Tak Hanya Ramah Lingkungan, Inilah Kelebihan Rumah Prefabrikasi

Tak Hanya Ramah Lingkungan, Inilah Kelebihan Rumah Prefabrikasi
Gambar. artikel.rumah123.com
HIRANKA.COM - Membangun rumah dengan menggunakan metode prefabrikasi merupakan suatu inovasi yang menghadirkan beberapa keunggulan. Salah satu keunggulannya yaitu proses pembangunan yang memakan waktu lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional.

Hal ini disebabkan karena semua komponen bangunan dibuat di luar lokasi proyek dan kemudian dipasang setelah jadi. Oleh karena itu, para tukang bangunan, kontraktor, atau siapa pun yang terlibat dalam proses konstruksi dapat membangun rumah dengan cepat, mudah, dan dalam skala produksi massal.

Terdapat berbagai kelebihan lain dari rumah prefabrikasi yang perlu diketahui, di antaranya:

1. Memiliki harga yang lebih murah

Membangun sebuah rumah menggunakan metode prefabrikasi jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini disebabkan oleh produksi material bangunan dalam jumlah besar yang dilakukan oleh pabrikan, sehingga biayanya lebih rendah.

Selain itu, keuntungan lainnya adalah tidak perlu menyewa arsitek atau desainer karena rumah prefabrikasi akan dikirim dalam satu paket yang mencakup dinding, atap, pintu, jendela, dan rekayasa struktur.

Harga dari rumah prefabrikasi biasanya dihitung dari per meter persegi dengan menghitung jumlah yang lebih bawah sampai separuhnya dibanding dengan harga rumah konvensional biasa.

2. Memiliki desain yang lebih simpel sehingga mempercepat waktu pembangunan

Rumah prefabrikasi adalah sebuah alternatif yang simpel dan lebih cepat dibuat dibandingkan dengan rumah konvensional. Rumah jenis ini dibangun di dalam pabrik, sehingga meminimalkan risiko penundaan pengiriman material konstruksi akibat cuaca buruk.

Setelah selesai dibangun, paket komponen bangunan akan dikirimkan ke lokasi proyek dan dirakit di atas fondasi yang telah disiapkan sebelumnya. Waktu pembangunan rumah prefabrikasi membutuhkan waktu yang relatif singkat.

Biasanya pembangunan rumah ini hanya memerlukan sekitar tiga atau empat bulan tergantung pada ukurannya. Selain itu, penggunaan rumah prefabrikasi juga dapat menghemat biaya tenaga kerja.

3. Ramah lingkungan dan juga hemat energi

Membangun rumah yang hemat energi dan lingkungan adalah pilihan yang bijak untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan dan juga mengurangi biaya bulanan yang harus dikeluarkan.

Dalam mencapai tujuan untuk mengurangi jejak karbon, rumah prefabrikasi bisa menjadi salah satu solusinya. Dikarenakan rumah tersebut diproduksi secara massal di pabrik, maka pengendalian kualitas dan pengelolaan limbah bisa lebih terkontrol.

 Produsen rumah prefabrikasi mampu menentukan jumlah bahan yang dibutuhkan untuk setiap paket rumah sehingga tidak ada limbah yang terbuang sia-sia.

 Tak hanya itu saja, rumah prefabrikasi juga ramah untuk lingkungan karena rumah prefabrikasi juga bisa dilengkapi dengan panel surya atau bahan-bahan yang di daur ulang saat ada di proses kustomisasi.

4. Desain praktis dan mudah dipindahkan

Dengan menggunakan rumah prefabrikasi, Anda dapat menikmati keuntungan dalam hal fleksibilitas tempat tinggal. Anda tidak harus terikat pada satu lokasi untuk jangka waktu 20-30 tahun, melainkan dapat memindahkan rumah ke tempat lain.

Hal ini tentunya memberikan keuntungan yang menarik, karena rumah prefabrikasi didesain secara praktis dan mudah dipindahkan.

5. Memiliki tampilan dan desain yang lebih menarik

Tampilannya yang menarik membuat rumah prefabrikasi dapat dibuat dalam berbagai desain yang beragam juga, sehingga tidak terlihat seperti rumah yang dibangun dengan cepat atau dengan harga murah.

Namun, meskipun memiliki kelebihan-kelebihan tersebut, rumah prefabrikasi juga memiliki kekurangan seperti keterbatasan dalam desain, kurangnya fleksibilitas dalam perubahan, serta ketergantungan terhadap pabrik dalam hal bahan dan produksi.

Itulah beberapa kelebihan yang akan di dapatkan jika berminat untuk membangun rumah prefabrikasi. Dibalik kelebihan-kelebihan yang dimiliki rumah prefabrikasi, ada juga beberapa kekurangannya yang dapat digunakan untuk bahan pertimbangan. Semoga bermanfaat!



Penulis – Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini