Olahraga Kardio, Bukan Cuma Bikin Kurus Tapi Juga Menyehatkan!

Olahraga Kardio, Bukan Cuma Bikin Kurus Tapi Juga Menyehatkan!
Gambar. www.freepik.com
HIRANKA.COM - Untuk mencapai pola hidup sehat, berolahraga secara rutin dengan cara yang baik seakan sudah menjadi kewajiban untuk setiap orang.

Banyak sekali jenis olahraga yang dapat kam pilih. Tentu hal ini perlu disesuaikan dengan aktivitas dan kemampuanmu. Kamu juga dapat memilih jenis olahraga yang paling disukai untuk dijadikan sebagai rutinitas harian. 

Misalnya, jika kamu suka bersosialisasi, bersepeda atau lari pagi dan sore adalah pilihan yang baik. Atau jika kamu adalah seorang penggemar sepakbola misalnya, maka mengolah si kulit bundar tentu menjadi pilihan olahraga yang mengasyikkan.

Salah satu jenis olahraga yang menjadi pilihan banyak orang adalah jenis olahraga kardio. Disebut juga sebagai olahraga aerobik, jenis olahraga semacam ini biasanya dikenal untuk mereka yang melakukan program diet atau menurunkan berat badan.

Ternyata olahraga kardio tidak hanya efektif untuk penurunan berat badan saja, lho! Olahraga jenis ini juga memiliki segudang manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh secara umum bahkan juga kesehatan otak dan mental kita.

Kardio memang berbeda dengan olahraga yang dilakukan di tempat gym yang biasanya memfokuskan diri pada pembentukan otot dan badan. Olahraga ini biasanya baik untuk melatih organ jantung dan paru-paru. 

Kamu bisa melakukan olahraga ini dengan berbagai aktivitas tubuh seperti bersepeda, berenang, berlari ataupun berjalan kaki dengan cepat (joging).

Berikut ini kami rangkumkan beberapa manfaat olahraga kardio untuk kamu:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Olahraga kardio dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Hal ini dapat terjadi sebab berolahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih aktif daripada jika tidak berolahraga.

Selain itu, stres yang merupakan salah satu penyebab utama melemahnya sistem kekebalan tubuh dapat diatasi dengan dikurangi dengan efektif dengan melakukan olahraga kardio.

2. Tidur Lebih Nyenyak

Jika kamu sering mengalami gangguan susah tidur, cobalah untuk mulai melakukan olahraga kardio. Olahraga kardio yang dilakukan pada sore hari menurut penelitian dapat membantu orang menjadi lebih mudah tidur pada malam harinya.

Tapi tidak disarankan untuk melakukan olahraga kardio setidaknya dua jam sebelum tidur. Hal ini malah dapat membuatmu lebih susah tidur.

3. Mengurangi Stres

Olahraga kardio dapat membuatmu merasa lebih tenang dan menurunkan kadar stres. Ini terjadi akibat pelepasan hormon endorfin yang dipicu oleh olahraga kardio. Hormon itu kemudian akan membantu meningkatkan mood dan menurunkan stresmu.

4. Menurunkan Gula Darah

Olahraga kardio sangat disarankan untuk para penderita diabetes (terutama tipe 2) maupun mereka yang memiliki risiko tinggi terhadap diabetes. Ini disebabakan sebab olahraga kardio dapat menurunkan resistensi tubuh atas insulin dan juga menjaga kadar gula darah yang terkandung dalam tubuh.

5. Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang tengah menjalankan program diet atau ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, olahraga kardio adalah salah satu jawabannya. Olahraga jenis ini sangat efektif membakar kalori dan lemak berlebih. 

Selain berat badan, dengan olahraga kardio kamu juga sekaligus menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Menormalkan Tekanan Darah

Jika penyakit darah tinggi dulu dikenal sebagai penyakit orang tua, kini mulai banyak anak muda yang terjangkit penyakit ini akibat pola hidup yang tidak sehat. 

Olahraga kardio yang dilakukan secara rutin setiap hari terbukti dapat menjaga tekanan darah pada angka normal dan membuatmu menjadi lebih sehat.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini