Tips Mengatasi Bibir yang Kering Hingga Mengelupas dengan Bahan-Bahan yang Alami

Tips Mengatasi Bibir yang Kering Hingga Mengelupas dengan Bahan-Bahan yang Alami
Gambar. www.pexels.com
HIRANKA.COM - Bibir yang kering hingga mengelupas bisa terjadi karena di sebabkan oleh berbagai macam hal, seperti karena sering terpapar matahari langsung dan tubuh kekurangan cairan. 

Bibir yang kering dan mengelupas dapat diatasi dengan penggunaan bahan-bahan alami seperti dengan menggunakan madu hingga menggunakan lidah buaya.

Tips Mengatasi Bibir yang Kering Hingga Mengelupas dengan Bahan-Bahan yang Alami

Simak beberapa tips untuk mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan bahan-bahan alami yang dapat di lakukan sendiri di rumah berikut ini.

Melakukan eksfoliasi menggunakan gula

Melakukan eksfoliasi pada bibir yang sedang kering bahkan mengelupas dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati juga dapat membuat pelembab bibir yang digunakan bisa bekerjasa secara efektif setelah melakukan eksfoliasi tersebut.

Untuk membuat eksfoliasi alami juga bisa dengan menggunakan sea salt atau gula yang di campur dengan madu. Gunakan cotton bud untuk mengoleskan bahan-bahan eksfoliasi yang sudah di buat tersebut pada bibir dengan gerakan yang memutar. 

Aplikasikan eksfoliasi secara lembut kemudian bersihkan bibir dengan menggunakan kain yang sudah di basahi setelahnya.

Mengolesi bibir dengan minyak kelapa

Dengan menggunakan minyak kelapa yang di oleskan pada bibir dapat membuat kulit bibir lebih lembab dan bisa melindunginya dari faktor lingkungan seperti panas, angin, serta udara yang dingin.

Tak hanya itu, minyak kelapa juga memiliki kandungan anti inflamasi juga anti bakteri, sehingga dapat membantu untuk menyembuhkan bibir yang kering secara lebih efektif.

Caranya ialah dengan mengaplikasikan minyak kelapa pada bibir yang tengah kering maupun mengelupas dengan menggunakan jari yang bersih. Pengaplikasian minyak kelapa pada bibir bisa dilakukan secara berulang di setiap harinya jika diperlukan.

Mengolesi bibir dengan lidah buaya

Tak hanya efektif untuk mengatasi kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari, lidah buaya juga sangat berguna untuk mengatasi masalah bibir yang sedang kering hingga mengelupas.

Karena lidah buaya yang memiliki kandungan anti inflamasi serta dapat memberikan efek menenangkan. Hal tersebut sangat cocok untuk di gunakan pada bibir yang terasa kering atau bahkan bibir yang pecah-pecah.

Untuk mengaplikasikannya pada bibir bisa menggunakan produk gel berbahan lidah buaya atau langsung mengambil dari gel lidah buaya dari pohonnya. Mengaplikasikan gel lidah buaya pada bibir yang kering dengan menggunakan jari bisa di lakukan secara berulang kali setiap hari jika merasa diperlukan.

Namun, disarankan untuk tak mengaplikasikan gel lidah buaya lebih dari tiga kali dalam satu hari karena lidah buaya memiliki kandungan enzim yang berguna untuk eksfoliasi. Karena jika digunakan terlalu sering, kulit pada bibir akan semakin tipis dan akaj menyebabkan rentan untuk terluka.

Mengolesi bibir dengan madu

Madu memiliki kandungan anti inflamasi, anti mikroba, serta dapat menyembuhkan luka. Selain itu, madu juga bisa untuk membantu mengatasi bibir yang kering serta menghilangkan sel-sel kulit mati. Madu juga dapat membantu untuk melembabkan bibir juga dapat menghindarkan bibir dari infeksi.

Mengaplikasikan madu pada bibir yang kering dengan menggunakan jari dapat dilakukan setiap beberapa kali dalam sehari. Tetapi, bagi yang alergi dengan serbuk sari maka tidak di anjurkan untuk melakukan tips yang satu ini.

Minum air putih yang cukup

Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab bibir kering dan mengelupas. Mencukupi kebutuhan cairan harian sangat perlu dilakukan agar sel-sel pada tubuh tetap terdehidrasi dan dapat menghindari kulit menjadi kering, termasuk pada area bibir.

Nah itu lah beberapa tips untuk mengatasi bibir yang kering bahkan mengelupas. Tips-tips tersebut dapat dilakukan agar bibir tetap terjaga serta terhindar dari iritasi. Namun, jika bibir tetap kering dan tetap mengelupas serta bertambah parah, maka disarankan untuk mencari bantuan medis karena hal tersebut bisa jadi adalah penyebab dari gejala penyakit tertentu.



Penulis - Nabila Dwi Ariati