Hati-Hati Dengan Dopamin! Ini Cara Mengatasi Kelebihannya

Hati-Hati Dengan Dopamin! Ini Cara Mengatasi Kelebihannya
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Pernah merasakan emosi tidak stabil, stres yang tidak teratur hingga tidak bisa tidur? Atau pernahkan kamu merasakan rasa tidak nyaman yang terus menerus, sampai mengganggu kesehatan mentalmu? Mungkin salah satu penyebabnya adalah dopamin.

Dopamin merupakan sebuah zat yang diproduksi oleh tubuh manusia dan bertugas untuk menjadi pengantar pesan antar neutron. ‘Pesan’ yang dimaksud adalah sinyal yang nantinya akan menentukan respon dari tubuh maupun emosi seseorang. Maka tidak heran jika dopamin sering disebut juga dengan nama ‘hormon kebahagiaan’.

Dopamin memang benar-benar bertanggung jawab atas kebahagiaan seseorang. Kemunculan, naik, dan turunnya kebahagiaan memang bergantung pada kadar sedikit banyaknya dopamin yang ada dalam tubuhmu.

Ini menunjukkan bahwa kadar dopamin sangat penting untuk stabilitas fungsi tubuh, otak dan mental seseorang. Dan yang membahayakan adalah, jika tubuhmu suatu ketika mengandung dopamin terlalu banyak, maka hal ini kemungkinan besar akan menyebabkan gangguan kesehatan fisik dan mental untukmu.

Hal-hal yang dapat terjadi ketika tubuhmu mengalami kondisi kelebihan dopamin adalah gangguan mental, baik yang ringan seperti sekedar perasaan senang berlebih, libido (nafsu seksual) berlebih, stres yang tidak terkontrol hingga yang ringan seperti penyakit skizofrenia atau kepribadian ganda (bipolar).

Gangguan-gangguan yang terjadi pada otak dan mental itu secara langsung maupun tidak kemudian akan mempengaruhi kesehatan fisikmu. Stres dapat mengakibatkan seseorang mengkonsumsi terlalu banyak makanan atau sebaliknya kehilangan nafsu makan, dan akhirnya membuat tubuhmu mudah terserang penyakit.

Bagaimana Mengatasi Kelebihan Dopamin?

Untuk mengatasi dopamin, cara yang paling diminati dan dianggap efektif adalah puasa dopamin, atau dalam istilah lain disebut dengan dopamine detox. Cara ini secara mudah dapat dijelaskan sebagai pembatasan produksi dopamin dengan membatasi perilaku-perilaku atau kegiatan tertentu. 

Dopamin biasanya meningkat dengan cepat ketika kamu melakukan hal-hal yang menurutmu menyenangkan, contohnya adalah bermain media sosial selama berjam-jam, menonton serial kesukaanmu, atau bermain game.

Ketika melakukan proses puasa dopamin ini, bukan berarti kamu mengatur ulang otakmu untuk membuatnya tidak lagi memproduksi dopamin sama sekali. Akan tetapi, otakmu akan meningkatkan rasa kewaspadaan, mindfullnes, atau rasa kesadaran atas eksistensi diri sendiri.

Ketika otakmu sudah dirangsang untuk merasakan hal tersebut, maka kemampuan otakmu untuk fokus dan tidak mudah terganggu dengan distraksi-distraksi negatif akan semakin besar. Otakmu juga akan beristirahat dan menjalankan tugasnya lebih optimal dan rileks selama periode ini.

Cara Puasa Dopamin

Sebenarnya tidak ada metode khusus yang paten atau standar dalam melaksanakan puasa dopamin. Akan tetapi cara terbaik dan paling efektif yang dapat kamu lakukan adalah dengan membatasi dirimu dari hal-hal yang mendatangkan kesenangan sementara dan rasa candu.

Kamu bisa mulai membatasi diri untuk tidak mendengarkan musik yang biasanya kamu dengarkan setiap pagi sambil berjingkrak atau bersiul-siul, membatasi penggunaan media sosial, membatasi jam bermain game, membatasi diri untuk tidak belanja hal-hal diluar kebutuhan dasar, berhenti menonton pornografi dan melakukan hal-hal yang berkaitan dengan itu, hingga mengurangi konsumsi permen, manisan atau camilan kesukaanmu.

Hal-hal di atas bisa kamu sesuaikan dengan kegiatan atau kebiasaan dirimu sendiri. Mulailah untuk melakukan puasa selama sehari semalam, kemudian tingkatkan durasinya secara perlahan, sampai kamu bisa melepaskan diri dari keterikatan emosional terhadap kegiatan-kegiatan tersebut.

Kamu juga bisa mengoptimalkan puasamu dengan bermeditasi, atau membuat daftar kegiatan harian yang tertata dengan baik, sehingga sebagian besar waktumu tidak hilang hanya untuk melakukan kegiatan-kegiatan non-produktif dan hanya dikerjakan untuk memenuhi tuntutan kemauanmu.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini