Aktivitas yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital pada Anak

Aktivitas yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital pada Anak
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Kemampuan menggunakan media digital dengan etika dan tanggung jawab untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi disebut literasi digital. Dalam zaman modern ini, pemahaman tentang literasi digital sangatlah penting, mengingat teknologi telah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

Namun, jika teknologi digunakan dengan tidak tepat, maka dapat menimbulkan dampak negatif. Oleh karena itu, sebagai generasi yang tumbuh di era digital, anak-anak memerlukan bimbingan dari orang tua dan guru dalam merasakan manfaat positif dari kemajuan teknologi.

Dengan demikian, anak-anak perlu memahami pengertian literasi digital dan manfaatnya melalui kegiatan literasi digital yang dapat dilakukan.

Menurut informasi yang dipublikasikan di akun Instagram Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek atau Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  pada hari Rabu tanggal 3 Mei 2023.

Bahwa kemampuan literasi digital dapat memungkinkan anak-anak untuk melakukan beberapa hal, seperti berpikir secara kritis, kreatif, dan inovatif, memecahkan masalah, berkomunikasi dengan lebih lancar, dan bekerja sama dengan lebih banyak orang.

Berikut Ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika anak memiliki literasi digital yang baik.

1. Mengurangi pengeluaran waktu: anak bisa mencari referensi di internet kapan saja dan di mana saja tanpa harus pergi ke perpustakaan atau mencari buku di toko.

2. Menghemat uang: anak bisa menggunakan banyak situs dan aplikasi gratis di internet tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli buku atau mengikuti kursus.

3. Meningkatkan jaringan sosial: anak bisa berteman dengan orang-orang dari berbagai negara dan wilayah melalui media sosial.

4. Membuat keputusan yang lebih baik: anak bisa mencari tahu dan membandingkan harga produk sebelum memutuskan untuk membelinya.

5. Meningkatkan kecepatan dan efisiensi belajar: dapat memanfaatkan aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring untuk mencari makna kata tertentu.

6. Mendapatkan informasi terbaru dengan lebih cepat: dapat mengetahui kondisi lalu lintas terbaru dengan menggunakan aplikasi yang tersedia.

7. Berwawasan lingkungan: dapat mengurangi penggunaan kertas dengan memanfaatkan buku elektronik.

8. Mengembangkan keterampilan: siswa dapat mengasah keterampilan sains dengan melihat tutorial yang dapat diakses di internet.

Ada berbagai kegiatan literasi digital yang dapat dilakukan oleh individu baik di sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Anak-anak dapat didampingi untuk menjalankan beberapa kegiatan tersebut agar mereka dapat merasakan manfaat positif dari belajar literasi digital.

Beberapa contoh kegiatan literasi digital yang dapat dilakukan di sekolah diantaranya adalah penyediaan kelas virtual sehingga siswa dapat belajar secara fleksibel, berkomunikasi dengan sesama warga sekolah menggunakan teknologi digital seperti email dan media sosial.

Sementara itu, di keluarga, kegiatan literasi digital dapat dilakukan dengan membuat dokumentasi keluarga berupa foto dan video, menjelajahi informasi di internet bersama anggota keluarga, menonton film di internet, dan memasak menggunakan tutorial resep yang diperoleh dari internet.

Selanjutnya, cara meningkatkan literasi digital masyarakat adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk mendukung usaha dan kewirausahaan, melakukan penggalangan dana sosial, mengontrol sosial melalui petisi daring (online), serta mencari pekerjaan. Meskipun teknologi komunikasi semakin maju, penggunaan smartphone oleh anak-anak harus selalu diawasi.

Begitulah penjelasan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pembelajaran literasi digital, termasuk keuntungan dari literasi digital, aktifitas literasi digital yang dapat dilakukan. Namun untuk literasi digital pada anak harus tetap mendapatkan pengawasan oleh orang tua dan guru.



Penulis – Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini