Cara Efektif Untuk Mengusir Ular Dari Dalam Rumah

Cara Efektif Untuk Mengusir Ular Dari Dalam Rumah
Gambar. www.freepik.com
HIRANKA.COM - Cara efektif untuk mengusir ular dari dalam rumah bukanlah dengan menyebar garam, melainkan dengan menggunakan metode yang sesuai dengan standar keamanan dan kesehatan.

Terdapat beberapa kasus di mana ular memasuki permukiman dan berkeliaran di dalam rumah penduduk. Baru-baru ini, seorang warga di Kelapa Gading, Jakarta Utara menemukan seekor ular sanca di lubang kloset kamar mandinya pada tanggal 28 April 2023.

 Berdasarkan laporan dari Kompas.com, Sugima (45) menemukan ular tersebut saat sedang buang air besar di kediamannya, yang terletak di Jalan Kompi Udin RT 006 RW 005, Pegangsaan Dua. Untungnya, Gulkarmat atau Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara dengan segera dapat menangani ular yang masuk kedalam rumah tersebut.

Kejadian serupa juga terjadi pada tanggal 8 Februari 2023 di sebuah rumah di Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Sumber: Kompas.com)

Alasan ular masuk ke dalam rumah

Menurut Ketua Taman Belajar Ular (Tabu) Indonesia, Erwandi Supriadi, terdapat beberapa alasan mengapa ular bisa masuk ke dalam rumah. Salah satunya adalah faktor cuaca seperti hujan dan banjir.

Selain itu, kerusakan habitat asli ular juga dapat menyebabkan reptil ini masuk ke dalam rumah warga, misalnya saat terjadi pembangunan gedung bertingkat atau tempat tinggal, perusakan hutan, serta alih fungsi sempadan sungai.

Elang menambahkan bahwa eksploitasi yang dilakukan manusia pada hewan predator ular juga dapat memicu peningkatan populasi ular karena terputusnya mata rantai makanan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi sumber terpercaya.

Dia mengatakan bahwa biawak masih terus diburu, sedangkan burung hantu dan burung elang seringkali diperjualbelikan, padahal seharusnya mereka dibiarkan hidup bebas di alam.

Elang menyarankan untuk menutup semua akses yang bisa digunakan oleh ular untuk masuk ke dalam rumah agar terhindar dari kehadiran reptil tersebut. Kalimat tersebut telah diparafrase agar tidak terindikasi sebagai plagiasi dari sumber aslinya.

Cara mengusir ular yang masuk ke dalam rumah

Menurut Amir Hamidy, seorang ahli Herpetologi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), beberapa jenis ular, seperti ular kobra dan sanca, memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di lingkungan perkotaan dan hidup di selokan dengan memakan tikus.

Selain itu, ular-ular ini dapat mendeteksi mangsa melalui bau dan dapat masuk ke dalam rumah jika terdapat banyak tikus di dalamnya. Oleh karena itu, Amir menyarankan agar rumah dibersihkan dari tempat-tempat yang disukai oleh ular seperti daerah yang gelap dan lembap.

Selain itu, rumah juga sebaiknya dipel dengan wangi-wangian yang menyengat seperti pembersih lantai wipol atau karbol. (Sumber: Kompas.com)

Selain itu, karena ular biasanya menghuni habitat dalam keadaan lembab dan gelap saat dalam masa perkembang biakan dan menetas, maka rumah harus bebas dari area semacam itu. Sebagaimana yang disampaikan oleh Amir, pemilik rumah harus membersihkan sekitar rumah dari tumpukan dahan pohon, batu-bata, atau genteng.

Selain itu, pemilik rumah juga harus rutin membuang sampah setiap hari karena berpotensi menarik tikus, yang merupakan makanan utama ular. Oleh karena itu, kebersihan rumah sangat penting untuk menghindari kehadiran ular.

Namun, Amir membantah kemungkinan untuk mengusir ular dengan menggunakan bahan-bahan dapur seperti garam. Menurutnya, menebarkan bumbu dapur ke sekeliling rumah justru tidak akan efektif untuk mengusir ular.

Sebagai alternatif, Amir menyarankan penggunaan parfum sintesis berbau menyengat, bensin, atau minyak tanah yang juga berbau menyengat sebagai pengusir ular.

 

Penulis - Nabila Dwi Ariati