10 Tips dan Trik yang Dapat Meningkatkan Peluang Diterima Kerja, Fresh Graduate Harus Tahu!

10 Tips dan Trik yang Dapat Meningkatkan Peluang Diterima Kerja, Fresh Graduate Harus Tahu!
Gambar, freepik.com
HIRANKA.COM - Bagi para lulusan baru yang ingin memperoleh pekerjaan, terdapat beberapa trik yang dapat meningkatkan peluang diterima bekerja.

Sebagai seorang pelajar ataupun mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan, tentunya mengharapkan untuk segera memperoleh pekerjaan demi memenuhi kebutuhan hidup.

Namun demikian, mencari pekerjaan tidaklah mudah, mengingat persaingan yang ketat dari berbagai daerah di Indonesia.

Oleh karena itu, seorang fresh graduate dituntut untuk berkreasi dalam mencari pekerjaan. Dalam akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (@kemnaker), disampaikan sepuluh trik yang dapat meningkatkan peluang diterima bekerja.

Tips bagi para lulusan baru untuk meningkatkan peluang diterima kerja

1. Mempersiapkan CV dan surat lamaran dengan baik

Pastikan bahwa dokumen tersebut bebas dari kesalahan dan mencakup informasi yang relevan dan menarik bagi pemberi kerja potensial.

2. Menyertakan portofolio bila ada

Jika Anda memiliki karya atau portofolio yang dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan Anda terkait dengan pekerjaan yang dilamar, sertakanlah dalam aplikasi Anda.

Ini dapat memberikan nilai tambah pada aplikasi Anda dan menunjukkan kemampuan Anda kepada pemberi kerja.

3. Mempelajari kisaran tunjangan serta gaji yang diberikan oleh perusahaan

Suatu keharusan bagi para fresh graduate untuk mempelajari besaran gaji dan tunjangan yang umumnya ditawarkan pada posisi yang sedang mereka lamar.

4. Menyiapkan daftar referensi

Persiapkanlah daftar referensi dengan cermat dan teliti, karena hal ini sangat penting bagi para pelamar, baik fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman, agar dapat dihubungi oleh calon yang pemberi pekerjaan.

5. Melakukan riset pada perusahaan yang akan dilamar

Melakukan riset pada perusahaan yang menjadi target lamaran kerja adalah penting, karena dengan mempelajari nilai-nilai, misi, dan visi perusahaan, serta memperhatikan pengalaman dan keterampilan yang dimiliki, pelamar dapat membantu mencapai tujuan perusahaan.

6. Menyesuaikan surat lamaran dengan posisi yang dilamar

Disarankan untuk menyesuaikan surat lamaran dengan profil perusahaan dan posisi yang dilamar, sehingga dapat meningkatkan kesempatan untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut.

7. Memastikan kesesuaian dalam format file CV ataupun surat lamaran

Pastikan kesesuaian format file untuk persyaratan lamaran pekerjaan. Para calon pelamar diharapkan memeriksa dan mematuhi seluruh peraturan yang berlaku untuk memastikan kesesuaian format file yang dibutuhkan.

8. Menyimpan salinan CV ataupun surat lamaran yang sudah dibuat

Simpan salinan lamaran untuk referensi di masa depan. Disarankan untuk menyimpan salinan CV dan surat lamaran agar dapat digunakan sebagai referensi di masa depan dan dapat dikirim ulang jika dibutuhkan.

9. Memeriksa tautan media sosial yang dimiliki

Periksalah tautan media sosial yang anda miliki dan pastikanlah bahwa didalam media sosial anda tidak ada konten yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang ada di perusahaan serta standar profesional dari perusahaan yang dilamar.

Penting untuk memeriksa dan memastikan bahwa konten media sosial tidak bertentangan dengan nilai-nilai perusahaan dan standar profesional.

10. Memeriksa ejaan serta tata bahasa yang dipakai dalam penulisan CV

Periksa tata bahasa dan ejaan pada CV dan surat lamaran serta hindari typo. Pastikan tata bahasa dan ejaan pada CV dan surat lamaran di periksa dengan teliti dan hindari kesalahan pengetikan. Hal ini akan meningkatkan peluang pelamar untuk diterima dalam pekerjaan yang diinginkan.

Itulah beberapa tips dan trik yang dapat membantu pembaca agar dapat meningkatkan peluang diterima kerja. Selamat mencoba dan semoga membantu.



Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini