Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Secara Daring, Calon Mahasiswa Harus Tahu!

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Secara Daring, Calon Mahasiswa Harus Tahu!
Gambar. www.freepik.com
HIRANKA.COM - Sejatinya, metode pembelajaran daring telah diterapkan dalam beberapa institusi pendidikan tinggi sebelumnya. Namun, popularitas kuliah online meningkat drastis seiring mewabahnya pandemi Covid-19.

Meski demikian, apakah pembelajaran daring akan menjadi pilihan yang umum digunakan di masa depan dan bagaimana persepsi mahasiswa terkait metode ini? Selayaknya hal lainnya, kuliah online memiliki kelebihan dan kekurangan.

Oleh karena itu, penting bagi calon mahasiswa untuk memahami konsep kuliah online. Seperti yang dijelaskan oleh situs Universitas Stekom pada Senin 10/4/2023,  kuliah online adalah bentuk pembelajaran jarak jauh yang memungkinkan mahasiswa untuk mengikuti proses belajar mengajar melalui jaringan internet.

Apakah memungkinkan untuk mengikuti kuliah secara daring? Jawabannya tentu saja positif. Melalui sistem perkuliahan daring, mahasiswa tidak harus hadir secara fisik di ruang kelas, namun tetap dapat mengakses seluruh materi perkuliahan, tugas, dan proses diskusi melalui media online.

Kelebihan kuliah secara daring

·         Fleksibilitas waktu yang lebih besar dalam kuliah online

Mahasiswa yang memilih untuk mengikuti kuliah online memiliki keuntungan dalam hal fleksibilitas waktu yang lebih besar.

Dengan adanya akses materi kuliah secara online, mahasiswa bisa belajar dengan waktu yang fleksibel dan sesuai dengan jadwal yang mereka seuaikan sendiri, tanpa harus hadir di dalam kelas  .

Hal tersebut dapat memungkinkan para mahasiswa untuk menyesuaikan waktu belajar mereka dengan kegiatan yang lainnya. Kelebihan ini menjadikan kuliah online sebagai pilihan yang tepat bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan waktu.

·          Biaya kuliah yang lebih terjangkau saat kuliah daring

Keuntungan lain dari kuliah online adalah biaya yang lebih terjangkau. Mahasiswa yang mengikuti kuliah online tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi dan akomodasi.

Selain itu, biaya kuliah online juga lebih murah dibandingkan dengan biaya kuliah kelas reguler. Hal ini menjadikan kuliah online sebagai alternatif yang ekonomis bagi mahasiswa yang ingin menghemat biaya pendidikan mereka.

·          Mahasiswa dapat melakukan pembelajaran dari berbagai sumber.

Dalam era digital saat ini, mahasiswa dapat memperoleh sumber pembelajaran dari berbagai platform online selama mereka memiliki akses internet. Karena itulah, mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dari universitas dengan kelas karyawan manapun di seluruh dunia tanpa harus pergi ke universitas tersebut.

Di Indonesia, terdapat banyak kampus atau universitas yang menyelenggarakan kuliah online atau kuliah jarak jauh.

·          Teknologi yang lebih canggih kini tersedia untuk mendukung pembelajaran online.

Terdapat beberapa contoh teknologi cangih seperti platform pembelajaran yang interaktif, diskusi online, dan video kuliah. Dengan teknologi ini, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan yang lebih luas dan mudah diakses.

Kekurangan kuliah secara daring

·         Terbatasnya interaksi sosial.

Dalam konteks pembelajaran jarak jauh, mahasiswa akan mengalami kesulitan untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain. Hal ini berpotensi mengurangi kemampuan mahasiswa dalam membangun jaringan sosial dan hubungan yang penting dalam dunia kerja.

·         Terkendala akses teknologi.

Mahasiswa yang terkendala dalam akses yang memadai ke teknologi, seperti contoh koneksi ke internet yang stabil dan lancar, akan mengalami kendala kesulitan dalam mengikuti perkuliahan online.

Hal ini disebabkan karena kuliah online sangat bergantung pada koneksi internet dan perangkat keras (hardware) yang digunakan.

·         Terbatasnya pengalaman pembelajaran.

Kekurangan lain dari kuliah online adalah pengalaman belajar yang menjadi terbatas. Hal ini disebabkan karena mahasiswa belajar sendiri dengan mengikuti video dan membaca materi yang diberikan. Sehingga, kurangnya interaksi langsung dengan dosen dan teman sekelas dapat mengurangi pengalaman belajar yang sebenarnya.

 


Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini