Mengenali Gangguan Anxiety dan Cara Mengatasinya

Mengenali Gangguan Anxiety dan Cara Mengatasinya
Gambar. www.freepik.com
HIRANKA.COM - Pernahkah Anda di rundung perasaan cemas yang terus menerus hingga mengganggu aktivitas yang anda lakukan sehari-hari?

Jika memang hal tersebut pernah anda alami, maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Karena, bisa jadi hal tersebut karena anda mengalami anxiety disorder atau gangguan kecemasan.

Tetapi, anda tak boleh mendiagnosa diri sendiri karena hal tersebut dapat menimbulkan bahaya. Diagnosa pada anxiety disorder atau gangguan kecemasan hanya dapat di lakukan oleh ahlinya. Untuk mengenali lebih lanjut anxiety dan cara mengatasinya, simak artikel berikut ini.

Apa anxiety itu?

Anxiety disorder merupakan salah satu dari jenis gangguan pada kesehatan mental yang dapat menyebabkan penderitanya merespon suatu hal atau situasi tertentu dengan dengan perasaan cemas atau ketakutan yang berlebih.

Pada umumnya, penderita yang mengalami anxiety akan merasakan gejala-gejala fisik, seperti berkeringat atau jantung yang berdebar. Sebenarnya, reaksi pada fisik seperti itu merupakan hal yang normal terjadi. Di satu sisi, perasaan cemas yang muncul juga dapat memberikan manfaat.

Seperti, kita bisa lebih berfokus pada situasi yang sedang terjadi sehingga keamanan diri lebih terjamin. Tetapi jika hal tersebut terjadi secara berlebihan, gangguan kecemasan tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari yang anda jalani.

Penderita anxiety juga dapat memberikan reaksi yang berlebihan ketika terdapat suatu hal yang dapat memicu emosi si penderita. Tak hanya itu saja, penderita anxiety juga lebih sulit untuk mengontrol respons pada situasi tertentu.

Cara mengatasi anxiety

Cara yang terbaik untuk mengatasi anxiety disorder yaitu dengan berkonsultasi kepada seorang ahli pada kesehatan mental. Namun tak hanya itu saja, penderita anxiety juga dapat melakukan hal-hal berikut untuk mengurangi gejala-gejala fisik yang terjadi, seperti :

1. Berolahraga

Gejala fisik yang terjadi pada penderita anxiety disorder atau gangguan kecemasan di sebabkan oleh respons fight or flight yang dapat menyebabkan produksi hormon andrenalin bertambah dan meningkat.

Meningkatnya adrenalin itu lah yang dapat menyebabkan tubuh menjadi stres. Dengan melakukan olahraga, tubuh bisa melakukan pembakaran terhadap zat kimia tersebut dan dapat meningkatkan relaksasi pada tubuh.

Penderita anxiety juga dapat melakukan olahraga minimal Tiga hingga empat kali di setiap minggunya dan memvariasikan aktivitas yang akan dilakukan untuk menghindari dari rasa bosan.

2. Memperbaiki pola makan

Kandungan mineral magnesium dapat membantu merelaksasikan jaringan-jaringan pada otot. Sementara itu, kekurangan kandungan magnesium dapat mengakibatkan kecemasan, insomnia, serta depresi.

Asupan kalsium dan vitamin B yang kurang atau tidak memadai juga bisa memperburuk gejala gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Penderita anxiety harus memastikan pola makan harian dengan kandungan gizi yang lengkap seperti, sayuran yang berdaun hijau, sereal gandum, ataupun produk susu yang memiliki kandungan lemak yang rendah.

Penderita anxiety juga harus mengurangi asupan kafein dan nikotin. Kafein dan nikotin dapat memicu kelenjar adrenal penderitanya untuk melepaskan andrenalinnya.

3. Melakan meditasi

Tujuan utama dari meditasi ialah kesadaran penuh atas momen yang terjadi saat itu, termasuk juga memperhatikan seluruh pikiran tanpa harus menghakimi. Hal tersebut dapat menimbulkan perasaan tenang dan puas dengan kemampuan penderita untuk dengan kesadaran mentolerir seluruh perasaan dan pikiran.

Meditasi juga dikenal bisa untuk menghilangkan perasaan stress dan kecemasan. Penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins menyarankan untuk bermeditasi selama 30 menit setiap hari, hal tersebut disebutkan bahwa dapat mengurangi sejumlah gejala-gejala kecemasan atau anxiety dan berperan sebagai anti-depresan.

Setelah mengetahui pa itu anxiety hingga cara-cara untuk mengatasinya, ada baiknya jika anda segera pergi berkonsultasi dengan dokter ataupun psikolog jika anda merasakan gejala-gejala yang disebabkan oleh masalah kesehatan mental tersebut.



Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini