Mengetahui Cara Memberikan Pertolongan Pertama Saat Terjadi Tersedak

Mengetahui Cara Memberikan Pertolongan Pertama Saat Terjadi Tersedak
Gambar. www.freepik.com
HIRANKA.COM - Tersedak merupakan hal yang sepele namun tersedak dapat menyebabkan kematian. Tersedak biasanya sering terjadi pada anak-anak serta lansia.

Menurut Emidicine Health tersedak merupakan salah satu kondisi darurat medis yang berbahaya dan membutuhkan penanganan atau bantuan yang tepat dan cepat.

Akibat fatal yang di timbulkan dari tersedak bisa terjadi karena penyumbatan pada saluran nafas yang berada di bagian atas, dimana hal itu disebabkan oleh benda asing seperti makanan maupun benda-benda lainnya yang dapat menghalangi keefektifan pada pernapasan seseorang.

Banyak dari kasus-kasus tersedak kemungkinan hanya menyebabkan batuk yang ringan dan lemah, namun tersedak juga dapat menyebabkan penyumbatan total pada saluran pernapasan dan dapat mengakibatkan kematian.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk memberi pertolongan pertama untuk menangani orang yang tersedak secara cepat dan juga tepat. Pada artikel kali ini akan diulas secara ringkas mengenai langkah-langkah memberikan pertolongan pertama untuk menangani tersedak.

Langkah pertolongan pertama untuk menangani tersedak

Menurut Medical News Today, orang yang tengah tersedak sangatlah membutuhkan pertolongan yang sesegera mungkin.

Pada orang dewasa

Jika yang mengalami tersedak adalah orang dewasa pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan teknik lima pukulan pada punggung serta dorongan pada perut, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Manuver Heimlich

Tetapi, para ahli-ahli tidak menyarankan untuk menggunakan metode Manuver Heimlich ini untuk menangani tersedak bagi anak-anak yang berusia di bawah 1 tahun atau juga kepada wanita yang sedang mengandung.

Langkah awal memberikan pertolongan pertama untuk orang yang tersedak yaitu dengan memastikan keadaan bahwa orang tersebut benar-benar dalam keadaan tersedak serta sudah disetujui untuk membantu orang yang sedang tersedak itu.

Kemudian langkah yang ke selanjutnya yaitu dengan melakukan pukulan sebanyak lima kali pada bagian punggung, dengan langkah sebagai berikut ini:

1. Berdiri dengan posisi orang yang tersedak di depan dan yang membantu di belakang

2. Orang yang membantu menempatkan satu tangannya pada bagian dada sebagai topangan badannya

3. Kemudian membungkukkan badan sampai berada sejajar dengan posisi tanah

4. Memberikan pukulan yang kuat sebanyak lima kali dimana pukulan tersebut berada pada posisi diantara tulang belikat. Pukulan menggunakan siku orang yang membantu

Apabila orang tersebut masih juga tersedak ataupun benda asing yang menyangkut di saluran pernapasan korban belum juga keluar, maka orang yang membantu dapat melakukan lima dorongan pada bagian perut dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Posisi orang yang membantu berdiri di belakang korban yang tersedak dengan posisi satu kaki maju ke depan dan berada di antara kedua kaki korban

2. Posisi tangan orang yang membantu harus menjangkau perut dari korban yang tersedak dan berada pada bagian pusar

3. Orang yang membantu harus menempatkan tangan yang mengepal dibagian atas pusar korban yang tersedak dengan posisi ibu jari yang menghadap ke bagian perut

4. Orang membantu korban tersedak harus memegang kepalan tangan menggunakan satu tangan yang lain kemudian mendorong kedua tangan ke arah dalam dan ke arah atas dengan menggunakan gerakan yang menyentak dan dilakukan dengan cepat.

Pada anak kecil

Jika tersedak dialami oleh anak kecil maupun bayi, langkah awal untuk pertolongan pertama jikalau anak tersedak yaitu dengan membersihkan saluran pernapasannya dari makanan ataupun benda asing yang menyangkut menggunakan jari yang sudah dibersihkan sebelumnya.

Tetapi, jangan melakukan hal itu jika kasus tersedaknya terlalu dalam misalnya sampai ke tenggorakan anak. 

Apabila orang ataupun anak-anak yang tengah tersedak sudah tidak bisa merespon atau sudah dalam keadaan yang parah, itu tandanya mereka harus dilarikan ke tempat yang menyediakan bantuan secara medis, dan bawalah dengan sesegera mungkin agar mendapatkan pertolongan yang tepat.

Mengetahui Cara Memberikan Pertolongan Pertama Saat Terjadi Tersedak
Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini