Sulit Banget! Ini Dia 6 Bahasa di Dunia yang Paling Susah di Pelajari

Sulit Banget! Ini Dia 6 Bahasa Di Dunia Yang Paling Susah Di Pelajari
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Bahasa adalah salah satu instrumen penting dalam kehidupan kita sehari-hari, terutama untuk berkomunikasi satu sama lain. Menguasai suatu bahasa dengan baik adalah sebuah kewajiban, terutama jika kita ingin mampu menyampaikan ide dengan baik, dan sebaliknya memahami ide atau perkataan orang lain dengan baik.

Menguasai bahasa lain di luar bahasa ibu yang kita miliki seakan membuka kesempatan untuk menjelajahi dunia baru. Keterbatasan bahasa (language barrier) menjadi suatu penghalang antara kita untuk bisa berkomunikasi secara baik dengan milyaran manusia lain dari bangsa yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, banyak sekali orang-orang yang berminat untuk mempelajari bahasa asing. Bahasa yang menjadi pilihan biasanya adalah Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang luas digunakan dalam berbagai bidang.

Namun, ada juga beberapa bahasa yang dinilai susah untuk dipelajari. Terutama untuk penutur Bahasa Inggris. Hal ini biasanya disebabkan karena perbedaan struktur gramatikal yang sangat mencolok, pengucapan yang susah atau huruf alfabet yang digunakan berbeda.

Kemudian apa saja kira-kira bahasa tersulit di dunia untuk dikuasai? Berikut kami rangkumkan beberapa di antaranya untukmu:

Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin memang sudah dikenal sebagai salah satu bahasa tersulit untuk dikuasai/Meskipun begitu, Bahasa Mandarin adalah bahasa dengan penutur terbanyak di dunia. Bahasa ini memiliki penutur hampir di seluruh negara, dan secara luas digunakan di Cina, Taiwan, Singapura dan Malaysia.

Perbedaan bentuk huruf yang digunakan dalam bahasa Mandarin menjadi salah satu penyebab sulitnya mempelajari bahasa ini. Sistem hurufnya juga berbeda dengan sistem huruf lain pada umumnya.

Selain itu, Bahasa Mandarin juga memiliki keunikan berupa perbedaan nada yang menyebabkan perbedaan arti. Bahasa ini juga mempunyai beberapa dialek yang cukup berbeda, seperti Kanton yang digunakan di Hongkong.

Bahasa Persia (Farsi)

Bahasa ini masih digunakan secara luas di wilayah Iran dan negara-negara sekitarnya semacam Tajikistan, Uzbekistan dan Afghanistan.

Bahasa ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan merupakan salah satu bahasa kesusastraan kuno yang kaya. Dengan sejarah yang panjang itu, Bahasa Persia mempengaruhi banyak bahasa lain di dunia. Bahasa ini ditulis dengan tulisan Nastaliq yang menggunakan hururf-huruf Arab.

Bahasa Thailand

Kalian pasti setidaknya pernah melihat huruf Bahasa Thai atau Siam yang meliuk-liuk. Hal ini merupakan salah satu penyebab sulitnya menguasai bahasa yang satu ini.

Selain itu, bahasa ini juga memperhatikan penggunaan nada dalam pengucapannya. Ada sekitar 5 nada yang harus kamu kuasai untuk berbicara. Oleh karena itu, kamu pasti juga pernah mendengarkan orang yang berbicara Bahasa Thailand terdengar unik.

Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan bahasa yang secara luas digunakan di daerah Timur Tengah, Afrika Utara dan beberapa negara Afrika Timur. Bahasa ini juga secara luas digunakan dalam literatur kebudayaan dan keagamaan Islam.

Bahasa Arab memiliki sangat banyak kosakata untuk suatu benda, tergantung pada kondisi dan situasi benda itu. Misalnya kata ‘kuda’ saja memiliki puluhan nama dalam bahasa ini.

Selain itu, Bahasa Arab juga memiliki sistem penulisan sendiri yang hurufnya berbeda dan dibaca dari kanan ke kiri. Bahasa ini juga memiliki sistem gramatikal yang kompleks dan tidak biasa.

Bahasa Polandia

Bahasa ini digunakan di Polandia dan beberapa negara lainnya di kawasan Eropa Timur seperti Rumania, Rusia, Ukraina dan Republik Ceko.

Bahasa yang berasal dari rumpun slavik ini memiliki pengucapan yang susah, dan mempunyai banyak konsonan yang bertumpuk dalam satu kata.

Bahasa Rusia

Salah satu sebab mengapa Bahasa Rusia cukup susah untuk dipelajari adalah karena bahasa ini menggunakan alfabet cyrillic yang berbeda dengan alfabet latin. Selain itu, Bahasa Rusia juga mempunyai banyak kata dengan konsonan bertumpuk, yang membuat pengucapannya menjadi agak sulit.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini