Savana-Savana di Gunung Rinjani, Surga Dunia Bagi Para Pendaki

Savana-Savana di Gunung Rinjani, Surga Dunia Bagi Para Pendaki
Gambar. www.trekkingrinjani.com
HIRANKA.COM - Indonesia adalah negara yang dianugerahi dengan berbagai karunia keindahan alam yang beragam dan luar biasa indah. Dikelilingi oleh lautan luas dan dipasaki oleh gunung-gunung tinggi yang tersebar di sepanjang kepulauannya, pariwisata alam Indonesia memang sudah masyhur di seantero dunia.

Salah satu anugerah alam itu adalah gunung-gunung yang menjulang tinggi. Tak heran banyak pendaki lokal maupun mancanegara yang datang ke Indonesia untuk menikmati sensasi mendaki di gunung-gunung hijau nan indah. Salah satu tempat favorit bagi para pendaki dan pencinta alam alam adalah Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung berapi aktif yang terletak di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut, Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia.setelah Gunung Kerinci di Jambi. Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) memiliki total luas seluas 41.330 hektar dan masuk dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur.

Selain itu, Gunung yang dapat dilihat dari hampir seluruh bagian Pulau Lombok ini juga memiliki danau yang bernama Segara Anak yang berkedalaman 230 m. Di kawasan kalderanya juga dapat ditemukan sebuah gunung kecil yang baru terbentuk pada tahun 1944, gunung ini disebut dengan Gunung Baru, atau Gunung Barujari.

Hal lain yang dimiliki oleh Gunung Rinjani adalah savana-savananya (sabana). Savana merupakan padang rumput yang luas dan dipenuhi semak, serta diselingi beberapa pohon yang tumbuh menyebar di beberapa tempat.

Savana-savana ini merupakan spot yang sangat cocok untuk menikmati keindahan panorama alam yang disuguhkan oleh Gunung Rinjai. Tak heran banyak pendaki atau bahkan non-pendaki yang berkemah atau sekedar beristirahat di savana-savana ini.

Berikut beberapa savana di Gunung Rinjani yang patut kalian kunjungi:

1. Savana Sembalun Lawang

Savana ini adalah gerbang untuk para pendaki yang akan menuju ke puncak Rinjani dari sebelah timur.

Pemandangan yang tersaji di savana ini sangat indah terutama di pagi hari.

Savana Sembalun Lawang akan menyambut Anda di sepanjang jalur pendakian sejauh 6 kilometer. Rute pendakian melalui Sembalun ini memang lebih panjang dari yang lain, tetapi jalurnya yang datar cocok untuk pendaki pemula atau yang ingin menikmati perjalanan dengan lebih bersantai.

Jangan lupa siapkan krim semacam sunblock sebab kawasan ini cukup terik di cuaca cerah.

2. Savana Propok

Savana Propok adalah salah satu savana yang terbilang baru diminati oleh para penikmat alam dan pendaki. Perjalanan ke tempat ini cukup menyenangkan sebab kamu akan melewati hutan yang rindang dan memiliki udara segar.

Untuk mendaki ke kawasan savana ini, dari tempat penitipan kendaraan kamu hanya perlu mendaki sekitar 3 jam saja.

Disini kamu akan disuguhi dengan padang rumput luas dan pemandangan indah yang menakjubkan. Terutama di pagi hari ketika kabut perlahan menghilang dan Gunung Rinjani mulai menampakkan diri.

3. Savana Dandaun

Savana ini memiliki ketinggian sekitar 1500 mdpl. Kawasan ini dikelilingi oleh Bukit Dandaun dan Bukit Telaga. Dari savana ini, kamu dapat menikmati pemandangan Gunung Rinjani dari jarak yang begitu dekat.

Pendakian dari bukit ini cukup mudah dan cocok untuk para pendaki pemula.

Berkemah menjadi salah satu aktivitas yang hampir wajib untuk dilakukan jika kalian melewati savana ini. Selain karena adanya telaga yang dapat menjadi sumber air, tempat ini juga menjadi sangat indah ketika pagi menjelang, bahkan banyak pendaki menyebut pemandangannya mirip dengan suasana film ‘Twilight’.

Sebenarnya masih ada beberapa savana dan bukit di kawasan Rinjani yang tidak kalah indah, namun tiga savana ini adalah favorit para pendaki pada umumnya dan sangat disarankan untuk kalian tuju jika mengunjungi Gunung Rinjani.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini