4 Tips Untuk Membantu Anak Mengatasi Stress Menjelang UTBK, Para Orang Tua Harus Tahu!

4 Tips Untuk Membantu Anak Mengatasi Stress Menjelang UTBK, Para Orang Tua Harus Tahu!
Gambar.. freepik.com
HIRANKA.COM - Pada tanggal 8 Mei 2023, dimulai pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023. Pada pelaksanaan UTBK di tahun 2023 akan dibagi menjadi dua gelombang, dimana gelombang pertama akan dilaksanakan tanggal 8 sampai 13 Mei 2023 sedangkan gelombang kedua di tanggal 22 sampai 24 Mei 2023.

UTBK atau SNBT adalah syarat yang paling utama bagi para calon mahasiswa yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik, Politeknik atau PTN Vokasi, serta Universitas Islam Negeri.

Pada saat pelaksanaan UTBK atau SNBT, para calon mahasiswa akan mengerjakan beberapa soal yang sudah tersedia menggunakan komputer. Skor yang diperoleh calon mahasiswa akan berpengaruh pada kelulusan mereka di PTN yang sudah di pilih.

Sebelum pelaksanaan UTBK, para peserta biasanya melakukan persiapan yang maksimal, mulai dari belajar hingga persiapan mental. Namun, persiapan tersebut dapat menimbulkan stres dan kecemasan.

Menurut nhs.uk, terdapat sejumlah ciri dan gejala stres yang dapat diidentifikasi, antara lain kecemasan berlebihan, sakit kepala dan perut, insomnia, hilangnya nafsu makan atau overeating, dan perasaan tegang.

Sebagai respons terhadap hal ini, orangtua dapat membantu anak mereka untuk mengurangi tingkat stres agar dapat menghadapi ujian UTBK dengan lebih mudah. Berikut ini adalah lima cara yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk membantu mengurangi stres yang disebabkan oleh UTBK.

1. Memastikan anak mengonsumsi asupan makanan yang cukup dan seimbang

Pastikan anak mendapatkan asupan makanan yang cukup dengan nutrisi seimbang setiap harinya sebagai kunci untuk menjaga kesehatan mereka. Dengan melakukan hal tersebut, tubuh anak-anak akan tetap sehat selama masa UTBK.

Selain makanan utama, memberikan camilan sehat juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan dan suasana hati anak-anak. Adapun makanan dan minuman yang tinggi lemak, kandungan gula, dan kafein tinggi, dapat menyebabkan anak-anak menjadi hiperaktif, mudah tersinggung, dan mudah mengalami perubahan suasana hati.

2. Memastikan anak mendapatkan waktu tidur yang cukup

Pastikan anak mendapatkan waktu tidur yang cukup, terutama bagi remaja usia 12-18 tahun yang membutuhkan waktu tidur rata-rata 8-9 jam di malam hari. Tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan konsentrasi mereka.

Sebaliknya, belajar terus-menerus hingga pagi hari sebelum ujian justru dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental anak-anak. Berikan jeda waktu sekitar 30 menit antara aktivitas di malam hari, seperti belajar, menonton televisi, atau menggunakan handphone, dengan waktu tidur.

Hal ini akan membantu anak-anak lebih mudah tidur dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

3. Membantu anak dalam proses belajar

Agar anak dapat belajar dengan baik dan nyaman menjelang serta selama masa ujian, disarankan bagi orangtua untuk memberikan bantuan.

Bantuan tersebut dapat berupa membantu anak dalam memecahkan masalah terkait soal ujian yang dihadapi, memberikan dukungan kebutuhan belajar anak, serta membantu anak dalam berlatih dengan mengoreksi soal-soal latihan yang dikerjakan.

Dengan demikian, diharapkan anak dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik dan optimal.

4. Membicarakan terkait stress yang dialami anak selama belajar

Seringkali, anak-anak mengalami kesulitan dalam memahami emosi yang mereka rasakan. Oleh karena itu, sebagai orangtua, kita perlu memberikan pengingat kepada anak-anak bahwa merasakan emosi adalah hal yang wajar.

Selain itu, memberikan afirmasi positif juga dapat membantu anak-anak menghadapi ujian dengan lebih tenang.

Itulah beberapa tips untuk para orang tua agar dapat membantu anak mengatasi stress menjelang UTBK. Dengan cara ini, anak-anak dapat belajar dengan lebih fokus dan tenang, sehingga dapat mengurangi stres saat ujian berlangsung. Hal ini akan membantu meningkatkan performa ujian mereka.



Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini