7 Tips yang Dapat Dijadikan Acuan Calon Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta

7 Tips yang Dapat Dijadikan Acuan Calon Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta
Gambar. www.esaunggul.ac.id
HIRANKA.COM - Para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi dapat memilih untuk kuliah di kampus negeri ataupun di kampus swasta. Namun, penting bagi mereka untuk mempersiapkan kedua pilihan dengan baik.

Jika memutuskan untuk kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS), maka perlu memahami beberapa tips untuk memilih PTS terbaik. 

Salah satu cara untuk mengenali kualitas perguruan tinggi baik swasta maupun negeri adalah dengan memperhatikan capaiannya menurut berbagai lembaga penilaian mutu perguruan tinggi.

Berdasarkan informasi yang diambil dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN), terdapat 7 tips memilih kampus swasta terbaik yang dapat menjadi acuan bagi calon mahasiswa.

Tips dalam memilih perguruan tinggi swasta

1. Memperhatikan peringkat dari PTS

Sebagai panduan memilih perguruan tinggi swasta, disarankan untuk memperhatikan peringkat PTS. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengetahui peringkat kampus yang menjadi incaran. 

Banyak pendaftar yang mengabaikan pentingnya peringkat, padahal semakin tinggi peringkat perguruan tinggi tersebut, semakin baik kualitasnya.

Terdapat berbagai lembaga pemeringkat PT baik nasional maupun internasional, seperti Kemendikbud Ristek, Webometrics, 4ICU, dan sebagainya. 

Namun, penting untuk diingat bahwa peringkat bukanlah satu-satunya faktor yang harus diperhatikan dalam memilih perguruan tinggi yang tepat.

2. Memperhatikan akreditasi kampus dan jurusan yang diminati

Dalam memilih perguruan tinggi swasta, penting untuk memperhatikan akreditasi kampus dan jurusan yang diinginkan. Tingkat akreditasi sebuah perguruan tinggi swasta sangat berpengaruh terhadap citra dan kualitas lulusannya.

Oleh karena itu, di dunia kerja, banyak perusahaan yang mensyaratkan standar karyawan dengan minimal akreditasi institusi yang baik. Beberapa dari perusahaan bahkan menetapkan adanya patokan  kepada pelamar minimal kampus berakreditasi B atau bahkan akreditasi A.

3. Mengetahui biaya kuliah yang dibutuhkan

Terkait dengan biaya kuliah, universitas swasta terbaik biasanya menawarkan biaya kuliah yang cukup tinggi. Hal tersebut disebabkan karena universitas swasta tersebut akan memberikan fasilitas yang setara dengan yang diberikan oleh universitas negeri lainnya.

4. Mempertimbangkan lokasi kampus

Penting untuk mempertimbangkan lokasi kampus yang ingin diambil. Pastikan apakah ada universitas swasta berkualitas di sekitar daerah tempat tinggal saat ini. Jika tidak ada, maka bisa mencari universitas swasta lain di luar daerah atau bahkan di luar pulau.

Hal ini perlu dipertimbangkan karena berkaitan dengan biaya yang nantinya akan dikeluarkan untuk melanjutkan studi di universitas swasta tersebut.

5. Memperhatikan peluang kerja dari jurusan yang ingin diambil

Sangat penting untuk memperhatikan peluang kerjanya saat memilih perguruan tinggi swasta, karena hal ini bisa menjadi salah satu faktor penentu dalam memilih jurusan.

Selain itu, mengetahui prospek kerja juga bisa memberikan pandangan yang lebih jelas dalam memilih program studi yang tepat, sehingga kita dapat semakin mantap dalam memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat kita.

6. Memperhatikan berbagai fasilitas yang tersedia di kampus

Tips yang selanjutnya adalah perhatikanlah berbagai fasilitas yang tersedia di kampus, termasuk namun tidak terbatas pada perpustakaan, ruang belajar, pembimbing akademik, beasiswa, dan sejenisnya.

Fasilitas-fasilitas tersebut tentunya akan memberikan kontribusi positif terhadap kualitas belajar. Untuk memperoleh informasi mengenai fasilitas-fasilitas tersebut, kita dapat melakukan riset melalui internet, berdiskusi dengan kakak kelas, atau mengunjungi langsung kampus dan program studi terkait.

7. Memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat

Terakhir, disarankan untuk memilih jurusan kuliah dengan hati-hati, sebab meskipun kuliah di perguruan tinggi swasta, tetap ada peluang mencapai kesuksesan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan minat dan bakat pribadi dalam memilih jurusan.

Itulah beberapa tipsyang dapat dijadikan acuan calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi swasta. Semoga tips-tips ini membantu calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi swasta terbaik dan mencapai kesuksesan di masa depan.



Penulis - Nabila Dwi Ariati