Beberapa Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapat dari Mengkonsumsi Sayur Bayam

Beberapa Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapat dari Mengkonsumsi Sayur Bayam
Gambar. www.kompas.com
HIRANKA.COM - Bayam adalah salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan kandungan gizi dan juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Mengutip dari buku "Ensiklopedia Makanan dan Gizi: Sayur-mayur Bayam dan Buncis" (2021) yang di tulis oleh R.Toto Sugiarto, dkk dan diterbitkan oleh Hikam Pustaka, bahwa pada setiap 100 gr bayam memiliki kandungan protein seberat 14 gr.

Tak hanya itu, terdapat 159 miligram kandungan kalsium, 4,2 miligram kandungan vitamin C, 65 gram kandungan karbohidrat, vitamin B12 dan vitamin B6, serta zat besi yang terkandung dalam sayuran bayam.

Beberapa macam manfaat pun dapat diperoleh apabila rajin untuk mengonsumsi sayuran bayam. Mengutip dari beberapa sumber-sumber lain inilah beberapa manfaat mengonsumsi sayuran bayam bagi kesehatan:

1. Dapat menyehatkan mata

Melansir dari Healthline, sayuran bayam memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti kandungan lutein dan zeaxanthin , serta memiliki kandungan pigmen karotenoid yang berfungsi sebagai pemberi warna pada sayur-sayuran.

Sementara itu, mata manusia mempunyai kandungan pigmen tersebut yang digunakan untuk melindungi mata dari kerusakan yang di akibatkan oleh paparan sinar matahari.

Kedua pigmen yang terkandung dalam bayam tersebut juga dapat digunakan untuk membantu pencegahan penyakit katarak, dimana penyakit katarak tersebut adalah penyebab utama seseorang mengalami kebutaan.

2. Melambatkan pertumbuhan sel kanker

Bayam merupakan sayuran yang memiliki kandungan monogalactosyldiacylglycerol(SQDG) serta monogalaktosil digliserida(MGDG), dimana kedua kandungan tersebut dapat melambatkan pertumbuhan dari sel-sel kanker yang ada pada tubuh.

Sejumlah penelitian juga bahwa mengonsumsi bayam dapat dikaitkan dengan penurunan dari resiko kanker prostat dan juga dapat mencegah kanker pada payudara.

Sayuran bayam juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, dimana kandungan antioksidan ini dapat digunakan untuk melawan perkembangan dari sel-sel kanker.

3. Membantu upaya penurunan berat badan

Bayam adalah salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan kandungan nitrat. Nitrat adalah salah satu zat yang sangat berfungsi dalam penurunan tekanan darah dan juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Dalam penelitian yang dilakukan kepada sebanyak 27 orang menemukan bahwasanya bayam memiliki ke efektifan dalam upaya penurunan tekanan darah. Tidak hanya itu saja, dengan mengonsumsi bayam juga dapat meningkatkan kesehatan pada jantung.

4. Melawan stress oksidatif

Stress berpengaruh buruk pada kesehatan, seperti dapat menyebabkan penuaan dini dan dapat meningkatkan resiko diabetes dan juga kanker. Bayam merupakan sayuran yang memiliki kandungan yang dapat melawan pemicu dari penyakit-penyakit tersebut.

Bayam adalah sayuran yang kaya akan kandungan antioksidan, kandungan antioksidan yang terdapat pada bayam dapat mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh stress. Tak hanya itu saja, antioksidan juga dapat melawan stress oksidatif itu sendiri.

5. Menyehatkan sel-sel pada tulang

Bayam adalah salah satu sayuran yang dapat dijadikan sebagai sumber vitamin yang baik untuk kesehatan seperti vitamin K, fosfor, magnesium, dan kalium. Semua kandungan nutrisi-nutrisi yang ada pada bayam itulah yang sangat berguna bagi kesehatan sel-sel pada tulang.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Melansir dari BBC Good Food, nitrat yang terkandung dalam sayuran bayam berfungsi untuk membantu dalam peningkatan tekanan dan juga aliran darah melalui relaksasi, hal tersebut dapat mengurangi kekakuan pada arteri.

Karena hal tersebut, penurunan pada tekanan darah dapat membantu dalam mengurangi resiko penyakit-penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan juga strok.



Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini