Ini Hal-Hal yang Seharusnya Diajarkan di Sekolah, Kamu Setuju?

Ini Hal-Hal yang Seharusnya Diajarkan di Sekolah, Kamu Setuju?
Gambar. pexels.com
HIRANKA.COM - Masa-masa sekolah tentu menjadi masa-masa yang tidak pernah terlupakan, dari mulai taman kanak-kanan (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) hingga universitas atau sederajat, kehidupan sebagian besar manusia dihabiskan pada masa-masa ini.

Sekolah menjadi tempat yang secara langsung atau tidak, serta disadari atau tidak membentuk pribadi dan karakter seseorang. Lingkungan sekolah juga sedikit banyak pasti akan memberikan prinsip-prinsip dasar yang akan dipegang oleh seseorang sepanjang hidupnya. Inilah mengapa pendidikan demikian penting, dan terutama adalah program suatu sekolah atau lembaga pendidikan itu sendiri.

Kurikulum, program pembelajaran, metode belajar, lingkungan sekolah hingga kualitas guru tentu akan sangat mempengaruhi kualitas pendidikan yang ditawarkan. Selain itu, mata pelajaran di tiap-tiap sekolah pada tingkatannya juga berbeda disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pada masanya.

Misalnya, dua bahkan tiga dekade belakangan mata pelajaran komputer atau teknologi dan informatika kini dianggap sebagai mata pelajaran wajib bahkan sejak tingkat sekolah dasar. Bukan tidak mungkin beberapa tahun lagi mata pelajaran seperti coding atau bahasa pemrograman juga menjadi suatu keharusan.

Yang terpenting adalah, mata pelajaran yang diajarkan harus membantu seorang pelajar untuk dapat membuatnya menjalani kehidupan dengan lebih mudah dan membuatnya siap untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Berikut ini kami rangkumkan beberapa mata pelajaran yang seharusnya diajarkan di sekolah disadur dari berbagai sumber:

1. Leadership atau Kepemimpinan

Mata pelajaran ini sangat penting untuk diajarkan kepada para siswa bahkan dari tingkat rendah, baik secara teori maupun praktik.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa sudah banyak program untuk pembelajaran kepemimpinan kepada peserta didik terutama secara praktik, seperti pengadaan struktur kelas, organisasi siswa bahkan kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka. Namun perlu adanya perhatian lebih lanjut sehingga kepemimpinan berikut dengan pengetahuan manajemen dasar juga dapat diajarkan secara teori sehingga lebih kuat dan mendalam.

2. Manajemen Finansial

Menghadapi dunia yang semakin berlari dalam arus globalisasi, tentu diperlukan pemahaman atas pengetahuan finansial yang baik dan memadai. Hal ini mencakup manajemen pengelolaan finansial, manajemen konsumsi, konsep kualitas barang, investasi, konsep-konsep dalam dunia perbankan, hingga perencanaan finansial yang baik.

Pengetahuan semacam ini biasanya hanya diajarkan di sekolah tinggi pada jurusannya, atau masih dicampur dengan mata pelajaran ekonomi secara umum.

3. Komunikasi

Berkomunikasi adalah kunci utama dalam hidup bersosial dan proses sosialisasi dengan individu lain secara khusus bahkan masyarakat secara umum.

Salah satu cara untuk bertahan hidup dan membangun hidup yang baik dan positif adalah dengan memperbanyak relasi. Tentu saja relasi yang diinginkan adalah relasi yang bermanfaat dan berkualitas, dan hal ini tidak dapat dicapai tanpa ilmu komunikasi, baik teori maupun praktiknya secara baik.

4. Public Speaking

Kemampuan berbicara di depan orang banyak merupakan salah satu hardskill yang paling dihargai. Dengan public speaking yang baik, seseorang akan dapat menyalurkan idenya secara efektif. Hal ini juga berguna dalam kehidupan sehari-hari seperti interview kerja, kegiatan organisasi, presentasi dan lain sebagainya.

5. Kreasi Digital

Pada dekade ini dunia kita sudah ‘sempurna’ memasuki zaman digital. Hampir di semua aspek dan lini kehidupan terjadi digitalisasi. Dimana-mana, ide dan pendapat juga disampaikan secara luas melalui konten-konten digital.

Maka pengetahuan dasar dari pembuatan konten-konten semacam itulah, baik berupa tulisan, gambar, video, suara atau penggabungan dari semuanya sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk dapat bersaing dalam era digital ini.

Apakah kamu setuju dengan mapel-mapel tambahan yang seharusnya diajarkan di sekolah di atas? Atau kamu juga memiliki pendapat lain tentang topik ini? Jangan lupa untuk sertakan pendapatmu di kolom komentar ya!



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini