Stop Minder! Begini Caranya Agar Kamu Makin Pede

Stop Minder! Begini Caranya Agar Kamu Makin Pede
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Merasa minder, rendah diri, kurang berharga, overthinking dan lain sebagainya umumnya berasal dari kepercayaan diri seseorang yang rendah. Hal ini akan sangat mempengaruhi seseorang terutama pada urusan karir, pekerjaan sampai kehidupan sosial.

Percaya diri merupakan salah satu hal yang dapat membuat hidupmu menjadi lebih baik dan lebih mudah. Kamu dapat melakukan hal-hal yang mungkin tidak banyak dilakukan orang lain, berani mengutarakan dan mengaplikasikan ide-ide, menemukan solusi dari suatu permasalahan dengan cara yang inovatif, bahkan merasa ingin terus bersaing untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas diri.

Banyak orang mulai merasa kepercayaan dirinya berkurang akibat terlalu lama berpikir sebelum melakukan sesuatu. Berpikir sebelum melakukan memanglah sebuah keharusan, tetapi kamu harus berhati-hati, sebab hal ini seringkali malah membuat seseorang menjadi tidak jadi berbuat akibat takut akan risiko dan rasa tidak yakin atas kemampuan diri sendiri.

Salah satu ciri kurang percaya diri adalah adanya rasa takut itu. Jika kamu pernah menolak untuk mengambil atau menjalankan suatu kesempatan yang hadir atau ditawarkan padamu akibat rasa takut, bisa jadi kepercayaan dirimu belum berada di tingkat semestinya.

Jika kamu masih sering merasa tidak atau kurang percaya diri di berbagai kesempatan, maka artikel ini sangat cocok untukmu. Berikut kami rangkumkan beberapa hal yang dapat membuat kepercayaan dirimu semakin meningkat:

1. Perbaiki Postur Duduk dan Berdiri

Terdengar sangat sederhana, bukan?

Sebelum melakukan segala sesuatu lebih lanjut, mulai sekarang perbaikilah postur duduk dan berdirimu. Kini duduklah dengan postur punggung yang tegap dan berdirilah dengan mantap. Jangan lagi menampakkan kelemahan dan ketakutan diri sendiri, baik pada dirimu maupun orang di sekitar. Jangan lupa juga untuk menyertakan senyum lebarmu.

Ketika kamu duduk dan berdiri dengan postur semacam itu, tubuh akan menerima rangsangan positif dan otak akan membuat dirimu merasa lebih kuat dan tegar, sehingga otomatis rasa percaya dirimu akan meningkat.

2. Olahraga Rutin

Olahraga adalah bagian yang sangat penting dari kehidupan orang-orang sukses. Olahraga selain memberikan kesehatan badan, juga memberi efek positif pada kesehatan mental, termasuk dalam hal meningkatkan kepercayaan diri.

Saat berolahraga, kamu akan menerima hormon endorfin yang dapat membuat pikiran lebih tenang. Dengan cara ini, kamu akan dapat melihat dirimu dengan lebih objektif dan kepercayaan dirimu semakin kuat.

3. Bangun Kondisi Mindfullness

Kondisi Mindfullness adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa sadar akan eksistensi dirinya sendiri secara penuh. Kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih sehat baik secara jiwa maupun raga. Kamu dapat melakukan beberapa cara untuk membiasakan diri pada kondisi ini.

Kamu bisa mengamati dirimu dan lingkungan sekitar setiap pagi, atau menggerakkan beberapa bagian tubuh dengan penuh kesadaran dan rasakan sensasinya, atau juga menarik nafas dan melepasnya dengan penuh perhatian dan kesadaran.

4. Motivasi Diri Sendiri

Motivator terbaik untukmu adalah dirimu sendiri. Jika kamu sering mendengarkan pidato para motivator atau ceramah para ahli pengembangan diri, maka kamu harus lebih menyisihkan waktu untuk menyemangati diri sendiri.

Puji diri sendiri dan berikan penghormatan ketika berhasil melakukan sesuatu (dengan tetap bersyukur kepada Tuhan). Setiap pagi tataplah cermin dan yakinkan dirimu bahwa ia hebat dan mampu melakukan banyak hal, dan lain sebagainya.

5. Fokus dan Bersikap Bodo Amat

Fokuslah pada apa yang menjadi tujuanmu. Jangan terlalu mendengarkan ucapan orang lain yang memberikan efek negatif pada dirimu atau bahkan mencelamu. Bersikaplah ‘bodo amat’ kepada hal-hal negatif yang dapat membuatmu menjadi lemah dan tidak bersemangat.

Yang paling tahu akan kelebihan dan kekuranganmu adalah dirimu sendiri. Maka kamulah yang paling berhak menentukan jalan dan cara terbaik untuk mencapai tujuanmu.



Penulis_Muhammad Hayyi