di Jakarta Timur serta telah diresmikan pada tanggal 20 April 1975 oleh Presiden kedua Indonesia yaitu Soeharto. Disana ada 37 anjungan daerah yang memperlihatkan bangunan adat dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Wahana rekreasi seperti  Istana Anak-anak Indonesia, Teater Keong Mas, Taman Legenda Keong Mas, serta kereta gantung juga terdapat di sana.

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor adalah tempat wisata pendidikan di pusat Kota Bogor yang telah berdiri sejak zaman Hindia Belanda.

Awalnya, Kebun Raya Bogor digunakan hanya sebagai tempat percobaan untuk menanam tanaman perkebunan. Namun, Kebun Raya Bogor berkembang menjadi pusat pengetahuan di Indonesia, terutama dalam bidang botani pada periode antara tahun 1880 hingga 1905.

Ada berbagai taman menarik yang bisa dikunjungi di Kebun Raya Bogor, seperti Taman Kopi, Taman Teijsmann, Taman Meksiko, Ecodome,Taman Akuatik,  dan lain-lainnya.

Banyak destinasi wisata pendidikan di Indonesia yang terbuka untuk dieksplorasi. Tak perlu menghabiskan banyak uang untuk menikmati destinasi wisata ini.

Ada banyak cara untuk mendapatkan kupon diskon dan tiket murah, seperti memanfaatkan promo atau membeli secara online.

Tak lupa juga menentukan hari dan jam terbaik untuk berkunjung ke destinasi tersebut agar pengalaman dapat terasa lebih maksimal dan menyenangkan.

Jangan lupa untuk berbagi pengalaman liburan Anda dengan keluarga dan teman-teman, yuk!



Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini