Google Menerbitkan Peringatan Kepada Seluruh Pengguna Gmail

Google Menerbitkan Peringatan Kepada Semua Pengguna Gmail
Gambar. techno.okezone.com
HIRANKA.COM - Baru-baru ini, Google mengeluarkan peringatan kepada pengguna Gmail untuk waspada terhadap skema penipuan terbaru yang beredar melalui layanan e-mail mereka.

Google mengungkapkan pada akun resminya bahwa Google telah memperoleh kepercayaan sebagai merek yang tepercaya dengan fokus pada menyediakan pengalaman pengguna yang terbaik. Namun, terkadang ada oknum lain yang mencoba menipu orang dengan menggunakan nama Google.

Kabar terbaru memberikan laporan bahwa para pelaku kejahatan, atau yang lebih dikenal sebagai hacker, akan mengirimkan e-mail palsu dengan menggunakan judul Online Reward Program atau Penghargaan Program Daring kepada setiap pengguna Gmail melalui pesan baru di Inbox, sebagai bagian dari modus penipuan mereka.

Dalam rangka mencuri data pengguna, pesan baru tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga ketika para pengguna yang menjadi target penipuan tersebut membukanya, mereka akan di informasikan bahwa dirinya telah terdaftar ke dalam program penghargaan online. Hal ini seperti yang dilaporkan oleh KompasTekno dari Giz China pada Selasa 2 Mei 2023.

Pengguna didorong untuk mempercayai bahwa perusahaan telah melakukan 18,25 miliar pencarian di Google melalui pesan palsu yang menyatakan bahwa setiap pengguna telah melakukan setidaknya 10 juta pencarian, menciptakan kesan bahwa prestasi tersebut telah tercapai. Berikut adalah contoh bunyi pesannya:

"Selamat, Anda beruntung karena Anda adalah salah satu dari pengguna Google yang kami pilih untuk menerima hadiah tanda terima kasih setelah mencapai 10 juta pencarian di seluruh dunia. Kami senang dapat memberikan penghargaan kepada Anda".

Terdapat sebuah tautan (link) dalam pesan tersebut yang bisa diklik oleh pengguna. Namun, jika pengguna tertipu dan memilih untuk mengkliknya, maka para peretas akan mengeksploitasi kesempatan ini untuk melakukan pencurian data pribadi.

Jenis dari modus penipuan yang saat ini beredar tergolong sebagai bentuk penipuan yang baru, di mana selain mencuri identitas, pelaku kejahatan juga dapat mencuri atau mengambil uang pengguna.

Seperti yang telah diketahui bersama, dalam praktik penipuan online yang umum terjadi, seseorang akan menerima link palsu yang dirancang dengan sangat menarik agar mereka tertarik untuk mengkliknya.

Saat mereka mengkliknya, data pribadi mereka bisa menjadi terancam terutama jika link tersebut meminta informasi terkait data diri seperti nama, alamat, nomor ponsel, dan lain sebagainya.

Google mengingatkan penggunanya untuk berhati-hati terhadap penipuan dengan jenis yang sama. Google menjelaskan di halaman Bantuan (Help) bahwa notifikasi yang muncul dapat meminta alamat email ataupun informasi terkait data diri pribadi lainnya.

Google menegaskan bahwa mereka tidak akan pernah meminta informasi secara spontan melalui notifikasi pop-up tersebut. Oleh karena itu, pengguna diminta untuk menutup jendela notifikasi dan tidak memasukkan data pribadi mereka karena tidak akan ada hadiah atau survei yang meminta data pribadi.

Google memberikan tiga tips kepada pengguna agar dapat menghindari potensi pencurian data dan menyarankan agar mereka menerapkan langkah-langkah berikut ini.

1. Berhenti sejenak karena pesan penipuan sering kali mengharuskan Anda untuk segera bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu. Jangan terlalu terburu-buru untuk menanggapi pesan penipuan tersebut.

2. Mempertimbangkan kembali pesan yang Anda terima dan pastikan untuk tidak memberikan informasi pribadi atau melakukan pembayaran tanpa melakukan verifikasi yang akurat terlebih dahulu.

3. Mengingat bahwa tidak ada agensi atau juga orang  yang memiliki hak atau reputasi untuk meminta informasi pribadi atau pembayaran secara langsung tanpa alasan yang jelas.



Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini