Inilah Keterampilan Digital yang Esensial untuk Dikuasai di Masa Depan, Para Mahasiswa Harus Tahu!

Inilah Keterampilan Digital yang Esensial untuk Dikuasai di Masa Depan, Para Mahasiswa Harus Tahu!
Gambar. www.industry.co.id
HIRANKA.COM - Di masa kini yang telah terdigitalisasi, perusahaan-perusahaan akan semakin membutuhkan keterampilan digital.

Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini banyak mahasiswa yang tertarik dengan jurusan teknologi informasi. Agar dapat langsung beradaptasi dengan dunia kerja, generasi muda perlu memiliki kemampuan digital skill.

Keterampilan digital adalah kemampuan dalam memahami, memanfaatkan, dan menggunakan teknologi perangkat digital untuk mengelola dan mengakses informasi. Kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keterampilan di bidang digital akan semakin meningkat.

Menurut Universitas Medan Area (UMA) pada Sabtu tanggal 18 Februari 2023, terdapat berbagai macam digital skill yang dibutuhkan di masa depan yang dapat membantumu meningkatkan kemampuan digitalmu.

Keterampilan Digital yang Esensial untuk Dikuasai di Masa Depan

Social Media Strategy

Gaya Penyampaian Media Sosial Saat ini, keberadaan media sosial mempengaruhi masyarakat dengan signifikan. Bahkan, penggunaan media sosial dapat membantu perkembangan bisnis.

Oleh karena itu, kemampuan dalam Gaya Penyampaian Media Sosial semakin dibutuhkan di masa depan. Gaya Penyampaian Media Sosial digunakan untuk merencanakan semua strategi yang berkaitan dengan bisnis di media sosial.

Ini termasuk mengatur konten dan membuat kampanye yang menarik untuk meningkatkan kesadaran merek dan lalu lintas pengunjung. Selain itu, profesi ini juga bertanggung jawab dalam menganalisis dan melacak wawasan di media sosial.

Data Analytics

Analisis data merujuk pada keterampilan dalam memeriksa dan mengolah informasi dari berbagai sumber data guna memberikan dasar bagi pengambilan keputusan.

Copywriting

Kemampuan menulis iklan digital, atau yang dikenal sebagai copywriting, tidak hanya sekadar menulis teks semata.

Namun, kemampuan ini juga sangat penting dalam bisnis digital, khususnya dalam mengemas pesan yang menarik dan persuasif untuk menjangkau target pasar yang tepat.

Seorang copywriter diharapkan dapat menghasilkan konten yang mampu mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu terhadap produk yang dijual.

Oleh karena itu, kemampuan digital ini sangat mengandalkan strategi attention, interest, desire, dan action atau AIDA dalam setiap konten yang dihasilkan.

Internet of Things (IoT)

Saat ini, teknologi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Salah satu teknologi yang sedang berkembang adalah Internet of Things atau IoT.

Konsep ini memungkinkan penggunaan berbagai peralatan terintegrasi dan mudah dikendalikan. Seiring berjalannya waktu, penggunaan IoT semakin berkembang, terutama dengan ketersediaan jaringan internet yang stabil.

Hal ini juga berlaku untuk strategi media sosial yang semakin ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi.

Desain UI UX

Membuat desain UI UX melibatkan kemampuan dalam mendesain tampilan user interface yang memberikan pengalaman positif bagi pengguna aplikasi atau website.

Seorang desainer UI UX bertanggung jawab untuk menciptakan pengalaman pengguna yang optimal, seperti memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi easy to use dan menyajikan tampilan yang menarik dan tidak membosankan.

Dalam hal ini, desainer UI UX memiliki keterampilan yang sangat penting dalam menciptakan pengalaman pengguna yang baik.

Search Engine Optimization (SEO)

Keahlian digital yang dibutuhkan di masa depan adalah SEO atau search engine optimization, yang merupakan keterampilan penting dalam pemasaran digital.

Seorang yang memiliki keterampilan ini bertanggung jawab untuk memastikan kinerja situs produk digital memiliki peringkat yang baik di mesin pencari.

Agar berhasil, seorang spesialis SEO harus menyiapkan strategi yang tepat, seperti meneliti pesaing dan menemukan kata kunci yang tepat untuk dioptimalkan dalam konten artikel. Ada banyak hal lain yang juga perlu dilakukan dalam tugas ini.

Begitulah beberapa kemampuan digital yang perlu dimiliki oleh generasi muda saat ini agar lebih dihargai oleh perusahaan. Diharapkan kemampuan digital yang kamu miliki bisa diterapkan secara langsung di tempat kerja setelah menyelesaikan pendidikan.



Penulis - Nabila Dwi Ariati