Nikmat, Tapi Tetap Waspada! Inilah Kandungan pada Mie Instan

Nikmat, Tapi Tetap Waspada! Inilah Kandungan pada Mie Instan
Gambar. www.freepik.com
HIRANKA.COM - Mie instan merupakan salah satu makanan instan yang sangat populer di seluruh dunia, terutama di Asia.

Terlebih saat ini banyak merek mie instan viral dari dalam negri ataupun luar negri.

Walaupun begitu viral dan terlihat kekinian, kita harus tetap cerdas dalam mengonsumsi ya dear! Karena bagaimanapun hitznya, ia tetap memiliki bahaya atas kesehatan kita.

Mie instan biasanya terbuat dari tepung terigu dan bahan-bahan lain yang dicampur menjadi adonan, kemudian dipotong-potong menjadi mie yang siap untuk dimasak.

Mie instan sangat mudah dan cepat untuk dimasak, sehingga menjadi pilihan yang populer untuk orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Namun, meskipun mie instan sangat mudah dan cepat untuk dimasak, tidak banyak orang yang menyadari bahaya dari mengonsumsi mie instan secara berlebihan.

Ada beberapa batasan yang harus diperhatikan ketika mengonsumsi mie instan agar tidak mengalami efek negatif pada kesehatan.

Salah satu batasan utama dalam mengonsumsi mie instan adalah kandungan natriumnya. Kebanyakan mie instan mengandung jumlah natrium yang sangat tinggi, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan berbagai masalah kesehatan lainnya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut American Heart Association, orang dewasa seharusnya tidak mengonsumsi lebih dari 2300 mg natrium per hari.

Namun, satu porsi mie instan saja bisa mengandung sekitar 1700 mg natrium atau bahkan lebih, tergantung pada merek dan jenis mie instan.

meskipun mie instan bisa menyediakan makanan instan yang mudah dan murah, mengonsumsi mie instan secara berlebihan bisa menyebabkan beberapa bahaya bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa bahaya makan mie instan:

1. Kandungan natrium yang tinggi

Mie instan mengandung banyak natrium, yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, masalah jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

2. Kandungan kalori yang tinggi

Mie instan mengandung kalori yang tinggi, yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kegemukan, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya.

3. Kandungan lemak jenuh yang tinggi

Mie instan mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes.

4. Kandungan MSG

Beberapa merek mie instan mengandung MSG (monosodium glutamat), yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

5. Rendahnya nutrisi

Mie instan tidak mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan serat.

Oleh karena itu, mengonsumsi mie instan secara berlebihan bisa menyebabkan kekurangan nutrisi pada tubuh.

6. Gangguan pencernaan

Mie instan mengandung bahan-bahan pengawet dan pewarna buatan, yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah kesehatan lainnya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Oleh karena itu, sebaiknya batasan maksimal dalam mengonsumsi mie instan adalah satu porsi per hari atau bahkan kurang dari itu.

Selain itu, jika ingin mengonsumsi mie instan secara teratur, sebaiknya memilih merek yang rendah natrium, rendah lemak, dan rendah kalori.

Jangan lupa untuk menambahkan sayuran segar atau protein seperti daging atau telur ke dalam mie instan untuk menambahkan nutrisi dan memperbanyak serat pada menu yang dihidangkan.

Selain itu, sebaiknya menghindari mengonsumsi mie instan terlalu sering atau dalam jangka waktu yang lama.

Lebih baik menggantinya dengan makanan yang lebih sehat dan bergizi seperti nasi atau sayuran segar.

Meskipun mie instan merupakan pilihan yang mudah dan cepat untuk dimasak, kesehatan harus tetap menjadi prioritas utama.



Penulis_Yumna Adzra
Klaim DANA kaget klik disini