Selain Pahala Berlipat Ganda, Ini 6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Selain Pahala Berlipat Ganda, Ini 6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan
Gambar. www.pexels.com
HIRANKA.COM - Bulan Ramadhan tentu saja sangat identik dengan ibadah puasa. Umat muslim memang diwajibkan untuk berpuasa selama bulan suci ini. Puasa yang dilakukan sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari ini memiliki sangat banyak keutamaan.

Dari sisi pahala, tidak asing lagi bahwa orang yang menunaikan puasa Ramadhan dijanjikan dengan pahala yang berlipat ganda. Namun ternyata, selain peluang mendapat pahala besar yang terbuka lebar, puasa juga memberikan banyak efek positif pada kesehatan.

Ada semacam pernyataan yang tersebar luas di kalangan masyarakat, yang meskipun sering disalahpahami sebagai hadits, akan tetapi maknanya benar. Pernyataan yang bukan hadits itu berbunyi: “Berpuasalah maka kamu akan menjadi sehat”.

Namun, tentu saja menjadi sehat bukanlah menjadi tujuan utama seseorang dalam berpuasa. Niatnya haruslah tetap dalam rangka mengharap ridha Allah SWT.

Selain Pahala Berlipat Ganda, Ini 6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Menjadi sehat setelah merutinkan puasa dapat dianggap semacam ‘bonus’ yang didapat disamping pahala yang besarnya luar biasa.

Berikut ini beberapa manfaat puasa untuk kesehatan yang kami rangkumkan untuk kamu:

1. Menurunkan Berat Badan

Jika diluar Bulan Ramadhan kamu merasa sangat berat untuk melakukan diet, padahal ingin sekali menurunkan berat badan, maka di bulan suci inilah kamu bisa melakukannya melalui puasa.

Berpuasa terbukti dapat meningkatkan proses metabolisme, yang dapat memaksimalkan pembakaran lemak dan kalori sehingga berat badan kamu otomatis akan turun.

Selain itu, berpuasa secara teratur juga bisa membuatmu terhindar dari risiko obesitas, menjaga berat badan secara seimbang, juga memperlambat terjadinya penuaan.

2. Menahan dan Mengendalikan Nafsu Makan

Mengendalikan nafsu memang merupakan salah satu tujuan dari puasa secara rohani, namun hal ini juga ternyata berkaitan erat dengan kesehatan jasmani kita.

Makan dengan porsi yang terlalu banyak, terlalu sedikit atau secara tidak teratur sangat berbahaya bagi kesehatan. Hal ini dapat menyebabkan sakit pada organ pencernaan, obesitas maupun penyakit-penyakit lainnya.

Melalui puasa, tubuh akan melakukan semacam detoksifikasi dan reset sehingga hormon yang memicu lapar akan kembali terkalibrasi dan berfungsi secara normal.

3. Mengoptimalkan Metabolisme Tubuh

Meskipun banyak orang merasa kelelahan saat berpuasa, tapi anggapan bahwa berpuasa menurunkan metabolisme tubuh kita itu salah. Malah sebaliknya, dengan berpuasa dapat meningkatkan proses tersebut, sebab kita tetap mendapat asupan nutrisi melalui sahur dan berbuka secara tercukupi dan teratur.

Selain itu, ketika berpuasa tubuh akan melepaskan hormon yang membantu sel untuk menyerap nutrisi secara optimal. Hormon ini disebut adiponektin.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Berpuasa terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, bahkan menurunkan kadar kolesterol tinggi. Ini terjadi sebab ketika berpuasa, seseorang harus mengatur pola makannya menjadi lebih seimbang, sehat dan teratur.

Saat berbuka dan sahur, kamu juga dianjurkan untuk minum teh. Teh adalah minuman yang memiliki kandungan antioksidan tertentu yang dapat menjaga kesehatan jantung dengan baik jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.

5. Memberikan Efek Detoksifikasi

Sebagaimana telah disebut sebelumnya, berpuasa adalah semacam proses detoksifikasi untuk tubuh. Ini berarti ketika berpuasa, tubuh seseorang akan membuang zat-zat berbahaya yang ada dalam tubuh dan menerima gizi yang dibutuhkan secara tepat.

Saat berpuasa, organ-organ pencernaan kita akan beristirahat selama kurang lebih 12 jam. Ini dapat mengurangi risiko rusaknya tubuh akibat radikal bebas. Sehingga setelah berbuka, organ-organ tersebut dapat kembali bekerja secara optimal.



Penulis - Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini