Bukan Cuma Wangi Banget, Ini Dia Manfaat Diffuser untuk Kesehatanmu!

Bukan Cuma Wangi Banget, Ini Dia Manfaat Diffuser untuk Kesehatanmu!
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Diffuser kini menjadi salah satu alternatif aromaterapi yang banyak digunakan. Aromaterapi merupakan salah satu metode relaksasi yang dikenal manusia sejak lama. Untuk membuat tubuh menjadi lebih relaks, nyaman dan rehat, banyak orang menggunakan berbagai wangi-wangian yang akan memberikan efek tertentu untuk mereka.

Aromaterapi biasanya memanfaatkan bau wangi dari minyak esensial. Wangi yang dihasilkan minyak tersebut nantinya akan memberikan dampak positif baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kesehatan jiwa (psikologis).

Diffuser sendiri adalah alat yang digunakan untuk mengubah minyak menjadi uap wangi dan membuatnya menyebar ke seluruh ruangan. Hal ini dapat membuat wangi dari minyak esensial menjadi lebih ringan dan mudah untuk dihirup, sehingga manfaat dari aromaterapi lebih mudah untuk diraih.

Ruangan yang menggunakan diffuser sebagai alat aromaterapi akan memiliki kesan indah, nyaman dan menenangkan. Itulah mengapa banyak orang menggunakan diffuser di tempat kerja maupun tempat tidur mereka, sebab dapat membantu mengurangi kadar stres dan menenangkan pikiran, sehingga pekerjaan terasa lebih ringan dan tidur menjadi lebih lelap.

Efek terapi dan menyembuhkan yang dihasilkan oleh diffuser ini dihasilkan dari partikel-partikel minyak esensial yang disebarkan. Partikel wewangian ini seterusnya akan membuat sistem limbik pada otak bekerja untuk meresponnya.

Berbagai respon otak setelah menerima rangsangan dari partikel-partikel tersebut adalah pelepasan hormon, berkurangnya stres, serta suasana hati yang menjadi lebih positif. Lebih lengkapnya, berikut ini kami uraikan untuk kamu beberapa manfaat diffuser untuk kesehatan tubuh dan psikologis:

1. Membantu Proses Relaksasi

Minyak esensial biasanya mengandung minyak atsiri yang dengan baik dapat memberikan efek rasa nyaman dan menangkan pada tubuh. 

Hal ini dapat membantumu untuk mengurangi stres dengan segala macam akibatnya, seperti susah tidur, overthinking, rasa cemas berlebih dan lain sebagainya.

2. Melancarkan Pernapasan

Alergi dan gangguan pernapasan biasanya terjadi akibat saluran pernapasan yang tersumbat atau terjangkit radang. 

Penggunaan diffuser yang sesuai dan tidak berlebihan dapat secara efektif mengurangi penyumbatan tersebut, sehingga kamu dapat bernapas lebih mudah dan tercegah dari alergi pernapasan ketika bekerja atau beraktivitas di dalam ruangan.

3. Mencegah Pilek dan Flu

Sifat anti-mikroba yang terkandung dalam minyak atsiri akan dengan aktif mencegah bakteri dan mikroba sejenisnya untuk masuk dan menyerang tubuhmu. Kandungan senyawa organik yang dimilikinya juga akan bersentuhan dengan patogen yang beterbangan di udara. 

Oleh karena itu, penggunaan diffuser dapat membantu tubuhmu menjadi lebih kebal terhadap penyakit seperti batuk, flu dan pilek.

4. Membuat Tidur Menjadi Berkualitas

Essential Oil akan memberikan efek relaks untuk ruanganmu. Maka meletakkan diffuser di kamar tidur adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Beberapa minyak esensial yang disarankan untuk meningkatkan kualitas tidur adalah lavender, kamomil, dan mawar bulgaria.

Selain itu, dengan diffuser kamu juga dapat mencampur berbagai minyak esensial untuk menghasilkan bau yang cocok untukmu. Beberapa alat diffuser juga biasanya dilengkapi dengan suara dengung yang lembut dan tenang, sehingga membantu menghilangkan rasa cemas dan gelisah yang berlebihan dan membuatmu lebih cepat tidur.

5. Pengendali Nafsu Makan

Diffuser juga dapat dicoba untuk kamu yang tengah berusaha melakukan program diet atau pengendalian makanan. Bau dari minyak peppermint disebut terbukti dapat membuat otak memberi respon rasa kenyang sehingga nafsu makan dapat terkendalikan lebih mudah. 

Selain itu, bau minyak esensial tersebut juga dapat memberikan tambahan energi untukmu.

Villa Arkana Lombok Tengah

Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini