Menikmati Keindahan Alam Bandung Melalui Desa-desa Wisata yang Menawarkan Pengalaman Bertani hingga Berburu Kuliner

Menikmati Keindahan Alam Bandung Melalui Desa-desa Wisata yang Menawarkan Pengalaman Bertani hingga Berburu Kuliner
Gambar. www.rumah123.com
HIRANKA.COM - Bandung memiliki beberapa desa wisata yang menarik untuk dikunjungi sebagai alternatif destinasi liburan.

Saat berkunjung ke desa wisata tersebut, pengunjung dapat merasakan dan melihat langsung kearifan lokal yang dimiliki.

Mulai dari adat istiadat, wisata alam, wisata budaya, makanan dan minuman khas, kerajinan tangan, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa desa wisata di Bandung, meliputi Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, yang diambil dari Jadesta Kemenparekraf.

  • Kampung Wisata Kreatif Cigadung

Kampung Wisata Kreatif Cigadung adalah sebuah daerah wisata yang menonjolkan kreativitas dan seni budaya dengan pendekatan pariwisata yang melibatkan masyarakat.

Terdapat beberapa potensi wisata yang dapat ditemukan di daerah ini seperti sektor fashion, kuliner, kerajinan, seni budaya, serta batik.

Selain itu, terdapat juga wisata alam Rancakalong yang menawarkan pemandangan sawah, kebun, dan air terjun yang dilengkapi dengan saung serbaguna dan kolam ikan. Daerah ini berada di Desa Cigadung, Cibeunying Kaler, Bandung, Jawa Barat.

  • Kampung Wisata Binong

Kampung Wisata Binong terletak di Kelurahan Binong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Tempat wisata ini menawarkan beberapa atraksi menarik seperti merajut di Kampoeng Radjoet, mencicipi kuliner teh telang, menikmati budaya pencak silat, belajar membuat alat musik waditra Sunda, dan masih banyak lagi.

Bagi para pengunjung yang ingin menginap, tersedia fasilitas homestay di kawasan Desa Wisata Binong. Nama Binong sendiri berasal dari pohon Binong atau Winong yang memiliki arti "kuat".

  • Desa Wisata Baros

Kampung wisata atau Desa Wisata Baros mempunyai berbagai atraksi wisata yang menarik seperti hutan pinus Megatutupan, camping ground, kolam renang, aneka sanggar seni, saung keluarga, dan lain sebagainya.

Selain itu, di area wisata Baros terdapat wahana permainan yang beragam seperti arung jeram, arena bermain air di sungai, taman kelinci, kolam tradisional, kereta mini, ayunan ekstrem, motor trail mini, dan masih banyak lagi.

Fasilitas umum juga tersedia di desa wisata ini, seperti homestay, gedung serbaguna, area parkir, glamping tradisional, toilet, mushola, dan sebagainya. Semua ini dapat ditemukan di Desa Baros, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung.

  • Kampung Cibunut Berwarna

Kawasan Cibunut Berwarna di Desa Cibunut, Kelurahan Kebon Pisang, Kota Bandung, terkenal sebagai sebuah kampung yang bebas dari sampah.

Salah satu daya tarik dari desa wisata ini adalah mural dan lukisan warna-warni yang menghiasi dinding rumah dan bangunan lainnya di area perkampungan.

Desa Wisata Alamendah di Ciwidey, Rancabali, Bandung, Jawa Barat ini menawarkan paket-paket wisata yang menggabungkan beragam potensi desa.

Paket wisata tersebut meliputi aktivitas seperti pemerahan susu, bertani, berlatih pencak silat, dan , pembuatan olahan makanan dan souvenir UMKM,.

Selain itu, wisatawan juga dapat bersepeda keliling kampong, mempelajari pengolahan kopi, dan menikmati pertunjukkan seni karinding.

  • Kampung Wisata Tenjolaya

Kampung Wisata Tenjolaya merupakan desa yang mendukung pariwisata di kawasan wisata Ciwidey dan Rancabali yang menjadi daya tarik utama di Kabupaten Bandung. Keindahan pegunungan dan kebun teh menjadi daya tarik utama dari Desa Wisata Tenjolaya.

Tak hanya itu, pengunjung dapat menikmati kuliner khas Desa Wisata Tenjolaya seperti kalua jeruk atau camilan kulit jeruk bali yang dicampur dengan gula kawung, gula merah, ataupun gula pasir.

  • Desa Wisata Mekarlaksana

Desa Wisata Mekarlaksana, yang terletak di Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, menawarkan berbagai paket wisata yang menarik. Mulai dari pengalaman bercocok tanam, mempelajari cara membuat makanan tradisional, berlatih pencak silat, hingga menonton pertunjukkan seni calung. Selain itu, para wisatawan juga dapat mempelajari teknik pengolahan kopi, berkeliling kampung, dan menikmati pemandangan sawah yang indah.



Penulis – Nabila Dwi Ariati