Buah-Buahan Pilihan yang Dapat Mencegah Dehidrasi

Buah-Buahan Pilihan yang Dapat Mencegah Dehidrasi
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Menurut Cleveland Clinic, dehidrasi merupakan suatu kondisi tubuh dimana seseorang kehilangan atau menggunakan lebih banyak cairan daripada yang ia konsumsi.

Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup cairan yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi normalnya. Oleh karena itu, mengonsumsi buah yang mengandung air tinggi dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi.

Suatu contoh pemanfaatan cairan tubuh adalah sebagai bantuan dalam proses pencernaan, pengeluaran limbah, dan pelumasan sendi. Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan dehidrasi, antara lain suhu lingkungan yang tinggi, obat-obatan, masalah pada sistem pencernaan, dan kelelahan.

Mengutip dari Halodoc, apabila tubuh kehilangan sekitar 1,5 persen cairan, maka dapat terjadi tanda-tanda dehidrasi seperti rasa haus hingga heatstroke. Upaya pencegahan dehidrasi dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah yang memiliki kandungan air yang tinggi.

Jenis buah yang dapat dipilih untuk mencegah dehidrasi.

Menurut sumber Everyday Health dan Medical News Today, terdapat berbagai jenis buah yang dapat dipilih untuk mencegah dehidrasi antara lain:

1. Stroberi

Seperti halnya semangka, stroberi memiliki kadar air mencapai 92 persen. Oleh karena itu, stroberi dapat dijadikan sebagai alternatif buah yang efektif dalam mencegah dehidrasi.

Tak hanya itu saja, stroberi juga memiliki kandungan serat lebih dari 3 gram per cangkir atau 166 gram yang dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan rasa lapar. Tidak hanya itu, stroberi juga merupakan sumber vitamin C yang baik dengan kandungan 89,4 miligram per cangkir.

2. Semangka

Salah satu jenis buah yang sangat efektif dalam menghidrasi tubuh adalah semangka, karena kandungan airnya mencapai 92 persen. Selain itu, semangka juga merupakan sumber energi yang cepat karena mengandung sedikit serat dibandingkan dengan buah lainnya.

Terdapat beberapa kandungan nutrisi penting dalam semangka, seperti vitamin C (23,2 miligram per irisan sedang), vitamin A (80 mcg per irisan sedang), dan kalium (320 miligram per irisan sedang).

3. Kranberi

Begitu pula dengan kranberi, buah ini juga dapat membantu menghidrasi tubuh karena mengandung 87 persen air. Dalam satu cangkir (100 gram), kranberi memiliki kandungan 14 miligram vitamin C dan 3,6 gram serat yang setara dengan 13 persen dari angka kecukupan gizi harian (AKG).

4. Jeruk

Kandungan nutrisi dalam jeruk meliputi air, vitamin C, potasium, dan antioksidan. Sebuah jeruk sedang mengandung sekitar 70 miligram vitamin C,  0,4 gram serat, dan 237 miligram potasium. Selain itu, kandungan air pada jeruk yang mencapai 87 persen juga dapat membantu tubuh terhidrasi dan mencegah dehidrasi.

5. Jeruk limau gedang

Jeruk limau gedang adalah buah yang kaya akan kandungan air, yaitu sekitar 91 persen, sehingga sangat baik untuk menjaga kelembapan tubuh. Selain itu, buah ini juga merupakan sumber vitamin C yang tinggi dengan kandungan sebesar 69 miligram per buah atau sekitar 76 persen dari kebutuhan harian tubuh kita.

Dalam satu buah ukuran kecil, terdapat kandungan serat sebesar 2,2 gram dan kalori sebesar 64, menurut informasi dari USDA. Menurut penelitian, konsumsi jeruk limau gedang bersama dengan buah-buahan lain seperti blueberry, anggur, dan apel, dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan cairan tubuh dapat dipenuhi dengan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas berukuran 230 ml per hari, atau setara dengan total 2 liter. Selain minuman, asupan cairan tubuh juga dapat diperoleh dari makanan, yakni sekitar 20 persen dari total kebutuhan cairan tubuh.



Penulis – Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini