Obat-Obatan Alami yang Dapat Menyembuhkan Batuk pada Balita

Obat-Obatan Alami yang Dapat Menyembuhkan Batuk pada Balita
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Saat batuk menyerang anak balita, biasanya orang tua akan memberinya obat-obatan alami sebagai pertolongan pertama. Batuk pada anak-anak merupakan salah satu cara untuk tubuh membersihkan saluran udara serta lendir.

Saat masa-masa batuk, anak-anak akan merasakan rasa yang tak nyaman, pengap di hidung, dan mengalami kesulitan untuk bernapas. Meskipun begitu, hal tersebut bukanlah gejala penyakit yang serius.

Sehingga hal tersebut membuat orang tua menjadi khawatir dan ingin memberikan obat agar anak cepat kembali pulih. Namun, ahli kesehatan menyarankan bahwa anak dengan umur dibawah empat tahun tidak dibiasakan untuk diberikan obat.

Menurut Food and Drug Administration Amerika serikat, penggunaan obat-obatan tersebut meliputi antihistamin, obat dekongestan, suppressant, serta ekspektron batuk. Dari kebanyakan kasus yang ada, obat sederhana yang dapat di lakukan sendiri di rumah bisa mengatasi batuk pada si kecil.

Obat-Obatan Alami yang Dapat Menyembuhkan Batuk pada Balita

Artikel kali ini akan membahas secara ringkas berbagai macam obat-obatan alami yang dapat mengatasi batuk pada bayi, serta dapat dilakukan sendiri dirumah sebelum batuk pada bayi semakin bertambah parah.

Air Susu Ibu (ASI)

Asi atau air susu ibu mengandung banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang dapat membantu melindungi bayi dari berbagai macam bakteri dan virus yang dapat menyebabkan batuk.

Asi merupakan obat alami utama yang dapat diberikan oleh sang ibu kepada buah hatinya saat terkena flu, batuk, atau demam. Sering kali asi dijadikan obat yang berhasil mengatasi masalah-masalah kesehatan pada bayi.

Jika bayi tak terbiasa atau kesulitan untuk menyusu langsung dari payudara, memompa asi dapat dilakukan dan menuangkannya pada botol sebelum di berikan pada si kecil.

Sup Ayam

Jika anak sudah menginjak umur 6 bulan ke atas dan siap untuk menerima makanan pendamping asi, memberi anak sup ayam sebagai obat alami untuk batuknya dapat di lakukan. Karena penelitian membuktikan bahwa sup ayam memiliki kandungan anti inflamasi.

Dengan suhu sup ayam yang hangat dapat membantu meredakan sakit pada tenggorokan dan juga dapat berfungsi sebagai alat penguap. Sehingga, hal tersebut dapat membantu mengencerkan lendir yang ada di hidung juga dapat meredakan hidung yang tersumbat.

Air Hangat

Air hangat juga dapat dijadikan sebagai obat alami yang bisa membantu meredakan batuk pada anak balita. Air hangat berfungsi untuk mengencerkan lendir, yang membuat si kecil mudah untuk batuk.

Para peneliti dari Common Cold Center Universitas Cardiff menyatakan bahwa minuman yang hangat dapat membantu meredakan gejala-gejala flu seperti pilek, bersin, batuk, sakit pada tenggorokan, kelelahan, dan menggigil.

Madu

Madu aman untuk dikonsumsi bagi anak yang sudah berusia satu tahun keatas. Anak-anak juga sangat suka untuk mengonsumsi madu karena madu memiliki rasa yang manis dan enak.

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa khasiat madu lebih baik daripada obat dalam menyembuhkan batuk serta membantu para anak-anak balita yang susah untuk tidur nyenyak ketika sedang sakit.

Cool Mist Humidifier

Cool mist humidifier merupakan alat yang dapat mengeluarkan kabut dingin yang dapat membantu untuk meredakan hidung tersumbat dan melonggarkan dada.

Uap dingin yang dihasilkan oleh alat tersebut merupakan obat alami yang cukup bagus untuk meredakan batuk pada anak balita di waktu malam hari.

Pelembab udara dingin tersebut perlu digunakan bersamaan dengan penggunaan obat alami lainnya yang dapat meredakan batuk pada si anak balita.

Jika batuk pada si anak tak kunjung mereda dan membaik atau malam bertambah parah setelah menggunakan obat alami di atas, maka disarankan untuk segera membawa anak ke dokter untuk diperiksa. Karena mungkin saja anak mengalami kondisi medis lainnya.



Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini