5 Mutiara Wisata di Provinsi Sulawesi Utara

5 Mutiara Wisata di Provinsi Sulawesi Utara
Gambar. sulut.bpk.go.id
HIRANKA.COM - Sulawesi Utara adalah provinsi yang berada di wilayah bagian utara Pulau Sulawesi. Selain itu, titik paling utara wilayah Republik Indonesia juga berada di provinsi ini, yaitu di Pulau Miangas. Sulawesi Utara juga merupakan salah satu wilayah yang menyimpan berbagai keindahan alam maupun budaya yang menakjubkan.

Provinsi yang beribukota di Manado ini tercatat ditinggali oleh lebih dari 2,5 juta jiwa pada tahun 2022 lalu. Selain itu, Sulawesi Utara juga adalah sebuah provinsi yang memiliki wilayah kepulauan yang cukuo besar dengan sekitar 287 pulau, dengan hanya 59 pulau di antaranya yang ditinggali oleh penduduk.

Jika kamu ingin berlibur di Sulawesi Utara, berikut kami tuliskan beberapa spot wisata paling menarik di provinsi yang berjulukan Daerah Nyiur Melambai ini:

1. Taman Nasional Bunaken

Area Taman Nasional Bunaken sudah menjadi pesona wisata alam bawah laut yang masyhur bahkan di dunia internasional. Bunaken menjadi tempat bagi hampir 400 spesies terumbu karang dan berbagai jenis spesies ikan.

Bunaken yang berlokasi di Manado, Sulawesi Utara ini dapat kamu capai dengan naik kapal dari pelabuhan Marina Blue Banter selama 20 menit. Untuk biasa masuk ke area Taman Nasional, kamu hanya cukup merogoh kocok sebesar Rp.5000 saja.

Disini kamu dapat menikmati berbagai macam kegiatan seperti diving, snorkeling, menonton atraksi lumba-lumba, bersantai di pantai yang indah hingga menikmati berbagai kuliner khas Sulawesi Utara dan hidangan seafood.

2. Pantai Malalayang

Kalau kamu sudah sampai di Sulawesi Utara, tapi malah rindu dengan suasana pantai khas Bali, maka kamu bisa mengunjungi wisata Pantai Malalayang yang ada di Kecamatan Malalayang, Manado.

Untuk mencapai pantai ini, kamu hanya perlu menaiki angkutan umum dari pusat kota Manado selama kurang lebih 10 menit saja. Lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota menjadi salah satu daya tarik tersendiri, sehingga kamu akan banyak menemukan warga lokal disini.

Kamu dapat menjelajahi areal pantai ini dengan ombaknya yang cukup tenang, dan juga pantainya yang unik sebab tidak memiliki pasir. Keindahan alam bawah laut Malalayang juga masih lestari dan dapat kamu eksplorasi.

3. Kota Bunga Tomohon

Tomohon adalah salah satu kota di Sulawesi Utara yang memiliki julukan ‘Kota Bunga’. Di kota ini bahkan dilaksanakan sebuah festival bunga setiap tahunnya bertajut Tomohon International Flower Festival. Acara ini biasa digelar setiap tanggal 8 Agustus.

Disini kamu juga dapat mengunjungi berbagai tempat yang menyajikan keindahan berbagai spesies dan jenis bunga. Di antaranya adalah Taman Bunga Pelangi yang berada di Gunung Lokon, Perkampungan Bunga di Kakaskasen, serta Taman Puncak Rurukan.

Salah satu yang menjadi spot favorit wisatawan adalah Taman Puncak Rurukan. Taman yang berisi barisan bunga dan tanaman beraneka macam rupa ini menawarkan pemandangan yang indah dan menawan.

4. Kawasan Boulevard Manado

Jika kamu ingin lebih menikmati suasana khas Kota Manado, kamu bisa mengunjungi Kawasan Boulevard Manado di kawasan Jalan Pierre Tendean. Kawasan ini merupakan ikon yang khas dari Manado dan Sulawesi Utara.

Di tempat ini, banyak wisatawan maupun warga sekitar yang menikmati matahari terbenam ketika sore maupun menjelajahi berbagai macam sajian kuliner di malam hari.

5. Taman Laut Tumbak

Jika kamu merasa mengunjungi Bunaken sudah terlalu biasa dan mainstream, kamu bisa singgah ke Taman Laut Tumbak yang berlokasi di Pusomaen, Minahasa Tenggara.

Disini kamu dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, memancing, snorkeling, diving dan lain sebagainya.

Yang menjadi favorit tentu saja adalah snorkeling, bahkan di kawasan Tumbak terdapat sekitar 20 spot untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang memukau mata.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini